Ironis, Pelantikan Wakil Rakyat Tak Singgung Gempa Sumbar

Di tengah duka warga Sumatera Barat yang digoncang gempa 7,6 SR, pelantikan anggota DPR dan DPD menelan biaya hingga Rp 46 M yang merupakan wakil rakyat tak tersentuh hatinya.

Sangat ironis, prosesi pelantikan itu tidak sedikitpun menyinggung musibah itu walau dengan ucapan bela sungkawa. Pantauan detikcom di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/10/2009).

Pada saat memimpin sidang pelantikan anggota DPR, Marzuki Alie yang menjadi Ketua DPR sementara tidak sedikitpun menyebut musibah gempa Sumbar. Begitu juga dengan panitia dari pihak KPU dan kesekjenan DPR. Hal yang sama juga terjadi pada saat pelantikan anggota DPD. Mudaffar Syah dan Perca Leanpuri yang memimpin sidang pelantikan juga tidak menyinggung soal simpati dan empati terhadap korban gempa di Sumbar. Bahkan saat tiba di bagian pembacaan doa penutup yang disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Yaqub, ternyata juga setali tiga uang. Ali tidak sedikitpun menyebut musibah gempa di Sumbar dalam doanya dan mendoakan para korban agar tabah.

Usulkan sumbang korban gempa

Mantan Ketua MPR Amien Rais mengusulkan, agar 560 anggota DPR 2009-2014 yang baru saja dilantik, menyumbangkan 20 persen dari gaji pertamanya untuk korban gempa di Sumatera Barat.

Menurut Amien, langkah ini penting diambil dan disepakati delapan fraksi yang ada di DPR sebagai awal yang baik dalam masa bakti selama lima tahun ke depan. “Sebagai anak bangsa, alangkah baiknya kesepakatan semua fraksi bahwa gaji pertama, 20 persennya dipotong untuk meringankan penderitaan korban gempa. Sehingga, perjuangan rakyat tidak sekedar slogan,” kata Amien, Kamis (1/10), seusai menghadiri acara Pengambilan Sumpah Anggota DPR dan DPD, di Gedung DPR, Jakarta.

Dengan sorotan negatif yang diterima DPR selama ini, menurut Amien, DPR bisa memperbaiki citranya yang dicap kurang memiliki kepekaan. “Kalau memberikan 20 persen gajinya saja berat, itu kelewatan. DPR sudah lama disoroti kurang peka,” ujarnya. Putra Amien, Ahmad Mumtaz Rais, yang menjadi anggota DPR terpilih mengaku siap menjalankan instruksi ayahnya. “Saya siap melaksanakan perintah imam politik saya,” kata Mumtaz.

Sementara itu, anggota DPR asal PKS, Refrizal, meminta agar Pimpinan DPR Sementara dan anggota DPR yang mewakili Dapil Sumatera Barat mengunjungi lokasi gempa dan memberikan bantuan kepada para korban.

Sumbangan PKS

Para anggota fraksi Partai Keadilan Sejahtera periode 2009-2014 sepakat akan menyumbangkan uang representasi pertamanya untuk korban gempa di Sumatra Barat.

Selain itu, DPP PKS juga menyumbangkan uang tunai Rp 50 juta beserta kebutuhan sehari-hari. “PKS prihatin dengan nasib para korban gempa di Padang,” ujar Presiden PKS Tifatul Sembiring, Kamis (1/10) usai mengikuti acara pelantikan anggota DPR RI dan DPD RI di Ruang Paripurna MPR RI, Jakarta.

Tifatul menghimbau seluruh anggota dewan, khususnya yang berasal dari partai dakwah tersebut agar menjalankan tugasnya dengan baik sehingga citra DPR 2009-2014 dapat meningkat.

Selain itu, mereka juga diimbau agar tidak melakukan tindak korup. “Kalau mau cari uang, jangan jadi anggota DPR,” ujar Tifatul.

Terkait pencalonan ketua MPR, Tifatul mengatakan, partainya tetap akan mengusung calon Hidayat Nur Wahid. “Ini akan kita konsolidasikan ke parpol anggota koalisi,” tambahnya. (koh)

KESRA- 1 OKTOBER: sumber: http://www.menkokesra.go.id/content/view/12835/39/

28 thoughts on “Ironis, Pelantikan Wakil Rakyat Tak Singgung Gempa Sumbar

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Menghabiskan uang banyak ketika banyak saudara yang membutuhkan bantuan.

  2. mereka mmmg kurang berprikmanusiaan.. mau kaya sndiri…

  3. duh, uangnya buat para korban gempa kan lebih bagus.

  4. Salam Takzim,
    Untuk do’a saja tidak terbersit kepada rakyat yang terkena musibah apalagi uangnya, wah wakil rakyat yang tidak mewakili Padang kali ya
    Salam Takzim Batavusqu

  5. terus apa mereka setuju dengan usulan pak amin rais?

  6. katanya ada “fashion show batik” ala anggota dewan yg artis yah…wah, kok “budaya” kayak gitu kok masih nampak….

  7. Dananya berlimpah mas waktu pelantikan. Sungguh ironi…

  8. Andaikan dana pelantikan dipakai buat nyumbang korban gempa + semua gaji pertama (tak hanya 20%) anggota DPR di seluruh wilayah Indonesia kira2 dapat berapa ya?

  9. Salam Takzim
    Menyapa di siang hari untuk mengingatkan jam maksi dan sholu sudah masuk
    Salam Takzim Batavusqu

  10. Miris dan ironis
    btw soal sumbangan itu…well perlu kita beri apresiasi dikit lah🙂

  11. Selamat pagi ..
    Selama masih ada mentari, anak negeri tak pernah mati
    Hidup hanya untuk berbakhti pada Ilahi Rabbi ..
    Anak bangsa terus berkarya …
    Ada Asa dan cita di depan mata …
    Untuk Indonesia kembali JAYA …

    Salam

  12. Salam Takzim
    Sahabat, saya mau bagi-bagi hadiah nih yang khusus buat Kang DinoYudha, berupa Banjir Award Dijuemput ya !!!🙂
    Salam Takzim Batavusqu

  13. MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS NAMA PERSAHABATAN DAN PERSAUDARAAN

    SEMOGA DENGAN BERJALANNYA WAKTU SEMAKIN MEMPERSATUKAN KITA SEMUA.. TIDAK MELIHAT SIAPA KAMU.. APA AGAMAMU.. APA MAZHABMU.. TETAPI DENGAN MENYADARI KITA BERASAL DARI YANG SATU..

    SALAM SAYANG SELALU

  14. Ironis sekali.. dooooooooooooooh.. wakil rakyat seharusnya merakyat

  15. mending pada dilantik di Padang aja, trus abis itu pada kerja bakti membantu meringankan para korban…. eh, tapi pada udah dilantik ding ya….

  16. semoga saja fraksi yg lain mengikuti langkah fraksi PKS , dengan menyumbangkan gaji pertama mereka utk korban gempa.
    memang keironisan sering terjadi di negeri ni.
    seperti kasus KPK sekarang, ironi juga kan.
    salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s