Bekam dan Pijat Refleksi

Seingat saya, pertama kali bekam saat tingkat 2 di Diploma III STAN. Sejak saat itu, saya bisa dikatakan rutin mendatangi tempat bekam di pondok safari. Saya merasakan manfaat dari bekam, sebelum dan sesudah bekam memang sangat berbeda sekali rasanya di tubuh ini, terasa lebih segar, bahkan hanya beberapa saat setelah dibekam. Biasanya saya minta di bekam di titik kesehatan (ada 3 titik) dan di titik racun (ada 2 titik). Kalo lagi pusing, biasanya ditambah dengan di titik pelipis. Subhaanallah, hasilnya memang terasa. Beginilah kalau memang disunnahkan oleh Rasulullah saw, pasti insya Allah bermanfaat.

Sedangkan pijat refleksi, saya pertama kali saat di tingkat matrikulasi STAN.  Awal tahu tempat refleksi yaitu pada waktu magang di kantor pusat BPK, sering melewati jalan menuju stasiun Pondok Ranji. Dan ketika kembali bersekolah, saya jadi inget pernah lihat tempat refleksi itu. Awalnya cuma penasaran pengen nyoba, kayaknya enak kalo dipijet. Meluncurlah saya ke tempat bekam di daerah Pondok Ranji Bintaro. Alhamdulillah saya juga merasakan manfaat dari dipijet refleksi ini. Badan jadi segar, walau setelah dipijet biasanya jadi lemes dan bawaannya pengen tidur. Tapi keesokan harinya, badan terasa segar. Apalagi dibawa untuk olahraga, insya Allah menyehatkan.

Nah, sekarang, setelah menikah dan bertempat tinggal di Utan kayu, sehingga menuntut saya untuk pergi pulang Utan kayu-Bintaro, saya mencoba untuk merutinkan bekam dan refleksi, sebulan sekali. Sebagai salah satu ikhtiar untuk menjaga kesehatan, di samping minum suplemen, seperti: habatus sauda, madu, sari kurma, chlorophyll, dan jahe merah. Alhamdulillah kesehatan terjaga, meski beberapa kali sakit. Sakit juga kita perlukan, sebagai sarana mengistirahatkan tubuh, sarana untuk lebih ingat pada Allah, dan lebih bersyukur atas karunia sehat yang Allah berikan.

Ada dua nikmat Allah yang sering kali dilupakan oleh manusia, yaitu nikmat sehat dan nikmat memiliki waktu luang. Semoga Allah menolong kita agar dapat bersyukur atas nikmat-nikmatNya.

also posted at: www. dinoyudha.multiply.com and www.memyself-dino.blogspot.com

Leave a Reply

