STAN for Indonesia

stan future

Desain STAN masa depan. sumber: stan.ac.id

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) adalah tempat di mana anak-anak nusantara dapat menimba ilmu keuangan negara, akuntansi, kebendaharaan negara, pajak, bea cukai, dsb. Tapi bukan tentang ilmu-ilmu itu yang ingin saya ceritakan di sini. Saya ingin bercerita tentang Kebhinekaan budaya Indonesia yang ada di STAN menjadi tunggal untuk Indonesia.

Kampus STAN ini sangat unik, karena komposisi mahasiswa di dalamnya berasal dari seluruh Indonesia, meskipun yang paling banyak adalah dari Jawa Tengah. Mereka adalah putra putri terbaik bangsa yang berhasil lulus dalam Ujian Saringan Masuk STAN yang diadakan secara nasional. Mereka datang dan berinteraksi dengan anak-anak nusantara lainnya, saling bertukar informasi budaya, juga saling memahami.

stan masa depan

Desain STAN masa depan. sumber: stan.ac.id

Kehidupan kemahasiswaan sehari-harinya adalah sebuah perkenalan dan pemahaman akan budaya yang berbeda-beda. Tidak sedikit kegiatan-kegiatan mahasiswa yang dibuat berdasarkan asal daerah, misalnya lomba permainan tradisional asal daerah, pameran kedaerahan, pertunjukan budaya daerah, dsb. Interaksi budaya ini juga dapat berlangsung di kos-kos mereka masing-masing.

Di kampus Ali Wardhana ini ada organisasi kederahan (organda) yang menjadi wadah bagi mahasiswa yang berasal dari satu daerah untuk berkumpul dan saling “kangen-kangenan” dengan kampung halamannya. Melalui organda ini pulalah akulturasi budaya di kampus STAN dapat terjalin. Menjadi agenda tahunan, yaitu pertandingan bola antardaerah, dengan satu tujuan, agar terjalin keakraban antarorganda.

stan lap A

STAN gedung baru. sumber: stan.ac.id

Juga, dalam kurikulum kampus plat merah ini, ada matakuliah Budaya Nusantara, yang memperkenalkan kepada mahasiswanya beraneka budaya dari seluruh Indonesia. Sebenarnya, tujuan diadakannya matakuliah ini adalah agar kelak ketika mereka sudah lulus dan siap ditempatkan ke seluruh penjuru Tanah Air, mereka sedikit banyak sudah mengenal budaya di daerah tersebut.

Akhirnya, mereka dengan bekal ilmu dan juga bekal dari hasil interaksi budaya selama di kampus, telah siap bertugas dan merajut kehidupan sosial di tempat barunya. Sebagai contoh, ada teman saya asal Nganjuk yang ditempatkan di Sorong. Susah payah beradaptasi demi memahami budaya tempat tinggalnya saat ini, dengan motivasinya “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”.

STAN for Indonesia!!!

Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Writing Contest 2009 yang merupakan satu rangkaian kegiatan  Pesta Blogger 2009.

30 thoughts on “STAN for Indonesia

  1. wah ini kampusku duluuu…😀
    tapi cuma sampai ospek doang, ndak kuat panasnya, makanya kutinggalin dia.
    desainnya futuristik, semoga alumninya juga terupgrade mental ideologinya untuk mengubah wajah bangsa ini menjadi lebih baik lagi.

    • iya tho mas? apanya yang panas? perasaan ga panas deh…ooo, maksudnya ga ada AC nya di kelas? sekarang ada kok, tapi ga nyala…hehe…
      Aamiin…itu juga menjadi proyek besar bagi kampus ini, mengubah wajah bangsa Indonesia dari sisi keuangan negara…

  2. bagus bener, keliatannya.
    Semoga sebanding sengan outputnya.

    • Desainnya seperti itu mas, kata Pak Direktur STAN, renovasi insya Allah selesai akhir tahun ini. Semoga saja sebagus desainnya. Juga outputnya…

      Komennya diangap spam mas…hehehe

  3. semoga saja bisa melahirkan generasi-generasi yang dapat mengharumkan nama Indonesia

    • Insya Allah..semoga terkabul. Untuk saat ini, Direktur Jenderal Pajak, berasal dari STAN. Semoga dalam waktu dekat, Menteri Keuangan berasal dari kampus perjuangan ini…

  4. Ops, mas Dino ki dosen apa mahasiswa di sini tomas? Kok apal ruangan kelase barang, ana ACne?🙄😆

  5. Terselip khilaf dalam candaku,
    Tergores luka dalam tawaku,
    Terbelit pilu dalam tingkahku,
    Tersinggung rasa dalam bicaraku.
    Hari kemenangan telah tiba,
    Semoga diampuni salah dan dosa.
    Mari bersama bersihkan diri,
    sucikan hati di hari Fitri.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqobalallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
    I Love U fuuulllllllllllllllllll

  6. keren yah…
    motivasi yang simpel tapi mendalam “dimana tanah kau berpijak, disitu langit kau junjung”

    minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin

  7. Kedaling rasa nu pinuh ku bangbaluh hate, urang lubarkeun, ngawengku pinuh ku nyuuh, meungpeung wanci can mustari. Taqabalallahu Minna Wa Minkum
    Wilujeng Idul Fitri 1430 H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan.
    Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

  8. Wow keren desainnya Mas….
    Oh ya Mas, saya minta maaf apabila selama ini ada kata yang salah dalam berkomentar dan mungkin ada sesuatu hal yang tidak berkenan di hati….
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
    Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon Maaf Lahir Dan Batin

  9. yaa.. mudah2an STAN bias dibuat sesuai Desain..
    jujur aja tiap kali lewat Stan gak ada kesan apa2 nih pada kampus itu.. padahal kampus plat merah.. tapi kok yaa.. kalah mentereng sama sekolah2 di sekitar bintaro..
    apalagi kampus swasta terdekatnya..

  10. minal aidin wal faidzin. mohon maaf lahir dan bathin. mohon maaf atas komentar yang kurang berkenan. wassalam

  11. sejak dulu, STAN jd idola generasi muda negeri ini.. ketika ada seorang tetangga bisa lolos masuk STAN, langsung terkenal seantero kecamatan…🙂

  12. Komposisi STAN selevel dengan Indonesia Idol dan Pemilihan Putri Indonesia, Hanya yang terbaik yang masuk audisi, Salut STAN semoga tetap Jaya
    Salam Takzim Batavusqu

  13. wedew, ganti theme ya kang…mantap…wah temen2 saya juga banyak yg masuk STAN..semoga gratis lg kayak dulu, he3

    met lebaran bro😀

  14. dila dan keluarga mengucapkan maaf lahir bathin. dimaafin yaa.🙂

    salam!

  15. SELAMAT IDUL FITRI 1430 H
    MAAF LAHIR & BATHIN … b0zzzz…

    Salam.

  16. MAs Dino, bunda pribadi dan keluarga mohon maaf lahir dan bathin,
    atas segala salah dan kata2 yg kurang berkenan,
    baik sewaktu berkomentar disini maupun dlm posting.
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H.
    Salam hormat utk keluarga .
    Salam.

  17. numpanng mampir sambil mau says,,,

    .:: SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITRI 1430 H, minal ‘aidin wal va idzin.

    mulai dari Nol ya Pak,,,

    dua kali nyoba, dua kali gagal,,,,,,wew, bye2 STAN……

  18. Kalo ngomongin STAN jd pgen balik nerusin DIV, tp kok kurang smanget ya.. Eh lupa,mhon maaf lahir batin ya akh..

  19. wah..apa iya kampus STAN akan dibuat seperti itu?…
    mudah2an bukan hanya wacana dan lagi semoga alumni2nya benar2 menjadi pelayan masyarakat, kan kasihan negara sudah bersusah payah mengeluarkan biaya untuk kuliah..hehehe….

    berbicara tentang pluralisme di kampus ini, kok di hati saya ada yang kurang sreg yah?…
    dulu selama menjalani kuliah di kampus tersebut, sepertinya saya gak begitu melihat adanya pluralisme mas (maaf kalo lancang, sekadar mengeluarkan uneg2….)
    soalnya, kadang kedaerahan masih dibawa-bawa dan seakan saling mengungguli. Trus, sebagai mahasiswa “non-jawa” saya kadang merasa minder, karena dalam pergaulan sehari-hari bahasa yang dipakai kawan-kawan rata2 bahasa jawa…

    tapi bagaimanapun juga, saya tetap cinta almamaterku…Maju terus Indonesia…
    “demi tanah air dan bangsa yang terus membangun…”

  20. Mirip di Akabri mas, seluruh suku ,bahasa,agama dan budaya ada disana. Tetapi kami semua sama.
    Salam hangat dari Surabaya

  21. hmmss……..kapan yach w bisa masuk STAN yang bonafit
    dan belajar dengan giat segiatnya agar mampu membangun bangsa ku ini OChhh

  22. waduh….
    bsa ga..nti gw msuk STAN..
    doain aq ya…

  23. bsa ga nti msuk stan…
    doain ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s