Strategic Management in State Government

Dewasa ini, perubahan pada susunan kepemerintahan, pengurangan pada program asistensi domestik federal, permintaan yang meningkat akan layanan lokal, dan pengurangan kapasitas fiskal telah membuka tantangan signifikan bagi pemimpin pemerintahan state (Bream 1984; Harrigan 1984; Levine 1978; Olsen and Eadie 1982; Walker 1981). Sebagai konsekuensinya, pemerintahan state telah dipaksa untuk mengemban tanggung jawab baru, mengambil peran baru, dan memasuki bentuk dan pola baru dalam relationship.

Meskipun banyak peneliti yang mempertanyakan kapasitas pemerintah state untuk mengatasi masalah yang kompleks, namun tetap ada peningkatan akan pengakuan terhadap pemerintah sebagai sumber inovatif dalam pembuatan kebijakan dan manajemen (Reeves 1983; Stenberg 1985). Salah satu inovasi yang mampu menghasilkan dua hal, yaitu: perhatian penting dan pertumbuhan, yang digunakan dalam pemerintahan state, adalah manajemen strategi. Meskipn masih terolong baru dalam sektor publik, beberapa bentuk manajemen strategi telah diterapkan di sejumlah states. Florida, New York, Ohio, Pennsylvania, dan Texas, sebagai contoh, telah mengembangkan rencana strategi yang rumit yang menetapkan suatu kebijakan dan arahan program, menentukan prioritas pemerintahan lokal dan state, serta pengalokasian anggaran langsung. (Swanstrom 1985).

Manajemen Strategi telah dianggap sebagai alat yang potensial dalam pemerintahan negara untuk sejumlah alasan.
• Pertama, kebanyakan model manajemen strategi menjanjikan pendekatan yang terstruktur dan rapi untuk mengelola permasalahan yang sangat kompleks pada states (Olsen dan Eadie 1982).
• Berikutnya, oleh politikus dan managerial leaders, strategi manajemen dipandang sebagai sebuah mekanisme untuk memasukkan perspektif teknikal-rasional pada proses pemerintahan yang sangat politis.
• Manajemen Strategi juga memberikan manajer sebuah kewenangan yang lebih besar dan memungkinkan mereka untuk mengembangkan basis pertahanan dalam pembuatan keputusan (Bryson and Roering 1987; Olsen dan Eadie 1982).
• Terakhir, manajemen strategi sangat menarik bagi pemerintahan negara karena telah digunakan secara luas pada sektor swasta dan penerapannya pada pemerintahan tampak seperti telah menyamai best practice pada organisasi bisnis yang sukses.
Selengkapnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s