Memilih Web Hosting yang Tepat

Jumlah perusahaan web hosting di Indonesia baik yang dioperasikan oleh personal maupun perusahaan resmi kian menjamur. Satu hal yang wajar, mereka semua mengklaim perusahaannya adalah yang nomor wahid dengan harga yang tak terkalahkan. Butuh kejelian atau mungkin saran yang dapat dipercaya dalam memilih layanan web hosting yang benar – benar dapat diandalkan dan konsisten dalam memberikan layanan. Jangan khawatir, salah memilih hosting adalah hal yang sangat umum🙂 Tapi sebaiknya Anda membaca artikel ini agar tidak salah memilih.

Sebelum mulai mencari web hosting yang tepat, silahkan coba analisa terlebih dahulu kebutuhan Anda sebenarnya. Fitur apa saja yang Anda inginkan? Bahasa pemrograman web apa yang akan digunakan? Berapa e-mail address dan kapasitas e-mail yang dibutuhkan? Apakah Anda sudah memiliki domain? Seberapa besar traffic yang mungkin akan dihabiskan oleh website Anda?
Semua pertanyaan tersebut akan sangat membantu kita memilih layanan hosting yang benar – benar tepat.

Di tengah pencarian, mungkin kita sempat menemukan adanya webhosting yang menawarkan “unilimited bandwidth” – Hati – hati! Istilah bandwidth atau lebih tepat disebut “data transfer” menunjukkan batasan jumlah data yang dikirim dan diterima antara server hosting dan pengunjung website Anda. Kebanyakan perusahaan hosting menyewa server dari datacenter yang akan mengenakan biaya tertentu untuk pemakaian bandwidth di atas quota yang mereka tentukan. Oleh pihak datacenter, rata – rata sebuah server diberi limit 1- 2 terabytes per bulan. Selebihnya penyewa server harus membayar lagi untuk kelebihan pemakaian data transfernya. Jadi logikanya memang tidak mungkin jika ada perusahaan hosting yang bisa benar – benar memberikan unlimited bandwidth.

Perlu juga dimengerti bahwa tidak semua staff customer service perusahaan hosting terbiasa melayani pelanggan pemula. Staff customer service yang profesional, berdedikasi kepada pelanggan, dan cepat merespon pertanyaan pelanggan harus menjadi penentu pilihan terpenting. Cara termudah untuk mengujinya adalah dengan mengirimkan e-mail pertanyaan tentang layanan hosting dan pantau seberapa cepat perusahaan hosting tersebut meresponnya. Atau jika ada layanan online chat dengan customer service, gunakan untuk bertanya mengenai layanan dan hal – hal lain yang mampu menggiring penilaian kita tentang profesionalitas mereka.sumber.

3 thoughts on “Memilih Web Hosting yang Tepat

  1. Sebentar mas, ngom-ngom, mana ya blogke njenengan yang udah pakai hosting sendiri?🙄

    • hehe.. itu sebenarnya langkah-langkah menuju ke sana mas.. saya biasanya gitu, kalo mau coba-coba sesuatu, cari tahu dulu, dan biar inget, di-post deh di blog ini..biar ga usah nyari-nyari lagi kalo butuh..🙂 Wah, jeli amat nih..jadi di-skak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s