Metode Pembelajaran di D-IV STAN

Pendidikan Diploma IV STAN terdiri dari 4 semester (semester 7 sd 10), ditambah dengan semester matrikulasi–semester sebelum semester 7– untuk mahasiswa yang D-III nya dulu non-akuntansi. Jadi untuk yang D-III nya Akuntansi, maka menempuh 4 semester, sedangkan yang non-akuntansi menempuh 5 semester. Total untuk mendapatkan gelar S.ST, seorang mahasiswa STAN membutuhkan waktu 5 atau 5,5 tahun.

Sebagian besar mahasiswa D-IV adalah mereka yang pernah bekerja di instansi pemerintah, seperti Depkeu, BPK, dan BPKP. Latar belakang inilah yang membuat metode pembelajaran di D-IV STAN berbeda dengan D-III atau bahkan universitas lain.

Secara umum, metode pembelajaran di D-IV adalah metode andragogi, atau metode pembelajaran orang dewasa. Artinya Sang dosen tidak terkesan menggurui, tapi lebih banyak berdikusi dan menyajikan seminar. Oleh sebab itulah, sebagian besar mata kuliah di D-IV berupa seminar. Metode ini dilakukan yaitu dengan cara sekelompok mahasiswa menyajikan materi sesuai topik bahasan, yang kemudian mahasiswa lainnya mendengarkan, menanggapi, dan mendiskusikannya. Sang dosen berperan sebagai pengarah diskusi, artinya membetulkan materi yang dibahas jika ternyata terdapat kekurangtepatan.

Apa yang dilakukan oleh mahasiswa dalam mempersiapkan materi presentasinya lah yang kemudian menjadi proses pembelajaran bagi mahasiswa. Mahasiswa menggali sebanyak mungkin sumber, baik dari internet maupun literatur yang lebih banyak bahasa inggrisnya daripada bahasa indonesianya. Proses diskusi sesama anggota kelompok. Ini semua adalah proses pembelajaran.

Selain itu, tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen, begitu banyak dan menumpuk. Mulai dari tugas paper, sampai dengan mini riset. Semua itu memerlukan perhatian yang tidak sekadarnya saja. Di sinilah saya katakan, nilai lebih dari berkuliah di D-IV STAN. Kita tidak perlu direcoki dengan urusan kantor. Fokus kita hanya belajar (disambi bisnis juga gak papa…^_^ )

Maka jika ada yang mengatakan bahwa anak STAN itu tidak dididik untuk menjadi decision maker, seperti yang dikatakan di blog ini, maka itu kurang tepat, karena jika melihat dan merasakan sendiri bagaimana proses pendidikan yang dilalui pada Diploma IV khususnya, justru inilah yang merupakan langkah advanced untuk menjadi decision maker kelak.

Sekilas itu yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Metode Pembelajaran di D-IV STAN

  1. Saya siswi 3 SMK.Saya ingin sekali melanjutkan studi ke STAN.Saya ingin memilih prodip yang waktu kuliahnya hanya sebentar,yaitu Keuangan Kurikulum Khusus,yang hanya 3 semester.Tapi,apakah ini program akselerasi?Karena setahu saya,ini adalah program D-III namun bukan program reguler.

  2. @mbak Robbayani: Program D-III Kurikulum Khusus, hanya diperuntukkan bagi mereka yang telah lulus Diploma I STAN. Untuk lulusan SMA, pilihannya hanya Diploma III (Diploma 1 sudah tidak dibuka lagi, kecuali Diploma I Bea Cukai). Sedangkan untuk Diploma IV, diperuntukkan bagi mereka yang telah lulus Diploma III. Begitu mbak. Kalau boleh tahu, kenapa ingin yang waktu kuliahnya hanya sebentar?

  3. boleh terangkan perbedaannya dari segi apa saja termasuk prospek kerjanya antara bea cukai Diploma I dan Diploma III?
    terima kasih.

    • lama pendidikan lebih singkat Diploma I. Diploma I tidak setiap tahun dibuka, sedangkan Diploma III insya Allah selalu dibuka. Prospek kerja sama saja, hanya akan lebih berat bagi diploma I untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, karena harus 2 tahun kerja baru boleh pendidikan lagi.

  4. bagi yg lu2s prodip I bea cukai,kemudian kerja 2 tahun kan.,,
    trus utk lanjut pendidikan,ke mana yg bagus’a ya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s