Cerita tentang Rencana Skripsi

Alhamdulillah, Allah memudahkan langkahku dalam menuntut ilmu di D-IV STAN, hingga sekarang sudah di semester akhir, semester skripsi. Semoga Allah juga memudahkan dalam semester skripsi hingga ke yudisium nanti, aamiin.

Sebelum menyusun skripsi, sudah dipahami bahwa kita harus menyusun rencana skripsi. Mulai dari “hunting” judul, “hunting” dosen pembimbing (dosbing), hingga pengumpulan Rencana Skripsi ke Sekretariat kampus. Alhamdulillah, perjuangan itu sudah selesai tanggal 23 Desember kemarin, dengan deadline maksimal tanggal 28 Desember 2009 (tumben ga deadliner).

Saya memulai mencari judul dengan browsing/searching/googling juga mengunjungi Perpustakaan Baca kampus STAN, yang seumur-umur berada di STAN, baru itu pertama kalinya saya menyentuh rak skripsi (memalukan sekali ^_^).

Setelah mendapat judul, kemudian saya hunting dosen pembimbing. Pilihan jatuh pada Pak Muhadi Prabowo, karena saya mengambil bidang skripsi Pemeriksaan Keuangan Negara.

Hari pertama bimbingan, 10 Desember 2009, Pak Muhadi memberikan masukan-masukan yang pada akhirnya membuat saya bimbang dan mengganti judul skripsi.

Hari kedua bimbingan, 11 Desember 2009, saya mengajukan rencana skripsi baru dengan judul baru. Beliau menyetujui judul tersebut, dan memberikan masukan-masukan terkait landasan teori, kisi-kisi penelitian, juga kuesioner.

Bimbingan ketiga, tanggal 17 Desember 2009 (jaraknya jauh banget dengan bimbingan kedua). Masih memerlukan perbaikan-perbaikan terkait variabel, dimensi, dan indikatornya.

Bimbingan keempat, tanggak 21 Desember 2009, pagi harinya, Pak Muhadi meminta agar struktur rencana daftar isi skripsi disamakan dengan checklist bimbingan materi yang diberikan oleh Sekre. FYI, sekre mengeluarkan 2 checklist yang satu sama lain tidak sama unsur-unsur skripsinya. Walhasil mengubah strukturnya lagi.

Alhamdulillah sorenya ditandatangani. Kemudian dilanjutkan dengan berburu tanda tangan dosen Komisi Penilai Outline (meski namanya komisi, tapi ternyata cuma satu orang). Tidak mudah ternyata, saya harus bolak-balik 4 kali untuk mendapatkan peretujuan dari beliau. Alhamdulillah tanggal 23 Desember siang, sudah ditandatangani, dan langsung saya jilid untuk kemudian dikumpulkan ke sekretariat.

Ini sekadar tulisan untuk mengingat-ingat perjuangan menyusun rencana skripsi.

4 thoughts on “Cerita tentang Rencana Skripsi

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Sibuk mbikin skripsi, ngeblog keganggu gak, ya?

  2. Semoga sukses mas!

  3. akhi, pembukaan pendaftaran DIV 2010 kaPan?
    buka privat USM nya gak?

    hehehe… harus belajar dari antum nih

    • sepertinya bulan Mei 2010 mas. Kalo privat USM D4, kayaknya belum ada. Tapi materinya sepertinya sama dengan USM D3, jadi mungkin bisa ikut privat yang persiapan USM D3, mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s