Collecting Data

Hari ini saya ke kantor pusat BPK-RI, untuk mendistribusikan kuesioner penelitian. Kebetulan saya sedang melakukan mini riset dengan ranah penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Setelah melakukan pilot test atas kuesione tersebut, yaitu melakukan pendistribusian kuesioner pada teman-teman D-IV, kemudian saya merasa yakin untuk mendistribusikannya pada sampel yang sesungguhnya, yaitu para auditor di kantor pusat, yang tesebar di Auditama Keuangan Negara I sampai dengan VII, termasuk Auditor Investigasi. Saya mengambil sampel 35 responden untuk mewakili seluruh auditor yang ada di BPK seluruh Indonesia.

Apa yang harus saya lakukan berikutnya adalah mengolah data yang tekumpul, dengan menggunakan software SPSS versi 16. Pertama adalah menguji validitas dan reliabilitas data, uni normalitas, uji korelasi, dan uji regresi linear. Kemudian membahas hasil olahan data pada laporan penelitian.

Saya ingin membuktikan bahwa ada pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y, baik secara terpisah maupun secara serentak.

Semoga Allah memudahkan proses belajar ini. Ini adalah proses belajar untuk menghadapi penelitian pada skripsi nantinya.

Mohon masukan dari teman-teman yang lebih paham tentang statistik dan penelitian.

2 thoughts on “Collecting Data

  1. wah, mau dong kak diajarin caranya
    semoga ada waktu dan kesempatan

  2. mm..boleh-boleh. Pernah denger, kalau ingin paham dalam belajar, maka ajarilah orang.

Leave a Reply

