Baitiy Jannatiy

dreamhome

Titi Gemi.. Nek kowe durung nduwe omah, ojo pengen sing neko-neko..

Sebagai pengantin baru 1 tahun, saat ini saya dan anak+istri masih mengontrak di rumah yang menurut saya lumayan besar dengan biaya sewa per tahun yang terbilang cukup murah di bilangan Matraman Jakarta Timur. Kalau melihat kondisi beberapa teman satu angkatan saya, ada yang sudah menyicil rumah mewah di kawasan elit, tentunya dengan harga yang mewah pula untuk ukuran PNS seperti saya (padahal mereka juga PNS). Kemudian yang sedang saya lakukan saat ini adalah berinvestasi dalam bentuk dinar, yang kemudian suatu saat nanti jika sudah waktunya, akan saya tukarkan dengan sejumlah uang untuk membangun/membeli/menyicil rumah impian kami.

Terkadang pikiran sebagai seorang PNS yang sangat rawan untuk dipindah-pindah ke berbagai penjuru nusantara dalam kurun 4 tahunan, menyebabkan saya berpikir ulang untuk menyicil rumah dalam waktu dekat ini. Selain belum adanya kepastian untuk tetap tinggal di kota tersebut, juga belum ada uang cukup untuk bayar DP.

Terinspirasi dari rumah yang saya tempati kurang lebih satu bulan di Australia, secara fisik saya berkeinginan memiliki rumah mungil berbahan kayu yang minimal, bertingkat dua dengan nuansa pedesaan, rumah yang sejuk, asri, tidak panas, tidak pula dingin. Ada semacam balkon di lantai dua yang dapat digunakan untuk memandang indahnya langit malam bersama istri, atau mungkin atap yang dapat dibuka tutup. Kemudian, ada tamannya yang bisa digunakan untuk kemah kecil-kecilan dengan keluarga. Ada tiga kamar, dengan ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, ruang bermain anak, kamar mandi kering, dapur kering, serta peralatan rumah tangga yang modern dan canggih. Juga yang tak boleh terlupa, garasi mobil yang cukup untuk satu mobil saja.

newdreamhome

Dengan tidak melupakan fasilitas penunjang yang tentunya sangat diperlukan dalam keseharian, maka sarana menuju ke pusat kota menjadi hal yang penting. Begitu pula dengan sarana pendidikan dan kesehatan. Saya sangat berkeinginan memiliki rumah yang dekat dengan sekolah Islam Terpadu (TKIT/SDIT/SMPIT), agar anak-anak kami kelak dapat mengenyam pendidikan yang berkualitas dan islami. Kalau bisa, dekat pula dengan kantor saya dan juga kantor istri.

Secara spiritual, saya sangat mengharapkan rumah yang dekat dengan masjid, pusat studi Islam, banyak tetangga yang ramah dan baik serta shaalih.ย  Tentunya adab-adab bertetangga ala Rasulullah saw bisa diterapkan di sini. Yah, itu harus donk, harus seimbang antara fisiknya dan spiritualnya. Karena saya ingin menjadikan Baity Jannatiy, Rumahku Surgaku.

0002(1)

Tulisan ini dibuat dengan ide dari propertykita.com, dalam blogging competition ’09 nya, bertajuk, “Rumahku Impianku“. Propertykita.com adalah sebuah situs properti online yang menyediakan informasi mengenai daftar rumah dijual dari berbagai wilayah di Indonesia. Propertykita.com juga menyediakan artikel-artikel bermutu seputar membeli rumah, perencanaan keuangan (oleh Safir Senduk lho), aspek hukum dalam transaksi properti, memilih agen properti, tips dan trik renovasi rumah dan lain-lain.

Gambar dari: google: Makedreamhome.com, http://blogs.phillyburbs.com/, http://img.hgtv.com/,http://www.zorzibuilders.com.au/

134 thoughts on “Baitiy Jannatiy

  1. BPK mutasi 4 tahunan ya? waduh terancam jadi kontraktor nanti… mending membangun rumah di kampung halaman saja sekalian, buat tinggal esok di hari tua.

  2. Semuga menang mas, tak dukung dan tak dongakkan ya๐Ÿ™„

  3. Alhamdulillah pak semoga berkah dalam kehidupannya . selamat pagi . Assalamualaikum

  4. haddiiirrrrrr…..
    pagi2 gini olah raga dulu, jalan-jalan ngunjungi sahabat tersayang, sapa tAu ada kopi item panas bin kentel ama pisang goreng anget… Hhhmmm… Nyammy…
    semoga kebahagiaan menyertaimu hari ini
    cu…

    • hhhmmm… ikut kontes tho?
      ok ok… gudlak ya …
      btw tulisan yang bagus, harapan yang indah…
      baiti jannati…. aku juga sedang menoba membangun itu
      cu…

    • Pagi-pagi olahraga? hiks, mengingatkanku akan kemalasanku berolahraga, walhasil diberi teguran oleh Allah swt dengan sakit. Pagi-pagi dapet kopi item panas, asal bukan pagi-pagi dapet kopi pait aja ya..

      • dapet kopi panas alhamdulillah dapet kopi pait juga alhamdulillah selama tuan rumah menghidangkan dengan tulus sepenuh jiwa raga..
        kqkqkqkq…. kapan penhgumumannya bro???
        di tunggu makan2nya yach
        cu…

  5. Hmmm.. rumah antum yang sekarang itu ?? yang di Jl.Buni itu kan ??? Hmm.lim. belum tahu dalamnya kayak gimana.. baru tahu depannya doang-an… tapi, eamnga adem sih.. ru,mah tetangga kanan kiri banyak pohonnya. tapi, kayaknya perlu antum design ulang untuk bagian depan rumah akhy.. Hehe.. just opinion..

  6. Wah lagi ikut kontes ya..semoga berhasil..boleh nanya enggak, kok bisa sih, mas enggak bisa komen di blogspot?emang kenapa ya?

    • Kalo hasil baca-baca dari internet, katanya karena saya pakai broadband 3.5G. Entah hubungan di mana, cuma katanya sih begitu. Ada pemecahan masalahnya, katanya pemilik blogspot-nya harus mengganti settingan language nya dengan English. Iya ikut kompetisi. doain ya.

  7. Selamat pagi Mas Dino… Sepertinya kita akan tetanggan… Hehehe… Rumahnya persis seperti impian saya kelak, ada balkon tempat bermain-main dgn anak dan istri…

    Semoga menang kontesnya ya Mas…

  8. Asalamualaikum

    jejak ini saya tinggalkan untok memberitahu kehadiran saya dan diharapkan anda boleh menjejaki saya untok bertukar fikiran dan pengalaman.

    terima kaseh dan salam perkenalan.

    • Wa’alaikumussalam wr wb..
      Inggih, insya Allah pak.. Matur nuwun sampun silaturrahim..

      Salam perkenalan.. menuju ke TKP.. btw, TKP nya di mana ya?

  9. kunjungan senin pagi…

    wah sama persis dengan yg saya idamkan ….

    selamat berjuang…. tetap semangat…

  10. pengalaman saya nih mas.. mumpung belum terlambat mesti investasi beli tanah di kampung, mengingat kerja sll pindah2. tp klo nggak nekat menyisihkan uang untuk rumah dr sekarang, takutnya malah nggak sempat. masa pensiun masih tinggal di rumah kontrakan, ga mau kan?

    • Iya bener banget Gus.. pernah sih kepikiran seperti itu, tapi mungkin belum dalam waktu dekat ini. Pengalamannya Gus pasti dah banyak buanget..
      Semoga pensiunan kelak sudah punya rumah sendiri yang bisa menjadi tempat bercengkerama seluruh keluarga, yah paling nggak saat Idul Fitri.. ya kan Gus?

  11. Bundo doakan dua”anya.. menang kontes dan rumah idaman tercapai
    klo bundo sekarang masih numpang dirumah orang tua

  12. nyari inspirasi dulu ah, btw met berkompetisi ya

  13. semoga menang dan semangat terus yah mas…

  14. mo ikutan jugaaa aaahhh, tapi masih blom ada ide๐Ÿ˜

  15. hm… maksudnya blogspot ga bisa di komen? bisa kok, tapi emang ga kaya wp gini, bisa nested comment๐Ÿ™‚. hihihi.. makasih supportnya… ntar sayah mikir duyu apa ya idenya๐Ÿ˜€

  16. salam kenal aja ..n sukses..bagus bagus

  17. beli d bekasi aja yuk, di sini ada SDIT/SMPIT Thariq bin Ziyad sama Avicenna lho…
    yg terakhir jadi sarana Aula, Lapangan dan Kelas gratis buat kegiatan kita

  18. udah saya pasng link nya dino.. sekarang giliran dino pasng link saya ..oceh?

  19. Wah, apik tenan mas rumahnya, mudah2an terkabul untuk memiliki rumah sebagus itu. Saya dulu juga tinggalkan di mess Kodam V Matraman mas.
    Saya punya rumah secara nyicil setelah 22 tahun dinas mas.
    Salam hangat dari pakde di Surabaya.

    • Aamiin, semoga bisa terwujud memiliki rumah impian..
      Oh di matraman juga ya dulu? hhihi
      22 tahun nggih? wah, semoga saya ga selama itu deh..๐Ÿ™‚
      Salam hangat selalu..

  20. Link udah dipasang, bro…!

  21. nabung dinarnya yg rajin ya pak…. diseriusin, biar terwujud rumahnya… gak enaknya nabung dinar itu, klo lagi ada apa2, kepingin cepet dicairin ajah dinarnya… hehe

  22. Wah sampeyan ikut juga mas dino… SUkses dah rumahnya….

  23. salam kenal mas dino

  24. Hadoooooh postingannya sama nyaaaak harusnya ikuan juga masih bisa enda yaaaaaaa.. di update.. hehehe..
    Salam Sayang

  25. berhubungan sama property kita… tampaknya asik yah kalo bisa punya rumah seperti ituh..

  26. Assalamu’alaikum,
    Sama-sama Mas Dino, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Semoga menang kontes ya…
    (Dewi Yana)

  27. Assalamuโ€™alaikum Wr.Wb,

    Kenal kan saya Hilal.

    Artikelnya menarik juga mas Dinoyudha,
    Kalo boleh sharingl, untuk membeli rumah tidak selamanya harus
    memakai DP lho, tanpa DP pun bisa (bahkan dapat Cash back),
    jadi Alhamdulillah ada rumah yang saya beli tanpa DP dan ada yang malah dapat uang. ; )
    Ini pengalaman saya sendiri.

    Tapi waktu itu saya pake bank konvesional (BCA dan Mandiri),

    Insya Allah nanti saya akan coba secara Syariah,

    mas Dinoyudha bisa akses di link berikut.

    http://spiritualpreneurship.com/?id=hilal

    Wassalam

    Hilal

  28. nah.. kalo yg begini .. saya pasti dukung abis2an !!
    semoga jadi pemenangnya..

    Pengantin baru , rumah baru…
    waah… manteb.

    Salam persahabatan.

  29. Betul sekali mas, kalo belum terlambat, perencanaan rumah terutama kaitannya dengan kedekatan dengan masjid (seperti rosululloh) dan tempat pendidikan nyang islami sudah layaknya dipikirken terutama bagi pasangan muda. Alhamdulillah kalo mimang masih bisa, gak seperti jue, nyang udah dipathok bangkrong ama rumah mertua, karena jue juga hanya moro balung thok๐Ÿ˜€ Terakhir, semuga berhasil menang dalam blogging competition property kita nya mas.๐Ÿ™„๐Ÿ˜€

  30. Wah pengantin baru nih๐Ÿ™‚

  31. waaww… gw tertarik sama fotonya. gilee… rumahnya rapih bangeett. pengen tuh rumah kayak gitu. apalagi mobilnya Nissan Skyline… beuh~

    thanks udah maen ke blog gw. maen lagi juga boleehh๐Ÿ˜€
    salam ganteng dari diazhandsome

    • moga twujud deh keinginanmu yaz…
      nissan skyline? masa depan mah dah gak laku… yg laku yg ramah libgkungan…
      pasti balik,insy.. bagus sih blogmu..

  32. Selamat…!!! Anda Dapat AWARD…! Diambil ya…! Salam…

  33. Assalamualaikum, wr.wb. cita-cita anda adalah sangat mulya, betul tanpa keseimbangan sudah jelas akan membawa ke jurang kehancuran…

  34. duuh.. rumah impianku seperti apa ya…
    ah untuk sekarang asal teduh dulu, nyaman, asri, indah, dan luas… view to kota bandung oke… kapan ya…?
    _salam anget_

  35. saya tepati janji saya nih din. meninggalkan jejak..hehe

    konsepnya bagus.. i can imagine that!๐Ÿ™‚
    semoga bisa direalisasikan ya din. amin๐Ÿ™‚

    rencana mau bangun di daerah mana din?

    arisan dinar tu seperti apa sih din?

  36. pertimbangan yang sama dengan diriku. mau membangun rumah, khawatir dipindah kerja ke lokasi jauh. akhirnya beli rumah seadanya, ndak banyak asesoris, ndak banyak polesan.
    phobia untuk pindah kerja ternyata mempengaruhi kecantikan rumah๐Ÿ™‚

  37. eh, jangan salah… mobil masa depan pasti lebih ramah lingkungan daripada sekarang. hehehe (ketauan seneng otomotif deh :D)

    aduuhh… dibilang baguusss!! ahahaha… jadi teripu maluu (halah)

  38. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

    I Love U fuuuuuuulllllllllllllllllllll

  39. Tulisannya bagus.. terus saya suka gambar rumahnya juga..๐Ÿ™‚

    • Wah, terima kasih sekali nih mbak Dhanie. Tulisan mbak juga bagus, gambar rumahnya juga sangat sejuk dipandang mata.. Insya Allah akan meninggalkan jejak di sana. Salam kenal, kembali lagi ya ke blog saya..

  40. Semoga impian mempunyai baity janatiy bia terwujud apalagi bisa menang di kontes๐Ÿ˜† . Salam kenal.

  41. terima kasih mas,,bisa jadi inspirasi nih..
    wah..kalo mau rumah dengan bahan kayu di kalimantan banyak loh…
    hehehehe….

    • Hmm…dapat inspirasi mendesain ya? desainin rumah untuk saya aja deh.. rumah AUDITOR NEGARA… hehehe.. Tapi jangan kebanyakan kayu, ntar hutannya habis, gundul, gimana?

      • wah..itulah dia pak…
        kalo kayu untuk dibuat rumah penduduk setempat yah boleh lah…
        tapi kalo kayunya dibawa ke luar negeri buat dijualin? apalagi tanpa izin..auditor negara harus berfungsi tuh..hehehe…

        btw, bukan inspirasi desain rumah pak, saya kan bukan arsitek..
        inspirasi biar saya bisa nabung supaya bisa memiliki sebuah rumah yang sederhana yang didalamnya penuh keberkahan dan rahmat..
        amiin….

        • Ah tetep ga sepakat ah..saya kok lebih cenderung untuk meminimalisir penggunaan kayu ya..sayang kalo pohon yang nanamnya butuh waktu lama, ujung2nya hanya untuk jadi rumah..ada manfaat yang lebih jika pohon2 itu tetap hidup.
          Oh, terinspirasi itu,,,aamiin..turut mendoakan doa dik Muam, semoga sama-sama bisa mewujudkannya ya…

  42. semoga beruntung dan semoga rumah impiannya segera terwujudkan

    kata mbah darmo,
    “orang miskin bukanlah orang yang tidak memiliki materi, melainkan orang yang tak punya mimpi”….

    Selamat pagi ^_^

  43. ya ampun,, rumah impian saya tuh bener2 yg asri dan alami. pokoknya harus made out of wood deh.

    hehe, makasih ya pak udah suka sama blog saya. padahal isinya cuma begituan ajah kok. cuma curhatan kosong yg gak ada apa2nya. hihihi

    • Sepakat banget.. kalo kayu dipake untuk mbuat rumah terus, lama-lama habis donk. Oleh karena itu, sebisa mungkin diminimalkan penggunaan kayu untuk membangun rumah.

      Hmm, tapi saya suka gaya menulisnya mbak, dan insya Allah tetap bermanfaat..

  44. waaa..rumah impiannya indah banget…
    semoga terwujud ya, pak๐Ÿ™‚
    salam kenal

  45. gawe di kampung pak…. ga sah di kota… ijik ijo

  46. Saya juga baru saja mencicil rumah mas….via KPR BCA, rumah udah dapet sekarang bingung mo renovasinya…hehehehehe

  47. Mudah2an terkabul bisa punya rumah dekat dgn kantor..
    meski agak sulit juga kalo jadi PNS, soalnya MUTASI adalah
    kata yg tak terelakkan buat kita… hehehe

    Di tempat saya pelaksana baru 3 tahun dah di mutasi ke luar jawa,
    mungkin jalan terbaik dgn melepaskan diri dari ikatan dinas..๐Ÿ™‚

    btw, blog-nya tambah keren aja nih, ajarin dunk….

  48. kredit aja dlu mas

    • Kalo kredit insya Allah pasti kredit… cuma yang belum pasti tuh tempatnya dan kapan waktunya.. btw, makasih mbak gadis atas kunjungan dan komentarnya…

  49. Merdeka……….
    Salam sayang buat sahabat sebangsa dan setanah air…
    Merdeka!!!!!!

  50. Rumah baru ya?
    Selamat.

  51. ini artikel kontes ya…๐Ÿ™‚
    nice artikel..
    gud lak deh..๐Ÿ™‚

  52. weitz, nabung dinar ya? yang kaya gerai dinar itu? berarti di jual lagi y?
    gimana realisasinya? tertarik juga neeh ma invest dinar. menguntungkan ga bro?

    • kalo menguntungkan enggaknya sih, saya nggak cari untung, tapi hanya pengen nabung. mungkin nantinya bisa untuk tambahan biaya naik haji. coba aja baca artikel di geraidinar.com, bagus2…

      • saya sering mampir koq di gerai dinar. untuk nabung c emang paling secure klo emas. cm klo untuk invest, masih agak mikir. apakah menyimpan emas itu termasuk invest yg menguntungkan ato ga.

        • untuk investasi dinar memang dikhususkan untuk investasi jangka panjang. Kalo yang jangka pendek, mungkin bisa deposito. Untuk jangka yang lebih menengah mungkin asuransi. yang lebih produktif lagi adalah usaha riil.

  53. Betul, itu bagus. kalo anak-anak kita nanti bisa lebih mengenal agama islam seperti yang rosulullah saw ajarkan. maka akan lebih aman.
    memiliki rumah yang bagus dan nyaman memang impian banyak orang.
    salam sukses..
    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

  54. setiap orang memiliki rumah idaman masing-masing. meskipun saya pun memiliki impian yang muluk dengan rumah yang besar dan mewah full teknologi. dimana semua perangkat terhubung ke komputer dan internet. tapi ya sekedar khayalan. yang terpenting bagi saya rumah itu nyaman dan sehat untuk ditempati sekeluarga. keluarga kecil, bahagia dan cukup lahir batin itu saja.

    oia ditunggu komentar berkualitasnya juga dalam tulisan ‘Rumah Impian…’.cheers..

  55. Aswb.

    Kali ini saya berkunjung untuk menyampaikan pesan Pasopati Award.. linknya telah terpasang di blog saya.

    Salam persahabatan.

  56. Kata siapa meskipun kebiasaan di organisasi pegawai biasanya pindah tiap berapa taun sekali, berarti kita juga harus seperti itu! Tidak…. Yang menentukan pindah dan tidak adalah Allah dan setelah itu baru usaha kita. Memang pola mutasi sering menjadi hantu tersendiri bagi PNS di instansi2 tertentu (seperti Depkeu, BPK, dsb), tetapi tetap saja kita bisa mengusahakan dengan cara yang elegan. Mari kita jadi extraordinary, dan bukan hanya jadi ordinary people. Tetap lanjutkan keinginan untuk memiliki rumah impian…. Ketakukan yang berlebihan akan hal yang belum pasti di masa depan justru kontraproduktif bagi kemajuan kita. Tetap semangat…

  57. wah…din…biasanya yg harapan begini ni terkabul loh.
    pernah baca tulisanku di MP yg ‘naksir’ kan?
    jgn lupa pembiayaannya ya din. ga syariah sorry ah! oukeiy?

    • aamiin.. dulu ant juga berdoa seperti ini ya mas? udah terkabul kan?๐Ÿ™‚
      Udah, ntar ta’ baca lagi…

      Aku ntar diajarin ya mas, ttg pembiayaan syariah untuk rumah. Moga penempatan jakarta ah.. ant dah balik kantor lum sih?

  58. Salam kenal sahabat

    Jangan lupa submit artikel yang bermanfaat ini si yebooo.com, sehingga akan lebih banyak lagi yang membaca artikel ini.

    Terima kasih banyak

  59. saya hanya bisa ikut mendoakan, semoga kedua2nya tercapai, ya rumahnya , juga menang kontesnya.
    salam.

  60. Wah subhanallah… semoga sukses kontesnya akhi… Btw pernah ke australia dalam rangka apa akh?

  61. mas jd pemenang quiz 17-an loh…๐Ÿ™‚

  62. goodluck dalam membina rumah tangga yang baru ya๐Ÿ™‚
    En, semoga impian na bisa cepat terkabul๐Ÿ™‚

    Btw, aku datang ke sini, karena menjalankan perintah award๐Ÿ™‚

  63. kalo pindah ke cibinong aja lebih indah dan masih asri segar, dan airnya juga masih bagus. Update kang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s