ngeBlog isn’t a crime

blog is a crimeSaya mengenal blog sejak tengah tahun 2007, yaitu pas awal-awal saya punya laptop yang bisa wifi di kantor tempat PKL saat itu. Blog pertama saya ada di friendster, kemudian bersamaan dengan itu punya juga di blogspot. Saya menulis apa saja yang igin saya tuliskan, yang memang sebagian besar tentang diri saya, baik perenungan maupun kisah keseharian yang bisa diambil ibrohnya. Kemudian saya menambah blog lagi di multiply, yang sebenarnya gabungan antara blog dan social network. Kemudian saya juga membuat blog di wordpress awal tahun 2009. Karena sebuah “kecelakaan” saya pun menambah blog lagi di blogspot. Terakhir, baru hari ini saya buat, yaitu blog di blogdetik, ini karena ingin mengikuti lomba menulis Merah Putih Indonesiaku. Sampai saat ini, total ada 5 blog yang saya miliki.

Actually, saya mulai getol dengan yang namanya ngeblog sekitar bulan Maret 2008, yaitu pas jadi aktivis multiply. Bahkan setelah menikah di bulan Juni 2008 pun, tidak menyurutkan semangat untuk ngeMPi. Kemudian awal 2009, saya lebih banyak nulis di wordpress. Hingga sekarang ini saya lebih banyak nulis di wordpress.

Menulis tanpa tendensi apa-apa. Terkadang ada semacam pikiran yang melintas, saya nulis agar dapat komentar dari blogger lain, atau saya nulis agar menang kontes. Oleh karena itu, sering blogwalking. Nah, inilah yang terkadang membuat diri ini merasa bersalah. Berlama-lama di depan laptop, bisa 3 jam lebih sekali duduk di depan laptop (bisa dapet 3 juz tuh kalo untuk tilawah).

Kalo saya mulai membuka laptop dan menyalakan koneksi internet, maka mulai pula rasa bersalah saya,Β  terutama pada istri dan anak saya. Istri sampai cemburu dengan mengatakan, “Itu blog dah kayak istri aja, dirawat mulu”. Memang, akhir-akhir ini jadwal kuliah saya di semester 9 lumayan longgar, jadi banyak waktu di rumah, dan tugas tidak terlalu menumpuk seperti semester sebelumnya. Walhasil, ngeblog jadi pelampiasan.

Okelah, ngeBlog isn’t a crime. Tapi kalau dengan ngeblog malah bikin jadi nggak ngapa-ngapain kan ya jadi tidak manfaat. Karena ngeblog, lupa makan, karena ngeblog, lupa kalau disuruh masang kelambu, karena ngeblog, mengganti celana anak yang ngompol jadi tertunda. Yang paling parah dan semoga jangan pernah terjadi, karena ngeblog adzan sholat pun tak dihiraukan, tak segera beranjak dan pergi ke masjid. Naudzubillah.

Marilah proporsional dalam mebagi waktu ini (mengajak diri sendiri). 24 jam kita gunakan untuk ibadah, istirahat, bekerja, dan belajar.

28 thoughts on “ngeBlog isn’t a crime

  1. simple keren bagus. hohoho sipppp

  2. Saya Setuju sekali….!! ngeblog jangan sampai lupa waktu…!!
    yang terutama jangan sampai melupakan kewajiban sama Allah SWT..

    Makasih atas kunjungannya ke blog saya…
    Salam sejahtera selalu buat Dino…πŸ™‚

  3. setuju dino..!! semuanya harus proporsional

    sampai lupa pasang kelambu si kecil.. hmm, harusnya dino dijewer tuhπŸ™‚
    apapun itu bila sudah tak proporsional lagi pasti akan beri dampak tidak baik
    biasanya kita masing” tahu ukurannya.. kapankah harus mulai kontrol diri..

    • Iya Bundo, sedang belajar proporsional dalam membagi waktu. Dulu waktu Diploma III, seakan waktu sangat sedikit, dengan bertumpuk kegiatan.

      Benar sekali, yang tahu ukuran proporsional dan tidak adalah diri kita sendiri. Dan saat ini saya merasa, masih belum proporsional membagi waktu. Astaghfirulloh.

  4. ntar lama2 si kecil ikut2an ngeblog.. hehehe..

    • Smoga nggak se-addict abinya, mbak…hehe.. Tapi pernah juga sih, ngeblog sambil nggendong si kecil di pangkuan..dia juga ikut ngeliatin layar laptop..hehehe

  5. Setuju mas, thanks atas postingnya untuk berbagi waktu
    Salam sukses dan sejahtera,

  6. Alhamdulillah dapet pencerahan… hal ini yang belakangan ingin saya tulis… rupa-rupanya mas Dino pun mengalami hal yang sama… Gara-gara ngeblog banyak kegiatan kecil yang cendrung ditinggalkan (tidak ditinggalkan tapi minimal kena semprot dr org terdekat di rumah). Betul sekali kuncinya proporsional, namun terkadang susah untuk menghindari berlama-lama di depan PC.

    • Memang segala sesuatunya tidak boleh berlebihan sih cas, tapi ya itu, kadang “hawa nafsu” selalu menang mengalahkan akal pikiran, walhasil berlema-lamalah di depan laptop untuk ngeblog. Dilematis yak…

  7. Saya juga begitu je, sering duduk lama2 didepan laptop.Untung rumah sudah saya pasang plugin “otomatisasi”. Kalau hujan, jendela langsung nutup sendiri,kalau lapar, paket nasi dan lauk pauk langsung datang,kalau lagi kangen ha hi hu, isteri langsung ngamplok.
    Kalau mau masang plugin itu kunjungi : ngibul dot kom.

    Kodok ya kodok, rambutan ya rambutan
    Ngeblog ya ngeblog, jangan sampai lupa daratan

    Btw, awardnya saya pasang di blog baru ya mas, blog lama dah banyak awardnya. makasih
    Salam hangat dari Surabaya.

    • Ah, itu mah pluginnya orang tua, ada yang bisa disuruh-suruh..lhah kalo kite-kite kan masih enom Pakdhe, yang ada kita yang disuruh… he8x.

      Wah bagus tuh pantunnya..bisa ajah ni Pakdhe.

      Nggih pakdhe, dipasang di “istri” barunya juga boleh… terima kasih sudah mau menerima awardnya..

  8. Sependapat Mas, ngeblog memang bukan kejahatan, tetapi ketika ngeblog berubah menjadi mahluk yang serakah dengan waktu kita, perlu dipertimbangkan lagi, minimal harus ada alokasi waktu. Sehingga tidak menyita waktu untuk keluarga. Kalau saya, karena kebetulan bekerja berpisah dari keluarga, ngeblog saya manfaatkan untuk mengisi waktu agar tidak jenuh, sekalian bisa YM dengan anak-anak. Salam.

    • Wah, subhaanallah. Memang harus pintar menggunakan pisau. Pisau itu bisa bermanfaat baik namun bisa juga untuk membunuh. Nah, tergantung kita kan ya, memakainya untuk apa. Semoga kita bisa menjadi blogger yang tidak autis terhadap lingkungan.

  9. Setuju, Mas Dino.
    Sekaligus terima kasih sudah mengingatkan,
    memang sebaiknya kita melakukan apapun dlm kehidupan ini jangan berlebihan, yg sedang2 saja……………….
    sesuai dengan porsi masing2.
    salam.

  10. hohohoh… lumayan tergambar di kalangan blogger. hehehe…

    tapi iya juga ya? gw bisa 6 jam-an ngeblog doangπŸ˜€

  11. wah..sudah azan sudah memanggil tuh mas…
    terima kasih nasihatnya…saya sholat dulu…

  12. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG β€˜TUK SAHABATKU TERSAYANG

    I LOVE YOU FUUUULLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

    hehehe.. candu asmara.. candu internet

  13. Benul sekali mas… gara-gara ngeblog Besok Tryout UKT belum belajar sama sekali neh…
    Tunggu aku di merah putih Indonesiaku mas…πŸ˜€

  14. πŸ˜€ bener Mas… saya juga pernah begitu jadi malu sendiri karena ada yang nulis tentang ini… Makasih Mas sudah diingatkan…

Leave a Reply

