USM STAN 2009

Ujian Saringan Masuk (USM) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 2009 telah usai, 26 Juli 2009. Dimulai dari pukul 8.30 sampai dengan 11.00 WIB, serentak di seluruh Indonesia. Kebetulan saya menjadi Kepala Sektor di Gelora Bung Karno Sektor 21 Atas.

Untu tahun ini (dan mungkin tahun-tahun berikutnya), soal yang diujikan adalah Tes Potensial Akademik dan Bahasa Inggris. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mengujikan Tes Kemampuan Umum, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, soal tahun ini terlihat lebih susah. Jumlah soal 120 TPA dan 60 Bahasa Inggris, ditempuh dalam 150 menit nonstop.

Banyak cerita menarik ketika mengawas jalannya ujian tadi. Setidaknya di sektor saya, ada yang baru 15 menit ujian dimulai, sudah muntah-muntah dan harus ditandu ke sekretariat (nb: untuk menuju sekretariat dari sektor 21 atas, lumayan menguras tenaga, apalagi sambil menandu pasien..wow..salut deh untuk pengawas yang membantu tim medis). Ada juga yang Lembar Jawaban Ujiannya ketetesan air dari atap (sedih banget ya..tapi diganti kok oleh panitia).

Semoga untuk tahun ini tidak ada kabar tentang per-jokian yang terjadi pada saat ujian. Karena saya yakin, sistem yang dibuat oleh panitia ujian sudah sangat ekstra ketat. Panitia sudah berpengalaman bertahun-tahun menggelar kegiatan ini setiap tahunnya, pastinya selalu ada perbaikan sistem dari tahun ke tahun.

Semoga orang-orang yang lulus USM STAN ini memiliki tingkat akademis yang bagus dan tingkat moral yang tak kalah bagusnya. Sehingga kelak mereka akan menjadi orang-orang yang dapat diandalkan dalam mengelola keuangan negara. Ada yang mengatakan, “Soekarno meminta pemuda untuk mencabut Merapi hingga ke akar-akarnya. Maka, Indonesia membutuhkan alumni STAN untuk mencabut korupsi hingga ke akar-akarnya.” HIDUP MAHASISWA! HIDUP RAKYAT INDONESIA!!

10 thoughts on “USM STAN 2009

  1. kalo ga salah ada yg bawa HP bentuk jam, n terima jawaban…
    tp g tau di t4 ujian mana…

  2. HIDUP SISWA.. (ku belum mahasiswa) wkakakak

  3. semoga USM tahun ini lbh berkualitas dan mencetak calon2 pemimpin bangsa yg berdedikasi tinggi dan amanah. Amin

  4. Hidup Mahasiswa..!!!
    semoga tak ada yang nyaris menjadi mahasiswa abadi seperti bundo๐Ÿ˜›

    buruan lulus, mengabdi pada negeri..

  5. Weeeee kepala sektor 21 atas…
    kanglurik njaga di sektor 2 atas mas…
    Capek juga ngawas..
    btw, udah dijawab mas???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s