Badan Pemeriksa Keuangan Keluarga Mahasiswa STAN (BPK-KM STAN)

Perguruan Tinggi dan kehidupan organisasi kemahasiswaannya, dapat dikatakan sebagai  miniatur dari negara dan kehidupan ketatanegaraan. Indonesia memiliki struktur lembaga tinggi negara, yaitu Kepresidenan/Pemerintah (Eksekutif), Dewan Perwakilan Rakyat (Legislatif), Mahkamah Agung (Yudikatif), dan ditambah dengan Badan Pemeriksa Keuangan (Audit). Belajar dari struktur tersebut, KM-STAN sudah memiliki Badan Eksekutif Mahasiswa (Eksekutif) dan Badan Legislatif Mahasiswa (Legislatif). Artinya, KM-STAN belum memiliki fungsi yudikatif dan audit.

Semenjak saya mendapatkan amanah menjadi anggota BLM STAN tahun 2009/2010, saya berpikir untuk membentuk fungsi audit pada KM-STAN, kebetulan juga saya adalah PNS di BPK-RI. Fungsi audit ini nantinya akan bertugas mengaudit laporan keuangan seluruh elemen kemahasiswaan, seperti: UKM, BO, BEM, Lembaga Keagamaan, termasuk juga kepanitiaan-kepanitiaan. Hal ini jelas saja, dimaksudkan untuk tujuan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan kemahasiswaan STAN.

Nantinya, badan ini akan berdiri secara independen, didanai oleh dana kemahasiswaan, dan bertugas memberikan opini atas laporan keuangan elemen kemahasiswaan. Jika dimungkinkan, akan dilakukan juga audit operasional terhadap kinerja elemen kemahasiswaan.

Semoga ide ini bisa terwujud, demi kemajuan pembelajaran di lingkungan kemahasiswaan kampus STAN. For the better future. ^_^

One thought on “Badan Pemeriksa Keuangan Keluarga Mahasiswa STAN (BPK-KM STAN)

  1. mas, sy lgi nyusun draft nya,. tp sy bkn komisi legislasi.. gpp kn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s