Wisuda STAN 2009

Hari ini, tanggal 10 November 2009 adalah hari yang bersejarah, bagi bangsa Indonesia, juga bagi adik-adik STAN yang akan diwisuda. Setelah 3 tahun mereka berjuang dalam pendidikan diploma III di STAN, hari ini saatnya mereka melangkah ke tahap selanjutnya, mengabdi pada negara, melayani masyarakat.

Kebetulan pada wisuda 2009 ini, saya berkesempatan menjadi pendamping bagi mereka wisudawan terbaik, dengan kapasitas saya sebagai Ketua Badan Legislatif Mahasiswa.

Kemudian, saya jadi teringat dan tergerak untuk mengabadikannya dalam tulisan, wisuda yang 2 tahun lalu saya alami. Wisuda yang kemudian membawaku menjadi seorang PNS di Badan Pemeriksa Keuangan.

Sepekan sebelum wisuda 2007, saya dan beberapa teman mencoba mengkoordinasikan 2 buah bis “burung biru” untuk mengakomodir teman-teman yang akan berangkat wisuda ke JCC dari kampus STAN Bintaro. Ada hal menarik dan berkesan saat hari H.

Pagi hari kami sudah bersiap, sebelum subuh sudah mandi dan bersiap-siap, karena wisuda yang dihadiri Bu Menkeu itu dijadwalkan mulai pukul 7.00. Dengan asumsi kemacetan dari bintaro ke JCC, maka pukul 5.30 kami sudah harus berangkat.

Alangkah gundahnya saya, ternyata ada satu wisudawan yang sampai mendekati jam 6 belum juga datang. Akhirnya bis pertama saya instruksikan untuk berangkat duluan. Kami masih menunggu wisudawati yang terlambat ini. Tentunya saya mendapat komplain dari para wisudawan plus orangtuanya yang berada di bis kedua.

Akhirnya yang ditunggu-tunggupun datang, saya dengan nada kecewa berbicara pada wisudawati tersebut, yang notabene juga teman dalam mengkoordinir bis ini. Bis pun kami berangkatkan.

Sepanjang perjalanan saya was-was, terus berdoa, dan meneteskan air mata (ups, jadi malu..), khawatir kalo-kalo karena saya, wisudawan satu bis jadi terlambat diwisuda. Apalagi saya, karena saya bakal diwisuda awal-awal (ciee yang peringkat atas…).

Alhamdulillah, ternyata sampai di JCC acara belum dimulai, karena ternyata mereka juga molor (halah, biasa..molor of the year…). Saya sempat sujud syukur melihat keadaan seperti itu.

Dan acara pun berjalan lancar. Saya duduk di kelompok Kebendaharaan Negara, barisan pertama, urutan nomor 2 dari kiri. Orangtua saya berada di lantai 2 JCC, melihat saya diwisuda dari kejauhan. Walau dari jauh, hal itu menjadi kebanggan bagi mereka bisa melihat anaknya diwisuda, dengan peringkat yang baik pula.

Tak terasa, sudah 2 tahun even bersejarah itu telah berlalu. Dan kini saya pun sudah hampir berada di penghujung pendidikan Diploma IV. Semoga semua yang saya lewati ini mendapatkan keberkahan dan keridhoan dari Allah swt, dan mampu memberikan senoktah andil dalam memperbaiki bangsa ini.

Nb: bagi wisudawati yang merasa, jangan tersinggung yak… (blogger juga sih dia…)

Saya ucapkan selamat kepada adik-adik alumni STAN 2009. Selamat berkarya, selamat mengabdi pada negara. Ingatlah yang diucapkan Bu Menteri saat pidato wisuda: “Jadikan moment ini menjadi moment yang sangat penting bagi diri Anda. Jangan terlalu larut dalam kebahagiaan, karena ada tanggung jawab yang lebih besar lagi di balik itu.”

13 thoughts on “Wisuda STAN 2009

  1. Saya dulu malah terlambat gara2 salah ambil keluar tol di semanggi sehingga arahnya menjadi menuju bundaran HI (yang seharusnya sebaliknya)

    Nggak bisa dipanggil wisuda awal2 deh..

  2. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Selamat buat yang diwisuda.

  3. maaf izin mengamankan yang KEDUA dulu yah mas…

    • jadi ingat saat2 wisuda dulu…sedikit tidak menyenangkan…hufhhh….

      wah..kapan mas Dino diwisuda D-IV-nya yah…
      oh iya, kalo angkatan saya kapan boleh ikut tes masuk D-IV?

  4. Hmm ..
    Wisuda, salah satu momen dimana saya bisa melihat kedua orang tua saya tersenyum melihat badge peringkat yang tersemat di toga ..
    Alhamdulillah, paling tidak, saya pernah membuat mereka tersenyum bahagia ..🙂

  5. semoga para wisudawan bisa mengamalkan ilmunya dengan benar… amin….
    doakan juga semoga saya segera lulus ya mas….😉

  6. mas linknya sudah saya pasang, sorry kemaren mati lampu tapi dah komentar di blog ini…….🙂 thanks ya mas.

  7. aslm’alaykum..

    D4 2009 ya mas?

    temen D4 mas yuga bukan? 9c

Leave a Reply

