Mudik#1 : Bangunkarta Trip

Kalau tahun 2008 / 1429 H lalu kami mudik ke Semarang menggunakan Kamandanu, maka pada tahun 2009 / 1430 H ini, kamu mudik ke Ngawi menggunakan Bangunkarta Eksekutif.

Cerita bermula dari usaha mendapatkan tiket Bangunkarta Eksekutif ini. Istri saya mengantri di Stasiun Senen pada tanggal 18 Agustus, untuk membeli tiket Bangunkarta atau Gajayana keberangkatan tanggal 17 September.  Tapi ternyata sudah habis. Kemudian keespkan harinya, kami pagi-pagi datang untuk mengantri di agen travel di Jl. Pemuda, untuk membeli tiket keberangkatan tanggal 18 September pukul 15.00. Alhamdulillah dapat tiket untuk Bangunkarta  Eksekutif, karena kereta eksekutif yang berhenti di Stasiun Paron hanya Bangunkarta ini. Meski mendapat berita bahwa dari sisi kenyamanan sangat kalah dibandingkan Gajayana atau eksekutif lainnya.

Pada hari keberangkatan, 18 September 2009, pukul 14.15 kami keluar dari rumah menuju Stasiun Senen dengan menggunakan taksi. Atas Kehendak Allah, kami sangat mepet sampai di Stasiun yang penuh sesak dengan penumpang, ditambah lagi ada hiburan band yang membuat stasiun layaknya konser band. Kamipun jalan menuju jalur kereta dengan sangat pelan karena menyelip-nyelip di antara desakan tubuh-tubuh manusia.

Kereta hampir berangkat, dan pintu-pintu sudah ditutup, dipenuhi dengan penumpang bisnis yang berdiri di belakang pintu kereta, sehingga pintu kereta tidak bisa dibuka lagi. Petugas yang ada di situ mengatakan bahwa kami tidak bisa lagi naik. Saya dengan nada kecewa mengatakan bahwa tiket yang saya pegang adalah tiket eksekutif. Namun tetap saja tidak bisa mendapatkan kemudahan.

Subhaanallah. Pada saat saya sudah berbalik badan dan berpikir akan naik pesawat, dengan sangat tiba-tiba, petugas tadi mengatakan bahwa pintu bisa dibuka dan kami bisa naik. Dalam waktu yang sangat singkat, karena kereta sudah hampir berangkat, kami dengan 4 barang bawaan bersusah payah masuk ke dalam kereta. Desakan manusia di dalam kereta pun membuat si kecil terbangun dan menangis. Saya katakan pada petugas berpakaian preman di dalam kereta bahwa kami punya tiket eksekutif. Dan kami pun dibantu oleh petugas tadi menuju tempat duduk kami.

Seperti yang diceritakan oleh teman-teman saya, bahwa kereta Bangunkarta, meskipun eksekutif, tapi koridornya dipenuhi oleh orang-orang yang tidak memegang tiket eksekutif. Alhamduillah, kami sudah bisa duduk di seat 3 C dan 3 D, dengan bercucur keringat, dan kaos yang basah. Si kecil sudah berhenti menangis. Saya pun tergoda untuk membatalkan puasa, namun sangat sayang, tinggal 3 jam lagi waktu berbuka.

Kereta yang dipenuhi oleh manusia yang meringkuk-ringkuk di koridor kereta dan di sambungan kereta bahkan di depan toilet, pun bergerak maju terus menembus keramaian kota Jakarta, menuju ke arah timur, dengan tujuan akhir Stasiun Jombang. Kami turun di Stasiun Paron pukul 4.00. Alhamdulillah.

7 thoughts on “Mudik#1 : Bangunkarta Trip

  1. (maaf) mau PERTAMA dulu

  2. Wah Paron dah dekat tuh dengan Jombang, harusnya mas Dino mampir dulu kerumahku yaaa.
    Bangunkarta memang ramah stasiun dan juga ramah penumpang mashe..he..he
    Salam hangat dari Surabaya

    Selamat Idul Fitri 1430H
    Minal aidin wal-faidzin
    Mohon maaf lahir batin

  3. saya membayangkan bagaimana susahnya mudik seperti itu, apalagi saat membawa si kecil…
    semoga selamat sampai tujuan mas dhino..
    semoga tali silaturrahim dan ukhuwah bisa tetap terjaga…

  4. alhamdulillah banget, akhirnya bisa naik kereta yah, suatu hikmah yang luar biasa🙂

    minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin

  5. Salam Takzim
    Perjuangan ya om, demi kampung halaman dan jeritan si kecil, Selamat ya tetap jaga kesehatan om jangan sampai ketinggalan barang-barangnya.
    Salam Takzim Batavusqu

  6. Sungguh perjuagan yang berat, tetapi demi sebuah tujuan apapun halangannya akan tetap dijalani.
    Luar biasa kang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s