Blogging

Sudah lama rasanya meninggalkan aktivitas blogging ini, khususnya sejak saya membangun web bisnis saya, http://dinaremasku.com.  Tak terasa pesta blogger 2010 sudah lewat, tanggal 30 Oktober 2010 kemarin. Tahun lalu saya masih sempat untuk menyetorkan tulisan untuk writting contest pesta blogger 2009, tapi tidak tahun ini.

Tadi pagi sempat membaca artikel di blog pemenang kontes untuk kategori blog bisnis terbaik, http://strategimanajemen.net/. Sedikit banyak artikel ini memberikan sentilan dan penyemangat bagi saya untuk menulis atau blogging. Artikel tersebut menyadarkan saya bahwa untuk menulis perlu secara disiplin membaca, bagaimana mungkin bisa menuangkan sesuatu jika tidak ada isi yang akan dituangkan? Nah dengan membaca lah kita mendapatkan masukan/supply bahan untuk diolah menjadi tulisan.

Berikut saya kutip beberapa tips untuk menulis dari artikel tersebut:

Tips # 1 : Untuk menjadi penulis yang baik, banyak-banyaklah membaca buku. Seorang penulis yang mumpuni pastilah juga seorang pembaca yang tekun dan gigih. Sebabnya sederhana : bagaimana mungkin kita bisa menghasilkan tulisan yang bermutu – dalam bidang bisnis dan manajemen misalnya – jika kita nyaris tidak pernah membaca buku berbulan-bulan lamanya.

Tips # 2 : untuk menghasilkan tulisan yang baik, upayakan untuk selalu memproduksinya dengan bahasa yang mudah dicerna, runtut dan disertai sejumlah contoh nyata yang mudah dipahami. Ilustrasi berupa contoh, cerita atau kisah yang menggugah merupakan salah satu elemen yang amat diperlukan untuk menyusun tulisan yang bermutu cemerlang.

Tips # 3 : menghasilkan tulisan yang layak dikenang biasanya juga membutuhkan “style menulis yang unik dan berkarakter”. Karena itu usahakan agar kita juga bisa memiliki style sendiri yang cukup unik. Disini mungkin kita bisa belajar dari para suhu penulis seperti Goenawan Mohamad, atau dari tulisan pakar bisnis seperti Hermawan Kartajaya, Rhenald Kasali atau gaya penulisan Tung Desem Waringin.

Nah, semoga artikel tersebut dan tulisan saya ini, bisa melecut diri saya untuk memulai lagi aktivitas yang baik ini. Salam blogger!

 

One thought on “Blogging

  1. trims..tips nya mas

Leave a Reply

