Bisul

Awalnya ada semacam gigitan nyamuk di dekat lutut kanan, merah dan perih. Tapi lama kelamaan, menjadi semakin sakit, dan seperti meradang. Saya tidak tahu kalau itu adalah bisul. Sampai saya paksakan untuk hadir pada sidang BLM hari Sabtu, 6 juni kemarin. Selepas sidang, rasa sakit itu semakin menjadi, seakan menyebar ke seluruh kaki kanan. Jalan pun susah. Saya putuskan untuk membatalkan agenda Sabtu sore dan Sabtu malam, hari itu. Saya langsung ke dokter siang itu sebelum pulang ke rumah, untuk memeriksakan kaki kanan saya.

Dokter memeriksa secara keseluruhan, dari kepala, perut, pernafasan, dan kaki. Dokter mengatakan, itu bisul. Tapi tidak sampai membuat saya demam, hanya tensi yang meningkat sampai 140 untuk batas atasnya. Dokter menyarankan untuk tidak makan telur, kacang-kacangan, makanan yang mengandung lemak, cokelat. Dan untuk tensi yang tinggi itu, dokter melarang saya untuk makan yang asin-asin, ayam boleh tapi kulitnya jangan, makanan laut: cumi, udang, dll. Kemudian diberi resep: antibiotik (CEFAT), vitamin (ELKANA), obat untuk sakit pada kaki (MEFINAL), dan obat bisul (LAMESON), serta salep (KALMICETINE). Masing-masing 10 buah pil dan 1 salep.

Dan sekarang alhamdulillah, bisulnya sudah matang dan pecah..berjalan pun sudah seperti biasa, hanya untuk sholat, masih agak susah untuk duduk di antara dua sujud. Alhamdulillah.

Kemudian mencoba mencari tahu, apa itu bisul di mbah google:

Bisul (bahasa Latin: abscessus) adalah sekumpulan nanah (neutrofil mati) yang telah terakumulasi di rongga di jaringan setelah terinfeksi sesuatu (umumnya karena bakteri atau parasit) atau barang asing (seperti luka tembakan/tikaman). Bisul adalah reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebar nya barang asing di tubuh.

Organisme atau barang asing membunuh sel sekitarnya, mengakibatkan keluarnya toksin. Toksin tersebut menyebabkan radang, sel darah putih mengalir menuju tempat tersebut dan kemudian meningkatkan aliran darah di tempat tersebut.

Struktur terakhir bisul adalah dinding bisul yang terbentuk oleh sel sehat untuk mencegah barang asing tersebut masuk ke dalam tubuh dan mencegah terkena nya sel lain. Namun, enkapsulasi ini berfungsi untuk mencegah sel imun untuk menyerang bakteri atau barang asing di bisul.
Bisul atau bisulan (jika terjadi dalam jumlah banyak) merupakan suatu peradangan kulit yang mengenai folikel rambut/ bagian akar rambut yang disebabkan oleh infeksi dari kuman Stafilococcus Aureus. Bisul dapat menyerang siapa saja, tidak memandang usia atau jenis kelamin.

Umumnya bisul muncul pada daerah-daerah yang banyak mengandung kelenjar keringat, seperti; daerah muka, punggung dan lipatan paha serta daerah tubuh yang sering digaruk atau sering mengalami gesekan.

Gejala Bisul :

* Bentuk bisulnya kerucut / kubah dan bermata – nyeri
* Gatal
* Demam

Munculnya bisul :
Mulanya akan timbul bintil merah. Bila membesar maka terjadi proses radang atau infeksi, yang terkadang bernanah atau abses. Proses memerahnya bisul didukung juga oleh daya tahan tubuh. Artinya, semakin baik daya pertahanan tubuh seseorang maka bisul nya tidak akan membesar dan matang (bernanah).

Faktor pemicu bisul :

* Faktor kebersihan; bisul akan mudah terjadi pada orang yang kurang menjaga kebersihannya dan pada daerah – daerah yang padat serta tempat pengungsian.
* Daerah Tropis
Orang yang hidup di daerah tropis dengan udara yang panas akan mudah berkeringat dan akan lebih mendukung untuk munculnya bisul.
* Menurunnya daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh dapat menurun karena kurang gizi dan gangguan darah (anemia, keganasan,diabetes)

Tips

* Perhatikan kebersihan anak, baik badan maupun lingkungannya.
* Bila muncul gatal-gatal jangan dianggap remeh, bisa jadi hal itu merupakan gejala awal dari bisul.
* Bila sudah muncul benjolan atau bernanah, jangan dipencet-apalagi dengan tangan atau benda yang
kotor karena akan memperparah bisul.
* Jangan gunakan obat dengan sembarangan meskipun dalam bentuk krim, karena justru akan menimbulkan
resistensi obat dalam tubuh
* Perhatikan gizi anak anda karena asupan gizi yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga
anak akan lebih jarang terkena infeksi.

5 thoughts on “Bisul

  1. salam..
    memang pedih kena bisul ni..
    sy skg manahan derita bisul ni..
    tumbuh di lipatan peha sy…
    sunguh malang.. nka pakai seluar pon tak bole.. jalan pon payah..
    so kalu dah kena, kena lah gi hospital untuk buang akar dia, kalu tak tumbuh lagi lah jawapnyer

  2. ijin copaz sebagian ya…temukan artikel kesehatan lain di web saya

  3. thanks gan,,dah mao bagi infonya.jadi kita bisa lebih berhati hati dechh

  4. Bisul di lutut dapat membuat segala aktifitas kurang lancar, badan meriang dan kurang bergairah.

  5. Terima kasih infonya, Mas Dino.
    Jazaakallah Khairan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s