Regulator Gas

TabungGasDalam rumah tangga, mungkin kita pernah menemui masalah dengan kompor gas, baik itu kompornya yang tidak bisa memantik api, atau tabung gasnya yang bermasalah, atau juga regulator selang gas yang tidak bekerja dengan baik.

Beberapa bulan yang lalu, saya pernah mengalami masalah dengan kompor gas saya, yang pernah saya tulis di blog multiply saya. Dan sekarang, terulang lagi, mungkin dengan masalah yang sama, yaitu pada regulator-nya. Sesaat saya berpikir ingin mencoba memanggil teknisi kompor gas yang pernah saya panggil tempo hari.

Namun sebelumnya saya coba searching dulu, siapa tahu saya bisa mencoba memperbaikinya sendiri. Tapi beberapa artikel di internet yang menginformasikan berita-berita tentang meledaknya tabung gas 3 kg, membuat saya jadi ngeri untuk ngutak atik sendiri. Terlebih ada kasus tabung gas meledak, justru pada saat diperbaiki oleh teknisi kompor gas. naudzubillah..

Kemudian saya coba tanyakan pada teman yang pernah mengalami hal yang sama, dan solusinya adalah ganti regulator. Saya mencoba mencari regulator Kenmaster seperti yang dipakai oleh teman saya tersebut, tapi lumayan susah mencarinya. Walhasil, saya pulang dengan tanpa membawa regulator.

Pesimis mendapatkan regulator kenmaster yang dimaksud teman saya itu, saya mencoba memasang 2 karet gelang di mulut tabung gas. Subhaanallah walhamdulillah, kompor bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Semoga tidak ada masalah. Laa hawla wa laa quwwata illa bilLah…

Berikut adalah tips memakai tabung gas:

  1. Letakkan tabung gas jauh dari kompor gas;
  2. Periksa apakah ada kebocoran pada tabung gas dengan cara mencelupkannya ke dalam air, begitu pula dengan selangnya;
  3. Jika ada suara mendesis dari tabung gas, ada kemungkinan regulator-nya tidak pas pada mulut tabung, coba ganti seal karet warna hitam yang ada di dalam mulut tabung gas. Jika masih bunyi, coba gunakan karet gelang untuk mengikat mulut tabung gas. Hal ini dilakukan untuk mengencangkan kedudukan regulator, sehingga gas dapat mengalir masuk ke regulator dengan sempurna, tidak ada yang bocor;
  4. Pada saat mengutak-atik tabung gas atau regulator, pastikan tidak ada sumber api yang menyala;
  5. Sebaiknya kompor gas diletakkan pada ruang yang aliran udaranya lancar, sehingga gas tidak terkonsentrasi ketika ada kebocoran;
  6. Jika kurang yakin dengan apa yang akan Anda lakukan, maka meminta tolong pada yang lebih ahli adalah pilihan yang bijak.

Semoga ikhtiar kita ini dapat menghadirkan perlindungan dari Allah swt. (referensi: 1 dan 2)

12 thoughts on “Regulator Gas

  1. assalamu’alaikum mas dino.
    tips yg sangat bermanfaat, terutama utk ibu rt seperti saya.
    salam.

    • wa’alaikumussalam wr wb Bunda…
      Iya Bu, ini juga diambil dari pengalaman pribadi..karena istri masih belum berani ngutak-atik, jadi saya deh yang turun tangan… 🙂

  2. terima kasih buat infonya. saya pun sedang bermasalah dengan memasang regulator ke tabung gas nih. saya udah gonta-ganti seal karet hitam di mulut tabung (saya persediaan puluhan). Udah juga lilitkan selotip putih untuk pipa itu, biasanya manjur. Tapi sekarang masih tetap bocor. mau coba dulu dengan karet gelang, apa manjur.

  3. Halo,bang.Kebetulan saya lama kerja di surveyor LPG.Sekedar bagi info aja,tentang pemilihan regulator terkait pantauan perkembangan regulator di pasaran,saya sarankan:
    1.Pilihlah regulator yg dilengkapi sistem valve/katup pengaman gas.Contoh;merk type B-88,SLE 888.
    2.Pastikan kekuatan cengkram regulator yg akan dibeli.Untuk itu pilihlah dealer/toko yg menyediakan tabung LPG sebagai media tes.
    Gimana?Semoga bermanfaat

  4. mau nanya, regulator type B-88,SLE 888 merk-nya apa ya?kenmaster atau apa, soalnya regulator saya juga bermasalah padahal saya lagi diluar kota nih. makasih banyak..

  5. Karet glang trkna radiasi gas yg psti’y akn mncair/mle2h..
    Klu gx prcya cb aj lht dlm wktu 1-2 mgu gtu,sy udh buktiin.tq

  6. Mantep mas, ♡̷̬̩̃̊˚˚♥MάKα§îîîîîĦ♥˚˚… Sangat manfaat…

  7. klo kepala regulator berbunyi berdesis..tapi gak ada bau…gimana dong…bingung..ada bisa bantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s