Menjual Diri

Ada beberapa makna yang mungkin muncul dari dua kata judul di atas. Mungkin sebagian dari Anda berpikir, isi tulisan ini akan mengarah pada perihal wanita penjaja tubuh. Dan mungkin ada juga yang berpikir isi tulisan ini berupa analogi dari perihal tersebut.

Oke langsung saja.

Belum lama ini saya terjun ke dunia jual beli dinar emas. Meski saya sudah sering jualan/berbisnis kecil-kecilan, namun untuk bisnis dinar emas ini, saya memperoleh hal yang berbeda. Ketika saya duduk di bangku SMA, saya sudah mulai berjualan stiker timbul atau cutting sticker bertuliskan almamater SMU saya. Pun saat di UNDIP, saya berjualan pernik islami seperti kalender, stiker, pembatas buku, dll. Yah, namanya juga kecil-kecilan, emang bener-bener kecil alias ecek-ecek.

Saat di D-III STAN pun juga demikian. Saya jualan pin dan stiker yang bertuliskan almamater STAN. Dan dari hasil penjualan pin dan stiker ini, saya bisa membeli sepeda Polygon yang saya inginkan. Saya juga berbisnis menyewakan LCD Proyektor di kos-kosan saya, yang sampai sekarang masih jalan, sudah 2 tahun lebih. Jualan pulsa sampai sekarang masih. Jualan obat juga, dari K-Link. Hingga sekarang ini saya menambah “mainan” saya dengan dinar emas.

Hal yang berbeda — seperti yang saya katakan di atas — ketika saya berbisnis dinar emas ini adalah cap yang diberikan oleh teman-teman kepada saya. Saya sudah lama jualan pulsa, sudah lama pula jualan pin, dan tak bisa dikatakan sebentar untuk menyewakan LCD Proyektor, namun tidak ada yang memberikan julukan atau cap kepada saya dengan “tukang jual pulsa” atau “tukang jual pin” ataupun “tukang sewain LCD”. Meski banyak yang tahu kalo saya punya usaha bisnis tersebut. Nah, ketika saya bisnis dinar emas ini — FYI, saya memulainya sejak Oktober 2009 — teman-teman sudah menjuluki saya dengan the dinar man.

Senang memang, karena dengan begitu teman-teman jadi banyak yang tahu kalo saya ini jualan dinar, jadi biar banyak yang beli. Ini mungkin hasil dari saya “menjual diri” ketika mempromosikan dinar emas kepada teman-teman. Sehingga yang mereka ingat ketika melihat saya adalah harga dinar berapa hari ini. Pernah saya lakukan survei di FB, “One word about Dino, please!” dan jawaban mayoritas adalah “DINAR”.

Nice…

Memang perlu dalam berbisnis itu kita menjual diri. Dengan begitu, kita akan dimaknai sebagai orang yang benar-benar paham dengan apa yang menjadi objek bisnis kita. Dengan memahami apa yang kita jual, maka kita akan lebih mudah menjual barang-barang dagangan kita. Pemahaman ini akan mem-personifikasi-kab diri kita ke dalam bisnis yang kita jalankan.

So, ayo “JUAL DIRI”…

21 thoughts on “Menjual Diri

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Dalam bisnis emang perlu promosi.

  2. mantap mas, personal brandingnya luar biasa.
    berarti ga perlu lagi spanduk atau kartu nama,
    siapa aja yg liat mas Dino, langsung ingat DINAR.
    hehehe…

  3. Pingback: Sambil Menyelam Minum Air « Batavusqu

  4. Salam Takzim
    Mohon Izin menyampaikan titipan dari zipoer7 dijemput ya disini
    Terima kasih sebelumnya
    Salam Takzim Batavusqu

  5. Mas dino emang berjiwa bisnis. izin memasang link sampeyan d blog saya!

  6. hehehe..bisnis man betul ente

  7. jadi ingin jualan lagi mas….
    tapi bingung mau jual apa…
    masa jual diri dalam artian sebenarnya…
    ^_^

  8. jadi inget pilem si doel… mungkin kalo ada survey kayak mas dino mungkin pada njawab: anak sekolah atau tukang insinyur ya….
    (hayah gak nyambung ya mas???)

  9. semoga sukses dengan bisnisnya,Mas Dino.
    si kecil Afifahpun ikut mendoakan dgn senyumnya yg manis.
    salam hangat utk keluarga.
    salam.

  10. Hebat brandingnya ….

Leave a Reply

