Tarhib Ramadhan 1430 H

RamadhanBersamaPKS_3Waktu begitu cepat berlalu, bulan demi bulan terus berjalan, dan akhirnya sampailah pada bulan Sya’ban dan – insya Allah – sebentar lagi kita menyambut datangnya bulan Ramadhan 1430 H. Bulan diwajibkan berpuasa bagi orang-orang beriman sebagai tarbiyah untuk mengantarkan mereka ke derajat muttaqiin..

Puasa bermakna imsak atau menahan diri dari makan, minum dan segala sesuatu yang membatalkannya dari waktu fajar sampai tenggelam matahari. Esensi puasa bermakna pengendalian diri dari hal-hal yang merusak dan dari memperturutkan selera hawa nafsu. Dan di antara hikmah dari ibadah Ramadhan adalah adanya kebersamaan saat ifthor dan saat memulai puasa, kebersamaan dalam ibadah shalat Fardhu dan shalat Tarawih serta kebersamaan dalam aktifitas ibadah lainnya. Kebersamaan ini juga diharapkan terjadi pada penetapan awal Ramadhan dan Idul Fitri. Kesiapan bersatu dalam hal yang prinsip adalah bentuk kematangan dalam beragama, sebagaimana kesiapan berbeda dalam cabang agama adalah bentuk toleransi dan kedewasaan dalam beragama.

Bulan Ramadhan datang pada saat umat muslim membutuhkan kekuatan iman dan ruhiyah untuk menghadapi kondisi sulit dan berat dalam kehidupan mereka. Dan dengan datangnya bulan Ramadhan, Allah SWT. memberikan tambahan energi kekuatan iman dan ruhiyah, sehingga posisi mereka meningkat naik jauh melebihi permasalahan yang dihadapinya. Maka dalam suasana keimanan dan ruhiyah yang kuat, umat muslim dapat sukses mengatasi segala permasalahan hidupnya.

Bulan Ramadhan tahun ini, kondisi umat muslim di dalam negeri baru saja menyelesaikan hajatan nasional yaitu pileg dan pilpres dengan hasil yang cukup sebagai modal untuk melanjutkan perjuangan berikutnya. Tetapi pada saat tensi
politik Indonesia menurun pasca pilpres, umat muslim sudah disibukkan kembali oleh peristiwa Bom Mega Kuningan yang menewaskan 9 orang dan puluhan lain korban luka. Kembali lagi umat muslim, terutama tokoh-tokoh umat harus bekerja ekstra keras untuk memulihkan citra Islam dan umatnya, bahwa Islam agama rahmat dan cinta damai dan tidak pernah mengajarkan terorisme kepada umatnya.

Sedangkan kondisi umat muslim di dunia Islam masih memprihatinkan, terutama di Palestina yang masih terjajah, masjidil Aqso di bawah cengkraman penjajah Zionisme Yahudi, begitu juga di Irak, Afghanistan, Mesir, Pakistan, Tunisia dll. Mereka belum mendapatkan hak kemerdekaannya secara sempurna. Sementara itu umat muslim yang tinggal di negara-negara minoritas muslim, seperti, Cina, India, Thailand, Burma, Philipina, negara-negara Eropa dan Amerika, masih jauh dari nilainilai ideal.

Dalam suasana seperti ini, bulan Ramadhan datang. Bulan Ramadhan bukan untuk membuat umat muslim lemah, lesu dan tidak berdaya, karena melaksanakan ibadah shaum, tilawah Al-Qur’an dan Tarawih. Tetapi Ramadhan harus membuat umat muslim lebih kuat, bersatu, bersemangat, berani dan berjihad membebaskan dominasi musuh-musuhnya, baik musuh berupa syahwat dan syetan maupun musuh dari orang-orang kafir yang mengadakan kerusakan di muka bumi. Demikianlah yang terjadi dalam perjalanan sejarah umat muslim di bulan Ramadhan.

Memasuki momentum Ramadhan yang sangat baik ini, umat muslim harus mempersiapkan diri dengan baik sehingga Visi Ramadhan dapat tercapai, yaitu terealisirnya ketaqwaan. Ketaqwaan yang sebenarnya diseluruh lapangan kehidupan.  Ketaqwaan di rumah, di masjid, di kantor, di sekolah dan kampus, di pasar, dan ketaqwaan dimana saja kita berada. Ketaqwaan inilah yang melahirkan keberkahan dari langit dan bumi, pembuka pintu rahmat Allah SWT dan jalan keluar dan solusi atas segala krisis multidimensional.

Graphic1

(ini adalah taushiyah dari Dewan Syari’ah Pusat Partai Keadilan Sejahtera, untuk selengkapnya bisa didonlot di sini)

Gambar dari: http://8-pks.blogspot.com/

16 thoughts on “Tarhib Ramadhan 1430 H

  1. lho? orang PKS ya?? istrinya pasti berkerudung… hehe (sok tau banget yak?)

  2. Puasalah dari hawa nafsu selama 24 jam sehari dan 365 hari setahun..
    salam sayang

  3. harapan saya sederhana saja, semoga dalam melalui ramadhan tahun ini lebih baik dari pada tahun2 sebelumnya dan mendapatkan predikat org yang taqwa, dlm arti yg seluas-luasnya.
    marhaban yaa ramadhan..😀

  4. Artikel yang mencerahkan jiwa menyongsong bulan Romadhon.
    Semoga Allah Swt memberikan kesehatan yang prima dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sehingga kita dapat menyambut dan melaksanakan ibadah yang lebih giat dan lebih khusuk, tawaduk, ikhlas di bulan nan suci itu.
    Salam hangat dari Surabaya.

  5. mari kita dekatkan kita pada Allah melalui AlQuran di Bulan Turunnya
    AlQuran…

    Yuk kita bikin target tilawah dan tahfizh…🙂
    (pasti mas Dino dah bikin targetan Ramadahan tahun ini ma istri..)

  6. Selamat menjalankan ibada Puasa di Bulan Ramadhan buat saudaraku mas dinoyudha… juga buat saudaraku yang lainnya…
    🙂

  7. lagi2 terharu ! ‘ah, bodohnya aku…!!!’ kapan bis nge-posting tulisan yang bermakna seperti ini !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s