Koin Keadilan For Prita

Gerakan “Koin Peduli Prita” mengajak masyarakat khususnya para pengguna internet mengumpulkan uang koin untuk disumbangkan kepada Prita Mulyasari. Uang ini untuk membayar denda Prita kepada RS OMNI Internasional Alam Sutera yang bernilai Rp 204 juta. Berapa banyak ya koin yang harus dikumpulkan untuk uang sebanyak itu?

“Sudah kita hitung-hitung kalau koinnya Rp 500-an butuh sekitar 2,5 ton,” ujar Samsul, salah satu penggerak “Koin Peduli Prita” saat dihubungi melalui telepon, Jumat (4/12) malam.

Ia mengatakan, latar belakang tercetusnya gerakan ini adalah bentuk simpati terhadap Prita Mulyasari yang divonis harus membayar denda tersebut karena dituding mencemarkan nama baik melalui e-mail. Padahal, apa yang dilakukan Prita adalah keluh kesah karena merasa mendapat layanan yang tidak memuaskan dari Rumah Sakit OMNI Internasional.

“Sebenarnya kita gemes kenapa Prita itu sebenarnya dianiaya secara hukum. Kenapa hanya karena konsumen berkeluh kesah kok ini hasilnya,” ujar Samsul saat dihubungi lewat telepon. Menurutnya, pengumpulan sumbangan dalam bentuk koin merupakan bentuk dukungan terhadap Prita sekaligus protes terhadap RS OMNI Internasional.

Semua koin yang terkumpul nanti diserahkan dalam bentuk apa adanya kepada RS OMNI Internasional Alam Sutera jika memang denda tersebut harus dibayar Prita. “Kalau nanti diserahkan kan bikin repot OMNI,” katanya.

Saat ini Prita dan pengacaranya tengah mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi Banten tersebut. Prita juga masih menghadapi kasus yang sama dengan gugatan pidana.

Samsul mengatakan, gerakan tersebut bermula dari keprihatinan para penggiat Milis Sehat dan tercetus mulai Jumat sore. Namun, kini “Koin Peduli Prita” telah berkembang menjadi gerakan bersama dan disebarkan melalui Facebook dan Twitter. Gerakan ini menggunakan sandi #freeprita. (http://megapolitan.kompas.com)

4 thoughts on “Koin Keadilan For Prita

  1. Saya hanya bisa berdo’a untukmu Bu Prita.

    Semoga Allah SWT memberikan jalan terbaik untukmu, dan keadilan ada dipihakmu. Salam!

  2. koin-koin itu disalurkan lewat mana mas? menurut sampeyan UU ITE pasal 27 ayat 3 seberapa besar dampaknya buat para blogger? saya orang bodoh cuma dengar katanya.

  3. Mas Dino, saya berkunjung ke website bisnisnya tetapi saya tidak faham. MasyaALLAH…saya orang muslim tetapi enggak faham bisnis dinar dan dirham. sampeya ada postingan tentang bisnis itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s