Muslim Harus Kaya

dinar3Tadi malam pada kelas Nahwu, Ustadz Ahmad sebelum melanjutkan pelajaran, memberikan taushiyah –dalam bahasa arab tentunya–(hampir 1 jam, pelajaran nahwunya malah cuma setengah jam…:p). Awalnya beliau menyampaikan tentang ungkapan dalam bahasa arab, yang artinya kurang lebih seperti ini, “Orang yang kaya akan didatangi, sedangkan orang yang tidak punya kekayaan akan ditinggalkan.” Kemudian taushiyah berlanjut ke hal-hal di bawah ini:

Beliau mengatakan, bahwa orang muslim itu harus kaya, karena dengan kekayaannya mereka bisa berjihad, mereka bisa membantu da’wah ilallah, mereka bisa bersedekah yang banyak, dsb. Muhammad usia 25 tahun adalah pemuda yang kaya, yang mampu menikahi Siti Khadijah dengan mahar 100 ekor unta (yang kalau ditakar dalam rupiah saat ini, kurang lebih 1 Milyar), dan harta itu hanya sekian persen dari keseluruhan harta beliau saw. Subhaanallah.

Lebih lanjut, ustadz Ahmad bercerita tentang 2 kisah sahabat (lagi-lagi masih dalam bahasa arab), yang meminta kepada Rasulullah saw untuk didoakan agar menjadi kaya. Untuk sahabat yang pertama, Rasulullah saw menolak hampir tiga kali, yang kemudian mengabulkan juga permintaanya untuk didoakan..Allah swt mengijabah do’a Rasulullah saw tersebut, hingga sahabat tersebut menjadi kaya. Namun kekayaannya sedikit melalaikannya dari beribadah kepada Allah swt.

Untuk sahabat yang kedua, Rasulullah saw langsung dengan segera mengabulkan permintaannya untuk didoakan, yaitu dengan do’a agar diberi banyak keturunan dan harta..dan Allah swt mengabulkan do’a Rasulullah saw tersebut..hingga sahabat memiliki 125 anak dan harta yang banyak.

gold-dinarLanjut ustadz, apa yang menjadi pertimbangan Rasulullah saw untuk segera mendoakan dan menunda mendoakan? Karena Rasulullah saw tahu, siapa yang qowiy (kuat) dan siapa yang dhoif (lemah).

Ustadz tersebut menjelaskan, bahwa untuk menjadi kaya, maka kita harus kuat. Orang kaya adalah orang yang kuat atau sanggup untuk menjadi kaya. Dengan kata lain, orang yang lemah atau tidak sanggup untuk menjadi kaya, maka tidak akan kuat ketika dia menjadi orang kaya.

Apa makna kuat di sini? makna kuat atau qowiy di sini adalah kesanggupan untuk mengeluarkan sesuatu pada saat kita membutuhkan sesuatu tersebut. Di sinilah kekuatan itu diuji, karena kaya adalah ujian. Meskipun miskin itu berarti lebih sedikit harta yang akan dihisab, namun bukan berarti miskin lebih dekat pada jannah-Nya. Ketika kita bisa melewati ujian kaya tersebut, maka jannah-Nya adalah janji Allah.

Ketika kita mampu menolak kekayaan dunia hanya untuk Allah swt, maka kita akan mendapatkan jumlah yang lebih baik dari Allah swt.

Kita tentunya ingat kisah Ali karamallahu wajhah dan istrinya Fathimah Az-Zahra yang menyedekahkan makanannya di saat mereka membutuhkan. Ini adalah mental kuat yang dibutuhkan oleh orang kaya, yaitu mental yang tertanam pada diri Rasulullah saw, Abdurrahman bin ‘Auf, Utsman bin Affan, dan banyak lagi sahabat Rasulullah saw.

19 thoughts on “Muslim Harus Kaya

  1. Sewaktu hijrah Abdurahman bin Auf Rodhiyallahu Anhu pernah ditawari oleh sahabat Ansor yang dipersaudarakan dengannya untuk menerima setengah dari harta sahabat Ansor tersebut. Akan tetapi beliau dengan halus menolak dan hanya meminta satu hal kepada saudaranya tersebut yaitu minta ditunjukkan jalan ke pasar. CMIIW

    Subhanallah, betul seperti kata dino mental seperti ini yang harus kita punyai, tidak menggantungkan diri pada orang dan ingin kaya dengan cara instant, melainkan berusaha dengan kemampuan sendiri, tentunya diimbangi dengan berserah kepada Allah Subhanahu Wataala.

    • Tepat sekali mas. Iya kisah tersebut selalu menginspirasi untuk terus berusaha “mengambil” rizki yang sudah Allah tetapkan. Juga tentang kisah Muhammad muda, sangat memacu sekali.
      Ada satu hal lagi mas, selain berusaha dan bertawakkal, yaitu memperbanyak sedekah, insya Allah akan lebih barokah.๐Ÿ™‚

  2. tq deh, eh mampir ke blog gue donk…!

    ini kisah nyata lho..

    http//xnakol.blogspot.com

  3. eh salah, maksud gue, xnakool.blogspot.com

  4. Sebenernya kaya dan miskin itu sama2 ujian, ada orang yg Allah beri dia kaya supaya dia semakin banyak berbuat kebaikan karena kekayaan itu baik baginya, ada juga yg diberi miskin karena Allah tau kalo dia kaya nanti malah menjauh dr agama..

    Yg terpenting mungkin bukan jumlah berapa kekayaan yg kita punya,
    tapi punyakah kita mental sbg orang kaya??
    Yaitu malu meminta dan senang memberi..๐Ÿ™‚

  5. Afwan.. linknya salah.. (:D

  6. Begini akhi, semua yg kita lakukan biasanya berasal dari pikiran kita,
    kalo pikiran kita, mental kita sudah kaya, yaitu malu meminta dan suka memberi,
    maka kekayaan yg dia miliki akan semakin menambah kebaikannya..
    kalo dia miskin, kemiskinannya tidak akan membuat ia hina,
    ane sendiri lebih suka kaya dunia dan akhirat…

    ane sepakat dgn antum, hanya menggarisbawahi saja supaya kita bisa mempersiapkan mental sbg orang kaya..
    banyak orang kaya yg mental-nya miskin, itulah kenapa banyak yg korupsi,
    penghasilannya sudah lebih dr cukup, tp mental minta2 msh melekat
    di jiwanya, kasihan kan..??

    mudah2an kita menjadi orang kaya dunia dan akhirat…. aamiin..

    Semangat ya akhi!!

  7. harus kaya?
    berarti kalau tidak kaya, dosa dong.
    saya kira ungkapan di atas tidak tepat.
    mungkin perlu diingat bahwa banyak para pendahul kita yang alim namun tidak kaya. lihatlah bagaimana kehidupan abu hurairah, ammar bin yasir atau ibnu masud. mereka adalah fuqaraa di kalangan kaum muslimin saat itu. dan Nabi tidak menyalahkan mereka atas kemiskinan mereka.
    wallahua’lam

    • Kata harus kan beda dengan wajib. Kalo yang menyebabkan dosa itu kan kalo hukumnya wajib dan tidak dilaksanakan.
      Iya saya sepakat dengan komentar Anda. Tapi 8 dari 10 sahabat Rasulullah saw yang dijamin masuk surga adalah pengusaha alias orang kaya.

  8. Penulis yang dirahmati Allah SWT…. Mohon disampaikan kepada saya, do’a apa sehingga saya tidak menjadi orang miskin selalu. Karena saya hamba yang dhoif. Namun, lebih dari sekedar retorika, saya tidak perlu bercerita agar saya menjadi orang ikhlas. Tapi mengapa shodaqoh yang awalnya saya yakini dapat membantu saya saat saya sedang “lemah” ekonomi tapi hal itu tidak ada. Mohon yakinkan saya Allah SWT Maha Mendengar, lagi Maha Kaya.

    • Subhaanallah walhamdulillah waAllahu akbaru…
      Saya tidak bermaksud menggurui atau lainnya, hanya ingin menyampaikan apa yang saya pahami, meski saya juga belum sepenuhnya melaksanakan, semoga Allah mengampuni saya.

      Setau saya, ada kumpulan doa ma’tsurat yang dibaca pagi dan sore hari (Al-ma’tsruat yang disusun oleh Hasan Al-banna dari doa-doa ma’tsur rasulullah saw), salah satu doanya, “Allahuma inni a’udzubika minal hammi wal hazan, wa a’udzubika minal ajzi wal kasal, wa a’udzubika minal jubni wal bukhl, wa a’udzubika min gholabatid dainiy wa qohri rijaal”

      (ุงู„ู„ู‘ู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ููŠ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู‡ูŽู…ู‘ู ูˆูŽุงู„ุญูŽุฒูŽู†ู ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุนูŽุฌู’ุฒู ูˆูŽุงู„ูƒูŽุณู’ู„ู ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฌูุจู’ู†ู ูˆูŽุงู„ุจูุฎู’ู„ู ูˆูŽุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุบูŽู„ูŽุจูŽุฉู ุงู„ุฏู‘ูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽู‚ูŽู‡ู’ุฑู ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ู) (ุซู„ุงุซุง)

      silakan mengeksplor tentang al-ma’tsurat ini di link berikut: http://www.al-ikhwan.net/shahih-al-matsurat-habis-701/

  9. Terimakasih telah berbagiโ€ฉโ€ฉโ€ฉberbagi takkan rugi โ€ฉโ€ฉโ€ฉโ€ฉSukses selalu

  10. Assalamu’alaikum, salam kenal….Subhanallah, tulisan yang selain memberikan pencerahan ide baru juga sangat inspiratif kawan, nice blog, keep on blogging!!! artikel-artikel untuk menjadi muslim kaya juga bisa aku temukan di sini : http://muslim-kaya.blogspot.com/

  11. kita dilahirkan saja sudah kaya…..harta,tahta hanyalah cobaan……coba renungkan lagi jika kita menjual mata kita berapa rupiah yang kita dapat,belum lagi ginjal hati dan lain sebagainya……yang di sebut kaya ialah bagaimana kita bersyukur atas rizki allah swt……aku tak mau di sebut miskin karena q tak memiliki harta yg berlebih namun hanya di hadapan allah saja aku sangat miskin dimana aku masih bisa memberi maka aku bersyukur……asal kita memiliki ilmu yang bermanfaat tak ayal allah memberikan jalan untuk mencukupi kebutuhan dunia kita asal kita berusaha dan berdoa…..

    oh tambahan lagi kenapa kita umat muslim selalu mengatakan kepada umat non muslim tu kafir….bukankah itu dapa memecah belahkan umat manusia…..karena belum tentu kita lebih baik dari mereka di hadapan allah haya allah yang tau……..

  12. assalamualaikum…
    Terima kasih atas informasinya.. article yang bagus… semoga sukses…

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s