Kewajiban Perpajakanku

Bulan maret tahun 2010 ini adalah bulan yang bisa dikatakan ramai dengan pokok bahasan tentang Pajak. Mulai dari apa kata dunia jika tak membayar pajak, apa kata dunia jika tak jujur lapor SPT, hingga ke makelar kasus perpajakan, Gayus Tambunan.

Demikian juga dengan saya. Pengalaman pertama menunaikan kewajiban perpajakan, lapor SPT. Tahun lalu meski saya sudah PNS, tapi karena ketidaktahuan, saya tidak melaksanakan kewajiban perpajakan itu (maaf ya petugas pajak. sanksinya apa nih??). Tahun ini pun, karena minimnya informasi saya tentang pelaporan SPT, saya baru melaporkannya h-1 batas terakhir (maksimal 31 maret 2010).

Ketidaktahuan saya itu, memaksa saya untuk mengganggu teman yang pegawai pajak, datang malam-malam ke rumahnya, anaknya udah tidur. Maaf ya mas, dan terima kasih udah dikasih tau cara ngisi SPT 1770 S, dikasih tau cara bayar pajak pakai SSP, dan cara lapor SPT nya. Maturnuwun sanget.

Tanggal 30 maret 2010, pagi, pukul 9.00 saya meminta dan mengisi SSP di KPP Pulo Gadung (deket dari rumah). Terus ngantri di bank persepsi yang ada di KPP tersebut, Bank Bukopin. Ngantrinya yang lama, karena peak hour. Melihat keadaan yang ngantri seperti itu, saya jadi mengurungkan untuk melaporkan SPT pagi itu juga. Setelah setor kurang bayar pajak 50 ribu, saya pulang ke rumah.

Sore harinya, pukul 16.00 saya kembali ke KPP tersebut, dan benar saja, sepi euy.. ngantri ga lama. Cuma sempet sebel aja, ada seorang bapak white collar  yang nyelonong aja ga pake ngantri. Yo wis, sabar aja. Ga lama kok. Dan ternyata SPT neserta berkas-berkas saya, ga diperiksa lhoh, ga dikeluarkan dari amplop coklat. Kemudian, saya dikasih secarik kertas berwarna orange yang bertuliskan Tanda Terima SPT Tahunan.

Selesai sudah kewajiban perpajakanku tahun 2009. Ternyata mudah lho.😀

5 thoughts on “Kewajiban Perpajakanku

  1. ajarin dong……….biar pinter juga

  2. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Berarti gak ikutan memboikot pajak ya, Mas…

  3. saya kemarin ngantri rameee banget. gara2 hari terakhir

  4. ya deh…aq belajar..lebih detailnya gimana???

Leave a Reply

