Tiada Kata Salah dalam Pembelajaran

Itulah sepenggal kalimat yang saya dapat dari Presma saya ketika saya menjabat sebagai wakilnya di tahun 2006 silam. Sebuah penggalan kalimat yang bermakna ganda, sebenarnya. Bisa menjadi kalimat untuk pemakluman dan juga bisa sebagai motivasi.

Berada di kampus Jurangmangu ini selama 5 tahun berturut-turut, banyak hal yang saya pelajari, dari sisi pergerakan kemahasiswaannya. Aktivitas ekstrakurikuler, seminar, bedah buku, konser, pesta, musik, acara malam dengan cahaya temaram sambil duduk berdua dengan pacar, interest club, reliji, politik, saling serang melalui media gelap, saling menjatuhkan melalui mading. Semuanya sudah pernah terjadi di kampus Jurangmangu ini. Salutnya saya, belum pernah dan semoga tidak pernah terjadi, yaitu pemukulan karena ketersinggungan.

Memantau pergerakan kampus Jurangmangu akhir-akhir ini, saya merasa bahwa mahasiswa STAN sedang belajar banyak hal tentang politik, tentang makna kebebasan berekspresi, kebebasan bermedia, tentang independensi, tentang legalitas pemerintahan, dsb. Semuanya dipelajari oleh mahasiswa STAN di luar kelas. Mereka mendapatkannya di lapangan yang tanpa teori.

Satu contoh kasus:

Warta Pemira yang diterbitkan oleh BEM ternyata kontennya menjatuhkan pemerintahan BEM itu sendiri. Terlebih, domain Pemira adalah domain BLM bukan domain BEM, namun BEM “berinisitaif membantu” kerja BLM dengan  menerbitkan Warta Pemira. Yah, secara tidak langsung BEM mengatakan, “BLM mengeluarkan Warta Pemira saja ga mampu.”

Mengenai kontennya, Warta Pemira (Saya lebih senang menyebutnya dengan Warta Kampus edisi Khusus) menyebutkan perihal independensi Panita Pemilihan Raya (PPR) tahun 2009. Disebutkan dengan antusias di halaman depan,  “Menggugat Independensi Panitia Pemira.”

Analisis saya mengenai WP #1 ini:

1. kontennya menggunakan kata ganti orang pertama, yaitu saya. Ini menunjukkan opini pribadi, sangat subjektif. Kemudian, jika hal ini pribadi, kok ya menggunakan sarana Warta Kampus yang notabene adalah produk milik BEM yang diterbitkan menggunakan dana KM-STAN. Mengapa tidak menggunakan sarana Opini di Civitas milik Media Center yang kini telah menjadi Lembaga Pers Mahasiswa?

2. Terdapat kalimat di halaman akhir, “Sekarang Wakorlak Pemira 2010 yang diajukan BEM kepada BLM untuk meminta persetujuan, berasal dari pihak yang sama seperti tahun sebelumnya. Ingin sekedar menggugat, independenkah?” Dari kalimat ini saja, banyak hal yang subjektif. Pertama, sampai dengan tulisan ini dibuat, belum ada Korlak maupun Wakorlak Pemira 2010. Kedua, “berasal dari pihak yang sama seperti tahun sebelumnya.” Pihak yang mana yang dimaksud oleh Penulis WP #1?

3. Terdapat poin di halaman ketiga.” ….membuat kandidat diuntungkan dengan dengan mendapatkan informasi yang lebih cepat…”. Bisakah Penulis WP#1 menyebutkan informasi apa yang sekiranya ada, dapat membuat salah satu pasangan bertindak lebih cepat dan bersifat strategis? Informasi seperti apa yang dikhawatirkan? Informasi apa yang bisa membuat salah satu pasangan menjadi menang telak atas pasangan yang lain?.

Yah, itu mungkin hanya beberapa ocehan saya selaku pribadi mahasiswa STAN. Tidak ada kaitannya dengan pendapat saya selaku Ketua Umum Badan Legislatif Mahasiswa STAN. Tapi kalo pihak Warta Pemira atau Warta Kampus ingin “mencatut” tulisan saya ini sebagai pendapat dari Ketua BLM, tanpa bilang-bilang dulu  (seperti halnya yang dilakukan oleh WP#2), nggih monggo.

10 thoughts on “Tiada Kata Salah dalam Pembelajaran

  1. sungguh luar biasa mahasiswa STAN!

  2. Oooh… gitu tho ceritanya… sopo sih sing nulis? hal yang hampir selalu sama dari tahun ke tahun…

    hehe… emang seru kok kuliah perpolitikan di STAN

  3. Dinamika politik harus dibarengi dengan kedewasaan pemikiran dan juga kemawasan akan posisi diri, apakah a.n. pribadi, kelembagaan eksekutif atau legislatif… membangun kuatnya posisi kelembagaan penting untuk membangun citra dan kepercayaan… (he he he he)

  4. eh anak STAN yah?
    Barti kamu pinter dunk yaaa?😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s