Exhaust Fan Maspion

Alhamdulillah tadi beli juga exhaust fan, yang sebelumnya sudah searching-searching tentang tips memilih exhaust fan (di jurnal sebelumnya). Karena suhu di Jakarta sekarang ini lagi panas-panasnya, tadi di toko elektronik banyak yang mencari kipas angin dan pendingin udara lainnya, salah satunya saya. Saya memang lagi butuh EF, selain ada si kecil, juga memang di rumah panas banget, karena menghadap ke barat, jadi pas siang hari, panas matahari langsung masuk ke rumah.

Kenapa ga AC? yang pertama, lebih mahal dari EF. EF pun bisa menggantikan fungsi AC, yaitu sebagai penyejuk ruangan. Kemudian, agar kelak si kecil ga ‘tergantung’ dengan AC, seperti anaknya temen kelas, ga bisa tidur kalo ga pake AC. Gawat juga ya? Yang ga kalah penting, kalo pindah-pindah ke kota lain, lebih mudah dibawa.

Tadi akhirnya beli Ef merk Maspion (buatan Indonesia) murah dan cinta produk Indonesia ^_^, MV-250 NEX. Setelah berkeliling ke beberapa toko membandingkan harga, akhirnya dapat juga yang paling murah di antara toko-toko itu. MV-250 NEX Maspion, 10 inch, dengan harga Rp 190.000, di Toko elektronik di daerah stasiun Jatinegara. Tapi sekarang belum dipasang, karena harus butuh dudukannya dulu, dan sepertinya bakal nukang sendiri atau mungkin minta tolong tetangga untuk memasangkannya…^_^

Semoga bermanfaat.

Photobucket

30 thoughts on “Exhaust Fan Maspion

  1. oce juga ni ide nya dg exhaust fan…leh dicoba juga ni..ikutan beliii hehehe

  2. Mo nanya nih, kali aja tau. yg tipe mv 300 nex harganya brapa ya. mslhnya gantiin punya tman yg gak jd dipasang dan dia bilang harga nggantinya suka2 aja.

  3. Mas Dino Yudha salam kenal mas, itu beli exhaus di daerah jatinegara disebelah mananya ya mas bisa dikasih tahu nama tokonya nga mas, soalnya rumah saya posisinya sama seperti rumah mas, mau beli ac nga sanggup bayar listriknya di tangerang exhaus mahal2 mas .., trims

    • Iya mas Teguh, di daerah stasiun jatinegara itu kan ada banyak toko elektronik, dibandingkan aja mas satu per satu harganya, mungkin bisa dapat lebih murah. Di tangerang mahal-mahal ya, mas? Ke jatinegara lumayan jauh juga…

  4. thanks mas infonya, saya tadi hunting fan di jatinegara. sesuai tips, saya susuri satu persatu satu toko elektronik di sana sepanjang 100 meter di kedua sisi dari halte busway jatinegara sampai sta jatinegara. hasilnya saya mendapatkan seri yang sesuai keinginan saya dengan harga 25% atau sekitar 50.000 lebih murah dari harga yang paling murah di online shop. bravo… puas rasanya. thanks atas infonya en skr ak punya toko yang bakal jadi langganan untuk barang elektronik di sini.
    semula saya nggak pernah survei ke toko toko seperti itu. paling cuman lewat online shop atau di swalayan raksasa surveinya en melakukan pembelian jg di tmpt trsbt.
    share juga untuk barang kebutuhan rumah tangga ya mas, merk menengah, dimana alamatnya.
    sebenarnya yang paling mengasyikkan adalah proses pencarian sampe mendapatkan harga termurah. hehehe… maklum belanja barang harus diikat erat pada saat ini.

    • Iya sih, kalo mau beli barang sekarang harus bener2 menerapkan prinsip ekonomi, cari yang paling murah, dibanding2in, kalo udah dapet nantinya bakal puas dapet harga yang murah.. Kalo di swalayan raksasa, saya kurang menyarankan…mending ke toko-toko yang kayak di jatinegara, bisa ditawar dan bisa ngebandingin satu per satu, ga perlu malu lah, lha yang mau kita keluarkan kan uang kita sendiri, jadi harus pilah-pilih. Oh ya, mbandingin di online juga bisa dilakukan, tapi tetep harus mbandingin jg dengan yang offline.. Selamat ya mas dewa…
      Insya Allah share lagi barang kebutuhan rumah tangga lainnya, tapi nanti kalo ada yang perli dishare ya…🙂

  5. halo Bro, ane mau tanya ney, dimana ya kita bisa memperoleh baling-baling untuk Exhaust fan, soale punya ane baling-baling nya patah.. exhaust ane merk Sekai WEF 1290. thanks.

  6. sama nih….aku jg baru beli Maspion MV 250 nex per 24 Oktober 2009 di Kebayoran Lama, tp dgn harga 200rb, lebih mahal 10rb ya….tapi gakpapa krn itu setelah perjuangan keliling, di toko2 yg lain minta diatas 210rb. Yg aku mau tanyakan, di tipe itu kan ada 2 model tombol, sekali tarik = out, dua kali tarik = in, 3 kali tarik = off. Pilih yg mana yg bagusan? tujuannya agar udara kotor diruangan (debu) hilang dan udara segar yg masuk (mjd sejuk)?. Dan aku pernah denger katanya EF ada yg modelnya cuma sekali tarik (tdk ada in dan out), berarti mereka masuk yg in apa yg out?!. Bgmn penjelasan saudara mengenai hal ini. Mohn pencerahannya. Trims…..

    • Kalo tujuannya agar debu di ruangan keluar, brati pilih yang out (tarik sekali). Kalo digunakan sebagai kipas ruangan, pilih yang in.
      Iya, ada yang cuma out saja, tidak ada in nya.

  7. Mas,
    aku pengen beli EF, tapi bingung, merk yang bgus apa yah ? yang 10 Inch rata2 brapa ya harganya ?

    murahan didaerah kramat jati apa di jatinegara ?

    • yang bagus Panasonic, tapi harganya juga lumayan mahal. Saya pakai Maspion, lumayan lah. harganya sekitar 200 ribuan. Mmm..saya juga belum pernah ke kramat jati. Tapi di jatinegara itungannya udah murah banget. Pintar-pintar ngebandingin aja mas.

  8. lam kenal… sy br aja bli EF maspion tipe MV-300 NEX dgn harga 215… murah ya… tp mslhnya ko ruangan di kamar sy ga dingin y… gmn caranya biar agak dingin ya mas? minta bantuannya cz ane msh awam bgd nih… mksh…

    • harus ada lubang untuk aliran udara masuk ke ruangan, mbak Fera… jadi di samping EF, disediakan lubang agar angin dari luar bisa masuk..

      • ceritanya di kamar saya ada 2 jendela dimana diatasnya terdapat 2 lubang angin yang saya pasang ram nyamuk, nah lubang jendela satu lagi saya pasangin EF.. kakak iparku jg pasang EF tp yang terasa ntu bener” sejuk dan dingin layaknya ac, knp ga terjadi sama kamarku ya yang ga kerasa sama sekali sejuknya :> apa ada yang salah ya pada pemasangannya?

        • apa karena ram itu ya? jadi udara dari luar kurang leluasa mengalir masuk ke kamar..

        • “kakak iparku jg pasang EF tp yang terasa ntu bener” sejuk dan dingin layaknya ac ”

          Luas ruangannya berapa x berapa ya?
          EF nya pake type apa?
          jadi pengen sejuk juga nih…

  9. kalo EF yg dibeli mas itu bisa untuk in & out juga dgn harga segitu, soalnya sy pernah cari di toko daerah depok harganya 170rb (cuma lupa merknya apa) dan nggak tau itu hanya untuk masuk/keluar

  10. malam bang dino.artikelnya sgt pas bt aku.kbtln aku lg pny masalah ma udara panas kamarku.
    Kamarku ukrn 3x3m,ada 1jendela ma ventilasi.kbtln kmr depan jd lgsng halaman.kr2 co2k g psng EF?trs ukuran brp.kshn baby+suamiku ni sering kepanasan.udara dkmrku emang lbh panas dbanding kmr yg lain.trims b4?

  11. Kalo yang seken tahu tempatnya dan berapa harganya?

  12. dimana betulkan exchause fan (pembuanga udara panas) 16″ rusak nih…bunyi berisik …boleh sahre info nya dimana biasa betulkan exchause fan..

  13. halo mas, salam kenal…
    mas, kamar kos q cuma ada 5 lubang ventilasi, dengan panjang masing-masing ventilasi 7″
    gitu tu apakah bisa d pasang exhaust-fan?
    mohon pencerahannya…

  14. ass, mas saya mnta alamat beli EF. terima kasih.

  15. SAYA MAU BELI EXOUSFAN 24″ MERK MASPION KIRA KIRA HARGANYA BERAPA PAK
    ?

  16. Th 2009 sy pernah beli ef maspion mv250nex dgn harga Rp.140rb di kenari mas-jakarta. Baru” ini /th2014 saya beli ef dg merk yg sama di daerah ps.depok/kemirimuka dgn harga Rp.255rb (udh plg murah dsna,tokolaen bahkan sampai 350rb, wow!).
    Klo dibandingin, Beda tahun beda wilayahnya jg.
    Oiya krn saya ga sempat ke jakarta.
    Alasan saya beli maspion karena ef yg sy beli th2009 msh di pakai, normal & blm pernah diservis sama sekali, warna putihnya pun ga memudar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s