Catatan Mukhoyam

Hanya ingin menuliskan apa yang telah dilewati bersama ikhwah usariyah di Serang dan Pandeglang.

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda :

“Mukmin yang kuat, lebih baik dan lebih Allah cintai dari pada Mukmin yang lemah, dan pada keduanya tetap ada kebaikan….”. (H.R. Muslim)

Keberangkatan 1 April 2010, dimulai dari Masjid An-Nashr pukul 22.30 menuju desa Padarincang, Serang, Banten, yang membutuhkan waktu 3 jam untuk mencapainya. Perjalanan malam dimulai dengan menapaki jalan mendaki yang terus mendaki, hingga berujung pada pintu masuk ke hutan. Menapaki jalan tanah yang basah, menyeberangi sungai yang mengalir deras, melintasi sawah yang menghijau, belukar yang tinggi, diiringi siraman cahaya rembulan setengah di langit nun jauh. Tak terasa, kami tertinggal dari rombongan, berusaha mengikuti tanda-tanda yang diikatkan di pohon, namun tetap saja, kami tersesat. Kami menemukan mushola yang lama tidak digunakan, banyak kotoran kelelawar di dalamnya, gelap, tak ada air, dan sepi. Rencananya kami menunggu subuh dan langit menjadi terang, untuk melanjutkan perjalanan. Tujuan akhir kami adalah Nurul Fikri Boarding School.

Sesampai di NFBS, para peserta mukhoyam sudah selesai makan dan bersiap melakukan aktivitas selanjutnya. Kami diberi kesempatan oleh panitia untuk sarapan terlebih dahulu dan menyusul peserta lainnya. Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan, taujih oleh Ust Ruhamaben. Kemudian games ringan,  dilanjutkan dengan materi tentang pola hidup sehat oleh Ust Unggul Wibawa. Segera saja, selepas materi tersebut, dilanjutkan dengan materi baris berbaris yang tak henti-hentinya diberikan, meski peserta sudah sangat mahir dalam baris berbaris. Kali ini mendatangkan instruktur langsung dari kepolisian sektor setempat. Dilanjutkan dengan materi ketahanan nasional, yang hanya memakan waktu 15 menit.

Sholat Jum’at, ditemani oleh guyuran hujan, karena kami sholat berjamaah di lapangan. Baju dan celana yang baru saja diganti pun, basah kuyup.

Mendirikan tenda… Nikmatnya berukhuwwah, hadir di sini. Sangat indah…Tenda kami tak sebagus yang lainnya, ala kadarnya, didirikan dari 3 tongkat pramuka dan 8 lembar ponco.

One thought on “Catatan Mukhoyam

  1. kok cm hari pertama aj yang diceritain…??
    Longmarchnya gmn..?? enak to ? manteb to ?
    salam siap siaga !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s