Persaudaraan Sesama Muslim

1288Ingin berbagi dalam ruang tulisan ini. Salah satu hal yang kurang saya sukai adalah bepergian naik motor sendirian ke tempat tujuan yang belum pernah saya kunjungi. Alasannya apa? Karena takut nyasar dan ngelanggar rambu-rambu lalu lintas yang lumayan rumit di Jakarta ini, dan kalo lagi apes, pas ngelanggar, pas dilihat sama polisi. Simpel sih alasannya, tapi sangat efektif untuk membuat saya mengurungkan niat bepergian sendirian ke tempat asing.

Namun, hal itu tidak berhasil membujuk saya untuk tetap tinggal saja di rumah selepas pulang imtihan Ma’had Almanar, tadi malam. Saya berjanji akan menemui Murabbi saya di Hotel Maharaja di Jalan Tendean. Dan beliaulah yang memompa niat ini untuk tetap melawan bujukan “kemalasan” dan “ketakutan” dalam diri. Akhirnya, saya memacu juga motor saya menembus gelapnya malam, dinginnya udara, dan sumpeknya Terminal Kampung Melayu.

Seperti yang saya takutkan, nyaris saja saya nyasar, karena direction dari beliau ternyata kurang akurat (hehe). Dengan sedikit melanggar rambu, akhirnya sampai juga saya ke Hotel Maharaja itu dalam waktu tempuh 30 menit.

Beliau sejak beberapa bulan yang lalu pindah ke Banjarmasin, karena mutasi pegawai yang menempatkannya di sana. Dan kali ini, beliau ke Jakarta untuk satu Diklat di Kantor Pusat DJP.


Subhaanallah, setelah beberapa bulan tidak bersua, banyak sekali cerita dan hikmah yang dapat kami saling bagi. Beliau bercerita tentang kondisi dakwah di Banjarmasin, beliau juga bercerita tentang kultur orang Banjar, bercerita tentang pernikahan (tidak pernah lepas deh topik pembicaraan ini), juga tentang kantor dan teman-temannya di sana. Saya pun juga tak kalah semangatnya menceritakan banyak hal, dari cerita tentang Si Kecil, sampai ke permasalahan dakwah kampus yang sedang saya alami.

Tak terasa 2 jam berlalu dari pukul 21.00. SMS dari istri yang menunggu di rumah pun sudah menanyakan kapan pulang.

Saya pun berpamitan dan berjanji esok pagi akan ke Stasiun Gambir untuk melepas keberangkatannya ke kampung halaman dan lanjut terbang ke Banjarmasin. Sekalian menitip sesuatu untuk keluarga di Semarang.

Murabbiku, biarpun frekuensi kita bertemu sangatlah jarang, namun bagaimanapun juga engkau tetap murabbiku, yang pernah membawa diri ini menemukan hidayah-Nya, yang pernah mengajariku tentang agama-Nya, yang pernah menjadi orangtua dikala kujauh dari orangtuaku, yang bahkan engaku pulalah yang menjadi jalan bagiku untuk menemukan pasangan hidupku. Semoga Allah memberkahimu dan keluargamu, dan semoga Allah memperkuat ikatan persaudaraan kita, persaudaraan sesama muslim.

26 thoughts on “Persaudaraan Sesama Muslim

  1. Amin.. Semoga Allah memperkuat persaudaraan kita…

  2. Bertemu dengan orang yang jarang ketemu memang menjadi sangat indah mas. Apalagi dengan murrabi nya….

    • Cie.. pengalaman ni yee.. Tapi kang, satu yang musti kita pahami dan sadari, bahwa setiap pertemuan, insya Allah selalu ada perpisahan…

  3. makasih kunjungannya🙂 semoga kita semua bisa menjadi saudara se-iman🙂

  4. insyaAllah, persaudaraan sesama muslim selalu dilindungi Allah swt dr buruk sangka,malahan kita selalu merindukannya karena Allah swt.
    persaudaraan sesama muslim dapat menghilangkan dahaga akan cinta Allah swt, karena diniatkan bersaudara karenaNYA dan untukNYA, amin.
    salam.

  5. eh dengan bertujar link mempererat pertemanan… link blog ini sudah terpasang…

  6. IDEM deh mas sama Bunda😆

  7. Kita semua bersaudara🙂

  8. huwekekkekeke…

    pak, dr utankayu ke hotel maharaja bs 20 menit saja loh😛

  9. indahnya saling mencintai karena Allah..

  10. Waaaakaakaakakak.. mari TEBARKAN CINTA DAN KASIH SAYANG.. serukan kebangkitan HATI NURANI
    Salam Sayang Selalu

  11. Aslm..Kunjungan petamax…
    Indahnya ukhuwah Islamiyah..
    Semoga Persaudaraan sesama muslim senantiasa terjaga dg berlandaskan cinta kepada-Nya…
    Btw, ga coba cari murabbi baru pak??!hehehee… (pertanyaaniseng)

Leave a Reply

