Asset Management: TAM

front

Program Diploma IV Sekolah Tinggi Akuntansi Negara memberikan matakuliah Seminar Manajemen Kekayaan Negara (Asset Management) kepada mahasiswanya di semenster 9. Matakuliah ini membahas mengenai apa saja yang sedang diupayakan oleh Pemerintahan Indonesia dalam mengelola kekayaan negaranya, dalam hal ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara di bawah Departemen Keuangan selaku Manajer Kekayaan Negara.

Dalam pembahasannya, kuliah ini mengambil best practices yang dilakukan di Pemerintahan New South Wales. Pemerintahan NSW menuangkannya ke dalam manual Total Asset Management.

Total Asset Management (TAM) adalah kebijakan Pemerintah NSW yang dibuat untuk mencapai perencanaan dan pengelolaan kekeyaan fisik negaranya (baik yang sudah ada/existing maupun yang direncanakan) secara lebih baik. TAM adalah bagian dari Strategic Management Framework. (GAMC). TAM ini merupakan bagian yang terintegrasi dari proses penganggaran (Treasury’s Budget process) NSW, yang fokus pada kinerja pelayanan departemen.

TAM is a strategic approach to physical asset planning and management, including major infrastructure. It provides a structured and systematic approach by which an agency can align its asset planning and management practices with its service delivery priorities and strategies, within the limits of resources available. This is essential if services are to be delivered efficiently and effectively over the long term.” (http://msmwww.treasury.nsw.gov.au/).

Best practices yang sudah terbukti berhasil di New South Wales ini, kemudian akan diadopsi oleh Pemerintah Indonesia dalam mengelola kekayaan negaranya. Namun tentu saja dalam penerapannya akan banyak adaptasi yang diperlukan, mengingat bahwa NSW dengan Indonesia memiliki latar belakang demografis yang berbeda. Bisa pula dipastikan bahwa aset yang dimiliki oleh Indonesia jauh lebih banyak daripada NSW. Sehingga Indonesia memerlukan berbagai penyesuaian untuk dapat diterapkan dengan kondisi negaranya.

8 thoughts on “Asset Management: TAM

  1. best praktis di NSW tok to ini… one of states in Australia pa NZ only…
    di Indonesia banyak tantangan :
    bukan cm demografi..
    tp yg paling kronis adalah ARogansi Sektoral
    butuh kepemimpinan dan komitmen pada negara yang baik.. untuk mencapai goodgovernance

    • Iya, justru itu mas, NSW itu hanya negara persemakmuran (negara bagian)..sangat kecil jika dibandingkan Indonesia. Tapi justru karena kecilnya itulah, mereka bisa memanaj asetnya dengan lebih mudah dan secara lebih baik.

      Arogansi sektoral? yang dimaksud seperti apa nih?
      Mungkin tidak hanya kepemimpinan dan komitmen saja, karena memang yang harus dimanaj itu sangat rumit, jadi kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia menjadi hal yang wajib.

  2. Saya ga mudeng mas beginian…
    Haduh….haduhh😦

  3. salam kenal
    btw punya file manual TAM nggak?

  4. Boleh dikirimin juga mas manual TAM.
    kalo ada bahan kuliahan jg boleh😀
    thx…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s