Investasi untuk Pendidikan Anak

IMG_0736Sudah banyak informasi di internet terkait dengan dana pendidikan anak, baik itu kiat-kiat mempersiapkan dana pendidikan anak, maupun kiat-kiat memilih instrumen investasi atau asuransi untuk dana pendidikan anak. Misalnya saja di Warnaislam atau banyak lagi situs lainnya.

Beberapa hari yang lalu, kami kedatangan seorang tamu, sahabat kami juga, seorang ummahat dari 2 orang anak yang bekerja sebagai agen perusahaan asuransi berbasis syari’ah. Beliau ingin menjelaskan mengenai dana pendidikan anak. Sebelumnya, istri saya sudah mengikuti salah satu program yang diberikan perusahaan tersebut, berupa unitlink (asuransi sekaligus investasi), dan kali ini beliau menjelaskan tentang dana pendidikan anak.

Saya dan istri sudah pernah membicarakan hal ini, namun masih belum dapat kemantapan akan mempercayakannya pada instrumen dan perusahaan mana, karena saya juga mengikuti program unitlink syari’ah pada perusahaan asuransi yang berbeda dengan punya istri. Alhamdulillah, insya Allah kami akan mempercayakan dana pendidikan anak kami pada perusahaan asuransi berbasis syari’ah tersebut, yang istri sudah ikuti.

Merencanakan dana pendidikan anak adalah hal yang sangat penting, terutama bila kita menginginkan pendidikan yang berkualitas, baik dari sisi akademis maupun nilai-nilai Islamnya. Hanya saja, kita harus tepat memilih instrumen apa yang baik untuk kita percayakan padanya memegang dana pendidikan anak-anak kita. Tidak hanya itu, yang terpenting adalah, instrumen tersebut juga hendaknya sesuai dengan syari’at Islam dan mendapatkan ridho dari Allah swt.

Selain dana pendidikan anak, kami sebagai pasangan suami istri yang baru berumah tangga hampir 1 tahun, juga memikirkan tabungan haji juga untuk rumah. Saya rasa ini adalah hal-hal pokok yang manusia secara umum ingin dan butuhkan. Begitu pula dengan kami.

Nah, tentunya berbagai perencanaan keuangan perlu kami siapkan dari sekarang, baik itu menggunakan instrumen tabungan, deposito, investasi pasif pada usaha, investasi aktif (usaha pribadi), membeli dinar, maupun asuransi (kesehatan dan pendidikan). Sekali lagi, itu semua kami pertimbangkan tentunya harus tetap sesuai dengan syari’at Islam dan untuk mendapatkan keridhoan Allah swt.

Tulisan ini saya buat untuk berbagi serta mendapatkan masukan atau nasihat dari para pembaca sekalian, agar kami semakin mantap dalam merencanakan keuangan untuk masa depan. Mari berbagi, karena berbagi tidak akan pernah rugi!

6 thoughts on “Investasi untuk Pendidikan Anak

  1. beli tanah… ^_^

  2. Info yang sangat menarik, trim’s. Memang investasi yang paling berharga adalah pendidikan….

  3. yang perlu sangat diperhatikan adalah pertama adalah kesehatan perusahaan tsb 20 tahun kedepan. Jika Perusahaan Asuransi cek juga RBC (Risk Base Capital) nya.

    kedua : Dimana kita mau menyekolahkan anak apakah didalam negri atau diluar negri karena ini menyangkut Biaya Pendidikan yang berbeda.dan jika didalam negri apakah memilih yang swasta atau negri atau unggulan.

    ketiga : Tingkat inflasi Biaya Pendidikan yang selalu meningkat setiap tahunnya.

    keempat : Review hasil investasinya setiap tahun.

    semoga bermanfaat. Insya Allah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s