Hadiah

hadiahSaya rasa, semua orang akan senang jika mendapat hadiah. Terlebih jika hadiah itu diberikan oleh orang yang spesial, mungkin orangtuanya, saudaranya, suami/istrinya, atau mungkin oleh anaknya. Atau sekalipun bukan kerabat dekat kita.

Sabda Rasululloh SAW, “Hendaknya kamu saling memberi hadiah. Sesungguhnya pemberian hadiah itu dapat melenyapkan kedengkian.” (HR. Tirmidzi dan dan Ahmad)

Dalam satu hadits mursal, Imam Malik di dalam Al-Muwatha’ mengeluarkan hadis dari Atha’ ibn Abdillah al-Khurasani bahwa Rasul saw. juga pernah bersabda:
Saling berjabat tanganlah kalian, niscaya akan hilang rasa dengki; dan saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian kalian akan saling mencintai dan akan lenyap rasa permusuhan.” (HR Malik).
Hadits Malik ini statusnya adalah hadis mursal, karena Atha’ ibn Abdillah al-Khurasani adalah seorang tabi’in.

Hadist Abu Hurairah yang dikeluarkan oleh Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad, Abu Ya’la dalam Musnad-nya, an-Nasa’i dalam al-Kuna, dan Ibnu Abdil Bar dalam kitab at_tahmiid. Al-Iraqi berkata: “Hadist ini sanadnya baik” Ibnu Hajar berkata dalam kitab al-Talkhish al-Habir, “Sanadnya hasan”, ia berkata Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kalian harus saling memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai

Berbagai manfaat dapat kita peroleh dari pemberian hadiah;
1. Membina persepsi yang baik terhadap diri kita
2. Merapatkan tali hubungan
3. Melaksanakan tanggungjawab sosial
4. Menyemai benih iman dan mendidik berinfak di jalan Allah

Berilah hadiah, sebesar manapun materialnya, yang penting datang dari hati yang penuh ikhlas. Infak yang keluar dari seorang mukmin, menjadi seperti apa yang diumpamakan Allah, seperti benih. Dari benih itu menjadi pohon kebaikan yang tumbuh besar dan akhirnya berbuah.

Terkait dengan hadiah itu, hari Senin lalu, tanggal 31 Agustus 2009, saya menerima paketan dari pak Pos, yang ternyata adalah hadiah dari Guskar. Hadiah berupa Notebook Cooler Pad, karena menang quiz 17-an ala narablog. Dari 7 (tujuh) peserta, hanya 3 (tiga) orang yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar. Pertanyaannya yaitu: (Menjawab benar atau salah)

  1. S. Brata adalah nama pimpinan Barisan Pelopor yang meminta Bung Karno membacakan ulang naskah Proklamasi Kemerdekaan.
  2. Para pemuda yang tidak sabar, mulai mendesak Bung Karno untuk segera membacakan teks Proklamasi. Bung Karno menerima usulan para pemuda itu dan membacakan teks Proklamasi tanpa kehadiran Mohammad Hatta.
  3. Peristiwa penculikan Bung Karno dan Bung Hatta yang dibawa ke Rengasdengklok Karawang terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 bertepatan dengan hari Kamis Kliwon.
  4. Menjelang pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan, suasana di Jalan Pegangsaan Timur 56 cukup sibuk. Wakil Walikota, Soewirjo, memerintahkan kepada Mr. Wilopo untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan seperti mikrofon dan beberapa pengeras suara. Sedangkan Sudiro memerintahkan kepada S. Suhud untuk mempersiapkan satu tiang bendera. Karena situasi yang tegang, Suhud tidak ingat bahwa di depan rumah Soekarno itu, masih ada dua tiang bendera dari besi yang tidak digunakan. Malahan ia mencari sebatang bambu yang berada di belakang rumah. Bambu itu dibersihkan dan diberi tali. Lalu ditanam beberapa langkah saja dari teras rumah. Bendera yang dijahit dengan tangan oleh Ibu Fatmawati sudah disiapkan. Bentuk dan ukuran bendera itu tidak standar, karena kainnya berukuran tidak sempurna. Memang, kain itu awalnya tidak disiapkan untuk bendera.
  5. Rakyat perlu motivasi untuk mencapai tujuan dari cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, dan juga rakyat perlu pencerahan dalam berbagai masalah. Kita harus mempunyai program Jangka Panjang, Jangka Sedang Lima Tahunan serta Program Jangka Pendek Satu Tahunan. Kita harus memberdayakan rakyat agar mereka mampu memberdayakan dan mengembangkan potensi dan peluang yang ada.

Terima kasih kepada Guskar.

Baca juga tulisan ini:

  1. Anak Seribu Pulau
  2. Keberkahan Ramadhan

28 thoughts on “Hadiah

  1. wow..selamat yah mas dhino..
    sudah dapet hadiah dari mas guskar….

    lagi-lagi..kawan mendapatkan hadiah karena ngeblog…
    hebat..

  2. Selamat….
    Sukses terusss ya!
    Thanks sudah masang ling blogku🙂
    blog dino jg sudah sy link

  3. selamat ya dino..!!! semangat terus saling memberi dalam silaturrahim..

  4. Semangaaaaattttt…….!!!

    waa.. jadi kepingin juga dapat hadiaahh…!!

    hehe…

    Salam hangat buat sahabatku mas Dino….🙂

  5. Selamat ya mas atas hadiahnya. Tuhan memang sering memberikan rejeki dari arah yang tak disangka-sangka pada manusia yang beriman.
    Saya kemarin juga beli barang itu karena laptop saya kok panas terus.
    Maju terus dengan artikel yang menarik dan bermanfaat ya mas.
    Salam hangat dari Surabaya

    • Makasih Pakde. Pakde juga urun hadiah buku kan ya? Benar sekali pakde, dari arah yang tak disangka-sangka..
      Sepertinya emang laptop butuh cooler pad, apalagi sering dipakai dalam jangka waktu lama..kebetulan punya saya yang lama udah ga nyala lagi, ga tau kenapa..
      Salam

  6. Selamat ya Mas Dino… Kado spesial di bulan yang spesial… Semoga manfaat… salam sama mas Guskar, saya endak tahu ada quiz 17-an ala narablog, kalo tahu mgkn bisa meramaikan..🙂

  7. wah telat nie diriku mengucapkan selamat..pokoknya selamat ya mas, semoga barokah dan bermanfaat😀

  8. cinderamata td sebagai salah satu tali silaturahmi mas…
    ayo… mana apdetan-nya… he..he…

  9. Selamat ya Mas Dino, atas hadiah kemenangannya dr Guskar.
    apdet dong………………….
    Salam.

  10. ada ga yah yang mau kasih hadiah laptop + internet access, biar tambah rajin memberikan komentar di postingan sahabat
    ditunggu ditunggu

  11. whuaaah selamat ya… sukses terus ngblognya dan studynya tentunya…

  12. ikut membaca gan !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s