Amanah adalah Sesuatu yang Harus Dijaga

(yang dimaksud amanah dalam renungan ini adalah jabatan atau tugas-tugas yang harus diemban dalam suatu organisasi)

Amanah adalah sesuatu yang harus dijaga.

Begitulah yang pernah saya pahami. Setelah 5 tahun berturut-turut berada di kampus STAN ini, dengan berbagai amanah, saya tidak bisa (paling tidak, belum bisa) mengatakan bahwa menjaga amanah itu adalah perkara yang mudah dilakukan, sesuatu yang piece of cake, sesuatu yang mudah semudah membalikkan telapak tangan.

Amanah yang diemban adakalanya berbenturan dengan kepentingan pribadi atau dengan amanah lain. Adakalanya saat mengemban amanah, maka keinginan untuk pulang kampung, bertemu, dan berbuat baik dengan orangtua secara langsung sangat menggebu, amanah pun tak terurus dengan sepenuh hati. Adakalanya amanah yang diemban menjadi pengurang waktu untuk dapat sekadar bermain dengan buah hati. Adakalanya amanah yang diemban menjadi pengurang waktu untuk bertilawah. Adakalanya amanah yang diemban justru menjadikan kita lupa akan makna amanah itu sendiri.

Namun, ketika amanah itu sudah diletakkan kepada kita, mau tak mau, harus kita tuntaskan, bagaimanapun hasilnya, bagaimanapun payahnya diri kita menjalankan amanah, bagaimanapun buruknya kinerja kita mengemban amanah. No body’s perfect.

Lebih baik mengangkat tangan pada amanah daripada menyanggupinya lantas menjadi beban diri dan orang lain. Daripada menyanggupi untuk mengemban amanah, namun justru banyak orang yang terdzolimi karena kita mengemban amanah itu. Banyak orang yang kita runtuki karena kita kesusahan dalam mengemban amanah itu. Banyak orang yang juga meruntuki kita. Banyak orang yang lantas merasa tidak enak karena terus-terusan harus pura-pura memahami kepentingan kita. Dsb..dsb.

Banyak orang yang ingin dipahami namun enggan (atau belum bisa) untuk memahami.

Sebuah refleksi diri.

3 thoughts on “Amanah adalah Sesuatu yang Harus Dijaga

  1. Salam Takzim
    Saya juga tidak mau, tetapi anggota meminta untuk saya yang jadi ketua karena memang belum ada yang berani jadi ketua. yah saya terima saja dengan tetap saya menjaga amanah itu,
    Selama itu bermanfaat bagi anggota kenapa tidak
    Salam Takzim Batavusqu

  2. Ada satu hal yang saya pahami tentang amanah, yaitu akan meningkatkan kapasitas diri manusia. Semakin besar amanah yg diemban semakin menunjukkan kualitas manusia.

    Tapi bukan selalu berarti qodi itu lebih baik dari jundi. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s