Reformasi Birokrasi..Bisa!!

reformasi_birokrasiReformasi birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan, ketatalaksanaan (business process), dan sumber daya manusia aparatur. Reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Dengan kata lain, reformasi birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

Dulu, ketika mendengar kata birokrasi, maka pikiran kita akan langsung menuju kepada sesuatu hal yang berbelit-belit, penuh dengan pungli atau pungutan liar, dan wajah-wajah para birokrat yang seram serta tidak ramah. Banyak anekdot yang dibuat untuk menggambarkan betapa bobroknya pelayanan birokrasi kepada masyarakat. Ya, mungkin saat ini pun masih terdengar pula citra buruk yang sama dengan masa beberapa puluh tahun yang lalu. Namun paling tidak sudah ada perbaikan yang signifikan.

changePada tahun 2007, Pemerintah (dalam hal ini Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara), memulai langkah yang strategis dalam rangka perbaikan kualitas pelayanan publik, yaitu melalui reformasi birokrasi yang terarah. Upaya ini sudah terlihat dengan adanya perbaikan pelayanan umum kepada masyarakat di 3  instansi/lembaga negara yang menjadi pilot project reformasi birokrasi. Segala sesuatu yang kiranya dapat mengingatkan seseorang pada pengalaman buruk di masa lalu akan dibuang jauh-jauh dan digantikan dengan pelayanan modern ala swasta. Salah satu contoh yang sangat terlihat yaitu adanya perbaikan pelayanan dan berbagai kemudahan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Penyampaian Nota Keuangan dan RAPBN 2010 yang baru saja kemarin dibacakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, memberikan nafas segar bagi reformasi birokrasi di Indonesia. Hal ini karena akan adanya kucuran dana yang cukup untuk penerapan reformasi birokrasi di kurang lebih 13 instansi pemerintah.

Saya sangat yakin bahwa reformasi birokrasi di Indonesia ini akan berhasil memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh lebih baik lagi. Tentunya berbagai dukungan seperti dana, komitmen pimpinan dan segenap sumber daya aparatur negara, serta kepercayaan dari masyarakat diberikan dengan berkesinambungan. Sehingga citra buruk yang dulu pernah disandingkan pada birokrasi pemerintah akan segera berganti dengan berbagai komentar-komentar positif yang menunjukkan kepuasan pelanggan. Indonesia pasti bisa. Nothing Imposibble!

Tulisan ini diikutkan pada kontes blog bertajuk “Nothing Impossible (Tak ada yang tak mungkin)” yang diadakan oleh dindasmart.com. Berikut adalah ketentuan mengikuti lomba:

  1. Peserta menuliskan artikel bebas bertema Nothing Impossible / Tak Ada yang Tak Mungkin (temanya loh, bukan judulnya. Tema boleh jadi judul kok!) di blog.
  2. Peserta juga menuliskan info tentang lomba ini di blog. (boleh disatuin, bloeh dipisah dengan tulisan pokok.)
  3. Peserta kemudian mendaftarkan dirinya via e-mail ke kontes[at]dindasmart.com dengan subjek : Blog Contest Nothing Impossible formatnya :
  4. Batas akhir pensubmittan artikel hingga tanggal 10 September 2009 dan pemenang akan diumumkan tanggal 15 September di Blog ini.

Nama :

E-Mail :

Alamat Rumah :

No.Telp/HP :

Alamat Blog :

Alamat Artikel :

76 thoughts on “Reformasi Birokrasi..Bisa!!

  1. owh ada kontes ya, ikutan ya, ya moga2 citra buruk “birokrasi” bisa berkurang

  2. oiy pak link mu uda tak pasang, link balik ya. makasih

  3. Sudah saatnya untuk melakukan reformasi itu mas. Saya yang dah 32 tahun berada didalamnya kadang-kadang terasa. Tapi harus ada tekad yang kuat untuk memulai.
    Selamat ikut kontes semoga berjaya.
    Salam dari pakde di Surabaya.

    • Wah, tentunya Pakde (ngga mau panggil YangKung lagi) yang lebih paham seluk beluk birokrasi pada jaman dulu. Mungkin memiliki argumentasi atas citra yang diberikan masyarakat.

      Terima kasih Pakde.
      Salam hangat selalu..

  4. tak ada yg tak mungkin… semangat dan terus berusaha…. insyaAllah berhasil!!!

  5. there is neither change nor power except by means of Allah
    there is no transformation or strength except through Allah
    there is neither progress nor might except through Allah

  6. Reformasi setengah hati.. finger print tp konsinyering gak penting bertebaran… DL berlebihan.. semangat merealisasikan anggaran yg berlebihan dan tak benar..

    perlu waktu yg lebih lama untuk benar2 tereformasi..

    • Semuanya butuh proses. Dan sebenarnya inti dari reformasi birokrasi ada pada perbaikan kualitas sumber daya manusia, sedangkan remunerasi, finger print, itu bukan refomasi birokrasi. Itu hanya alat menuju ke sana. yang terkadang orang menganggap bahwa wah sudah remun, berarti kinerja harus meningkat donk. harusnya kebalik, kinerjanya udah bagus, baru remun.. ya gak?

  7. Keren2. Semoga berhasil. Amien. Tp sayang makin tua otakku makin lemot, berat din, mbok buat tophk yg ringan. Kyk yg ttg jilbab pertama putrimu ato rumahmu, itu keren abis penulisanna. Simple tp ngena bgt. Halah aq ngm opo tho iki, ni cm pandangan org awam din >,<
    Harap maklum

  8. reformasi birokrasi itu mengubah yang berbelit menjadi tidak berbelit!

    v(^_^)

  9. sebelnya kalo denger2 kata reformasi… org2 mikirnya remunerasi… kudu dirubah mindsetnya…

  10. gak yakin… banyak pejabat yg gak suka ama reformasi ini
    kayaknya musti nunggu 20 taon lagi baru bisa diliat hasilnya
    sekarang…. no.

  11. haddiiirr…
    pagi2 mengunjungi rumah sahabat, siapa tau kebagian secangkir kopi hangat… MAntap…!!!
    cu..

  12. yup… pasti BISA.😉

  13. InsyaAlloh bisa. Tapi kok point of viewnya kok seolah-olah karena “kucuran dana” ya? Kalau melihat dari tulisan dimana kucuran dana menjadi central dari perubahan. Apa pemahaman saya yang salah? Atau mungkin posisi kata-katanya aja kali ya…

    Semangat! Lagi-lagi saya doakan moga menang. Amin.

    • Iya, yang saya kritisi sebenarnya persoalan kucuran dana. Kalau kucuran dana sudah ada, tapi tidak ada perbaikan kinerja kan sama saja. Sebenarnya mind set nya seharusnya ada kinerja dulu, baru ada reward berupa remunerasi.

  14. hadddiiirrrrrrr…

    Hhmmm.., topik yg sangat menarik untuk sebuah kontess…
    mantapp.. mantapp..!
    cu…

  15. waahh… kalo udah urusan birokrasi udah deh. gak ngerti:mrgreen:

  16. semoga saja birokrasi bisa benar-benar tereformasi..soalnya saya sudah eneg dengan segala macam birokrasi di Indonesia ini..
    hhmm, untuk lombanya saya juga mo ikut ahhh..hehehe
    salam sukses selalu

    • Yup, semoga kita semua bisa mewujudkan itu. Tidak menunggu dia atau mereka, tapi kita lah yang harus bergerak. insya Allah, pasti bisa. nothing impossible..

  17. kalo birokrasi berjalan sesuai aturan dan didukung dengan perilaku manusia yang bener, negara ini akan cepet maju

  18. terus gimana kontest nya kawan. menang ga. selamat perbuasa ya .mohon maaf lahir batin

  19. aji mengucapkan selamat berkompetisi,
    ..semangat..

  20. reformasi birokrasi…………
    tidak bisa !!

  21. jalan – jalan yoo

  22. Ayo kang, pasti bisa… Saya udah enek mual sama birokrasi dan borokrasi di beberapa instansi negeri ini. Sebenarnya instansi nya sudah bagus, cuma oknum-oknumnya ini. Jadi oknumnya yang harus di vermak habis. Insha Alloh BISA.

    Semoga kontesnya mendapatkan hasil yang terbaik,,, artikel yg bagus kang…

    • Nah itu dia, sebenarnya cuma oknum yang bikin reformasi birokrasi ini stagnant, tapi saya yakin, dengan perbaikan sumber daya manusia di instansi pemerintah, reformasi birokrasi akan berhasil…insya Allah

      makasih cas..

  23. ah masa? butuh orang kayak gw? hahhaha *tersanjung*

    Anda dapat award lho dari saya. Silahkan di-cek di sini

  24. Nampaknya otak saya masih belum sanggup memahami yang beginian.

  25. link sudah saya pasang

  26. Sayang WP gratisan enggak boleh ikut kontes. Salam kenal ya mbak.

    dino: kalo kontes nulis, boleh lah, yang ngga boleh kontes SEO. Saya laki-laki, mbak.

  27. din, sori nih OOT,🙂 cara masukin widget page rank tu gmn ya?

  28. Hidup Reformasi, semoga kita sebagai pemuda bisa meneruskan perjuangan bangsa ini. Salam….

  29. biar mudah birokrasinya harus ada pelayanan satu atap
    hayooo bro… update teruszssss

  30. kontes lagi….
    bagaimana hasilnya, nih?

  31. Birokrasi di negara kita memang sudah sangat kompleks….
    ayo ikutan kang,,,,, maju terussss!

    • Sangat kompleks apanya kang dede? sangat kompleks masalahnya atau sangat kompleks sistemnya? Intinya sih, memang birokrasi sebisa mungkin dibuat lebih nyaman untuk masyarakat. Birokrat itu kan sejatinya pelayan masyarakat.

  32. bisa sih bisa…tapi berapa lama?

    • kalo ditanya berapa lama, saya berpendapat tidak lama lagi. Departemen Keuangan butuh waktu kurang lebih 3 tahun untuk mempersiapkan reformasi birokrasinya..CMIIW.

  33. yups sudah lebih baik
    tapi yang diragukan adalah di wilayah pinggiran atau pedesaan
    kalo di kota-kota, mereka lebih hati-hati karena warga kota lebih kritis

  34. sepertinya butuh waktu yg lamaa …

  35. hemmm gimana ya…… masih pesimis untuk waktu dekat…tapi optimis untuk jangka panjang…. nothing impossible to…

  36. Era reformasi sudah lama di dengungkan sejak beberapa tahun silam, sekarang baru mau reformasi birokrasi. Tanggung 10 tahun lagi aja [ Just My Opinion ]

  37. Hmm.. artikelnya agak OOT (out of topic) sebetulnya.. tp nice..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s