Serving The American Public: Best Practices in Performance Measurement (1997)

Pendapat atas Jurnal “Serving The American Public: Best Practices in

Performance Measurement (1997)”.

oleh Dino Yudha Anindita, Mahasiswa Diploma-IV STAN Jakarta

Artikel Best Practices in Performance Measurement, secara umum menggambarkan dengan detil mengenai pengukuran kinerja dan Sistem Manajemen Kinerja yang efektif, yang menurutnya merupakan sesuatu yang harus (must be) dilakukan oleh organisasi berpredikat high-performance. Masih menurut artikel ini, suatu organisasi dikatakan high-performance organization, bila berhasil menerapkan sistem dan mekanisme pengukuran kinerja, dan kegagalan yang dialami oleh organisasi dalam pencapaian tujuannya, diklaim sebagai akibat tidak menerapkannya sistem dan pengukuran kinerja ini.

Menjadi pertanyaan, apa sebenarnya yang menjadi sebuah ukuran, sehingga suatu organisasi dikatakan high-performance organization? Apakah dia memiliki sebuah blue print dari suatu ukuran-ukuran kinerja kemudian dapat dikatakan high-performance, atau karena dia mampu mencapai apa yang telah dituangkan dalam blue print tersebut? Jika jawabannya adalah opsi kedua, maka muncul pertanyaan berikutnya, apakah yang dituangkan dalam blue print tersebut benar-benar suatu ukuran yang berkualitas? Dan, apakah dalam pencapaiannya dilakukan dengan metode/proses yang tepat?

Hasil study dari benchmarking yang dilakukan oleh National Performance Review (NRP) 12 tahun yang lalu, menunjukkan sebuah keberhasilan yang dilakukan oleh organisasi-organisasi yang dikatakan sebagai high-performing organizations dalam menerapkan best-in-class performance measurement and management practices. Garis besar dari proses, pendekatan, alat, dan pengalaman sukses tersebut terkait dengan:

  1. Establishing and updating performance measures;

Suatu ukuran kinerja, minimal harus memenuhi kriteria berikut:

Ensure a narrow, strategic focus. Berfokus pada hal-hal yang bersifat kritis, dan berhubungan dengan rencana strategis dan operasionalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan mengukur kinerja atas pencapaian tujuan dan sasaran, suatu organisasi dapat mengetahui di mana saat ini dirinya berada. Secara teori dalam ilmu Manajemen Strategi, hal ini benar, karena dengan memahami kekuatan serta kelemahan internal, maka organisasi/perusahaan mampu mengetahu posisinya dibandingkan dengan pesaing.

Measure the right thing. Perlu untuk dipahami terlebih dahulu, apa yang hendaknya harus diukur, agar proses pengukuran kinerja tidak menjadi salah arah. Maka yang perlu dilakukan adalah memahami proses bisnisnya, dan menentukan target minimum serta maksimum dari masing-masing ukuran kinerja yang hendak ditetapkan. Hal ini dapat dipahami dengan baik, karena tanpa mengetahui apa yang harus diukur, maka pengukuran atas kinerja pun tidak dapat dilakukan dengan baik.

Adapun hal-hal yang hendaknya diukur adalah:

  • Financial consideration (pertimbangan keuangan)
  • Customer satisfaction (kepuasan pelanggan/pemakai)
  • Internal business operation (operasi bisnis internal)
  • Employee satisfaction (kepuasan pegawai)
  • Community and shareholder/stakeholder satisfaction (kepuasan pemegang saham)

Be a means, not an end. Artinya, ukuran-ukuran kinerja tersebut tidak dijadikan sebagai tujuan akhir, tapi hanya menjadi alat saja dalam mencapai tujuan dan sasaran. Fokus tetap berada pada pencapaian tujuan dan sasaran. Tetap menggunakan ukuran-ukuran kinerja sebagai alat bantu dalam mencapai tujuan tersebut, dan tidak fokus pada pencapaian target ukuran kinerja semata.  Pengukuran kinerja adalah alat, bukan tujuan akhir. “Fokus pada tujuan, ukurlah hasil akhir, dan jangan fokus pada pengukuran”. Sebuah pesan yang sangat kaku memang, tapi ini merupakan cara yang baik tentunya jika ingin mencapai tujuan dan sasaran yang telah diimpikan.

Read more.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s