Cara Meningkatkan Likuiditas Pasar Modal

Likuiditas pasar finansial adalah kemampuan untuk menyerap secara baik,  aliran permintaan pembelian dan penjualan. Menurut Von Wyss (2004) kalimat ini tidak mampu menjelaskan secara utuh fenomena likuiditas karena likuiditas bukanlah variabel satu dimensi melainkan melibatkan beberapa dimensi lain (Brunner,1994).

Terdapat beberapa alasan mengapa likuditas harus diperhatikan di dalam perkembangan pasar modal diantaranya:

  1. Untuk dapat berperan dengan optimal dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, pasar modal haruslah likuid
  2. Di samping itu, pasar modal (saham dan obligasi) yang likuid memberi kemudahan kepada investor untuk melakukan investasi pada instrumen-instrumen dengan risiko dan imbal hasil (return) yang lebih bervariasi
  3. Fungsinya sebagai sumber alternatif pembiayaan bagi dunia usaha di negara mereka

Ada beberapa upaya yang dapat dilaksanakan untuk menjadikan suatu pasar menjadi lebih likuid, diantaranya dengan :

  1. Pemberian insentif pajak;
  2. Penerbitan aturan dual listing;
  3. Pemerintah perlu mengambil langkah-langkah yang mendukung terciptanya bursa saham yang lebih likuid dan lebih menarik bagi investor;
  4. Peningkatan integritas pasar modal;
  5. Memperluas basis investor lokal;
  6. Masuknya BUMN ke pasar modal akan mampu mendongkrak tingkat likuiditas pasar modal.\

Download lengkapnya.

15 thoughts on “Cara Meningkatkan Likuiditas Pasar Modal

  1. wah, info yang mantab dan sangat bermanfaat, mas, terutama buat mereka yang aktif dalam pasar modal.

  2. bloghicking lagi….
    mungkin ada menu baru buat buka puasa.

  3. wow… ajib. kagak ngerti, ustadz. hehe… tapi meski gak ngerti, ane komen ajah deh. hehe

    btw, ustadz, ada undangan dari dila di PERAYAAN SEDERHANA DISINI datengg ya..🙂

  4. Assalamualaikum,,,

    mas, ada artikel ttg likuiditas pasar dikaitkan dengan dividen perusahaan g? Syukron ya sebelumnya…😀

  5. Dik Dino….Apakah saya boleh meminta bahan-bahan tentang Likuiditas Pasar Modal untuk saya jadikan bahan referensi tugas Paper saya juga di Matkul Seminar Pasar Modal..??!!

    Kalo ada..minta tolong dikirim ke email saya yah Dik…

    Syukron….

  6. wah bagus nih…buat mata kuliah Pasmod,

    *ijin parafrase ya gan :)*

  7. Dik dino kok jelek banget sih papernya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s