Petani dan Batu Permata

Seusai pelajaran Nahwu, seperti biasa, Ustadz Ahmad bercerita kepada kami, tentang hikmah dan taushiyah.

Ada seorang petani yang memiliki kebun yang sangat indah dengan hasil kebun yang melimpah. Di tengah kebunnya, mengalir anak sungai yang memantulkan kemilau sinar matahari. Di pinggir sunga itu terdapat bebatuan besar yang juga memantulkan kemilau sinar matahari yang jatuh padanya.

Suatu ketika, seorang tamu datang berkunjung kepadanya. Dalam obrolan mereka, sang tamu mengatakan, “Wahai petani, jikalau engkau memili permata sebesar ibu jari, niscaya engkau bisa memiliki kota. Jika engkau memiliki permata sebesar kepalan tangan, niscaya engkau akan memiliki negara. Jikalau engkau memiliki permata sebesar batu di kali itu, niscaya engkau bisa memiliki apa saja yang engkau inginkan.”

Termakan oleh ucapan sang tamu, Petani pun memutuskan untuk menjual kebun indahnya itu, demi melakukan pencarian permata yang dimaksudkan oleh sang tamu.

Petani pun melakukan perjalanan mencari permata. Berhari-hari, bermingu-minggu, berbulan-bulan dia mengelilingi benua, tak juga ditemui batu permata. Tak terasa perbekalannya semakin menipis.

Hingga suatu hari, bekalnya benar-benar habis. Petani tak menemukan apa yang dia cari dan tak pula bisa kembali ke rumahnya.

Kemudian, sang tamu datang kembali ke kebun indah itu, yang telah dimiliki oleh pembeli kebun. Dan sang tamu menanyakan, “bagaimana gerangan kabar pemilik kebun ini dahulu?” Pemilik kebun itu menjawab, “Dia kehabisan perbekalan dalam perjalanannya mencari permata.”

Sang tamu mengatakan, “Malang sekali nasibnya. Padahal jika dia mau bersyukur, dia telah memiliki permata sebesar batu. Lihatlah di pinggir sungai itu, bukankah itu permata yang sangat besar?”

Hikmah yang bisa diambil:

  1. Senantiasa bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada kita.
  2. Untuk mengerjakan sesuatu, butuh ilmu. Ilmu sebelum amal.

10 thoughts on “Petani dan Batu Permata

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Sebuah cerita yang mengajkarkan kita untuk mensyukuri apa yang telah kita punyai.

  2. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRRRRRR..
    Menyapa sahabatku chayank..
    MAAF..
    Baru jalan jalan dan keliling lagi.. pokoknya saya ngabsen dulu yaaaa.. masih banyak tugas keliling maklum habis istirahat tugas banyak yaaaa.. harap di persorry..

    salam sayang

  3. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang
    ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllllllllllllll

  4. cerita yang bagus. btw, yang dimaksud dengan permata itu anugerah dari Allah kan?

  5. Salam Takzim
    sungguh kisah yang mengasyikkan, seakan saya yang jadi petaninya hehehe
    Salam Takzim Batavusqu

  6. Perjalanan yang panjang untuk mendapatkan permata. Ada hikmah yang bisa diambil. Untuk mendapatkan permata dengan harga murah dan gak perlu jual kebun segala , silahkan hadir di http://kilaupermata.com. Kami menyediakan sapphire/safir, ruby/mirah, emerald/jamrud, cats eye dan lainnya dengan mudah dan bahkan anda bisa tidak beranjak dari komputer anda. Batu permata tersebut sudah sampai di rumah anda. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s