Dino Yudha Anindita, Republika

Tadi malam mbak pengasuh Afifah bilang kalau dia menemukan koran bertanggal 23 Mei 2006, yang ada liputan tentang saya, ada foto saya. Kemudian saya memintanya untuk menggunting artikel bagian yang ada saya nya. Penasaran ingin cari siapa tahu ada artikelnya di Republika Online, ternyata ada. Berikut artikelnya.

Selasa, 23 Mei 2006
Dino Yudha Anindita, Wakil Presiden Mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
‘Manfaat ESQ Luar Biasa’

Diantara 315 peserta in-house training ESQ Badan Eksekutif Mahasiswa se-jabodetabek, hadir seorang pria muda yang terkesan pendiam dan bersahaja. Bersama 20 rekannya dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), ia berbaur dengan peserta yang lain. Dialah Dino Yudha Anindita, Wakil Presiden Mahasiswa STAN. “Manfaat ESQ Luar Biasa!” tegasnya.

Mahasiswa angkatan 2004 jurusan Kebendaharaan Negara ini terkesan dengan training ESQ. “Saya bisa mengontrol emosi. Kalau mau ngomong atau berbuat sesuatu dengan orang lain lain, saya berpikir dulu agar tidak salah. Jadi, lebih berhati-hati”, jelasnya.

STAN memang termasuk kampus yang sudah dikenal dengan aktivitas keagamaannya. Tapi hal itu tak menghalanginya untuk ikut ESQ. “Keadaan di STAN memang kondusif relijinya. Tapi BEM ingin melengkapi apa yang telah didapat di kampus, untuk nantinya menjadi bekal untuk terjun di biroktrasi di Departemen Keuangan,” tutur mahasiswa dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,55 itu.

Pemuda asli Semarang itu tetap teguh pada visi dan misi yang ditetapkan atas kesepakatan perwakilan BEM se-jabodetabek sebelum training berakhir, yaitu menyebarkan nilai-nilai dasar yang diajarkan saat pelatihan, di kampus masing-masing. Dino berharap, dampak dan manfaat ESQ bisa dirasakan di kampusnya. Untuk mahasiswa baru, bisa mengikutinya saat masuk, ketika memasuki program Studi Perdana Memasuki Kampus (Dinamika). Untuk mahasiswa tingkat dua, bisa diadakan in-house training di STAN. Sedangkan untuk tingkat akhir, sebagai pembekalan sebelum terjun langsung ke masyarakat. “Kalau ini bisa diterapkan ke mahasiswa tingkat dua atau yang mau lulus, maka nilai-nilai 165 bisa membentengi dirinya saat ia terjun ke Departemen Keuangan, ” tutur kelahiran Purwokerto 10 Februari 1986 itu. Tujuan jangka pendeknya adalah in-house training di STAN. Sedangkan program berikutnya adalah memasukkan training ESQ ke dalam Dinamika. “Sudah saya usulkan. Sedang dalam penggodokan. Karena harus dibicarakan dengan yang lainnya” tuturnya.

Pada awalnya, Dino menganggap ESQ sebagai training biasa. Bahkan sebelumnya ia merasa BT (bosan). Tetapi ternyata anggapannya itu salah.. “Kami diingatkan oleh Kak Ridwan Mukri, trainer kita, untuk meluruskan niat. Setelah diingatkan, saya menjadi ikhlas dan semua berjalan baik dan merasakan manfaat,” kenangnya yang terkesan pada materi Asmaul Husna. Lulus dari SMA 1 Makassar pada 2003, ia sempat “mampir” di Teknik Industri di Universitas Diponegoro, tetapi hanya bertahan setahun, sebelum memilih STAN sebagai tempat pendidikannya sejak 2004. Kini, ia mendapat amanah posisi strategis di gerakan mahasiswa di kampusnya. Dan kini, ia telah menjadi alumni ESQ bersama rekan-rekannya.

Dino menyatakan, ke-20 rekannya masih merasakan dampak dari pelatihan, walau sudah berlalu hamper sebulan lalu. “Saya melihat mereka menunjukkan nilai-nilai dasar, dan saling mengingatkan,” jelasnya. Misalnya, tanpa disuruh, mereka mencabuti pamphlet-pamflet yang tidak pada tempatnya. Kertas-kertas yang berserakan dibersihkan, walau bukan tugasnya. Dan yang paling khas, tentu saja, adalah salam semut ESQ.

Mengenai berkumpulnya perwakilan BEM se-jabodetabek dalam training Generasi Emas ini, Dino berkata dengan penuh keyakinan:” Genarasi muda di kampus, khususnya BEM dikumpulkan Allah untuk membangkitan Indonesia”.

Sumber: http://www.infoanda.com/linksfollow.php?lh=VlVWCQNRAAZS

2 thoughts on “Dino Yudha Anindita, Republika

  1. dibingkai trus dipajang di dinding mas🙂

    maaf baru sempat ngomen setelah sekian lama “hanya” menjadi pembaca setia

    -salam kenal-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s