Perkembangan Anak Usia 2 Bulan

morfoto-babygm-crysickAnak saya, Afifah, saat ini menjalani kehidupannya di bulan kedua. Saya mencoba mencari tahu perkembangan-perkembangan apa pada umumnya yang terjadi pada bayi usia 2 bulan. Berikut adalah yang saya dapatkan:

Fisik

Usia 2 bulan, anak Anda akan makin montok dan menggemaskan. Berat badannya berkisar 3,6 – 5,2 kg, panjang badannya antara 52,8 – 58,1 cm, dan lingkar kepalanya berkisar antara 35 – 41 cm.

Tubuh belum bisa tegak, tetapi sudah bisa disandarkan di pangkuan ibunya. Otot leher masih belum mampu menahan kepala, sehingga kepala masih harus selalu disangga dengan bantal. Kalau Anda tengkurapkan, kadang ia berusaha untuk mengangkat kepalanya meski hanya sebentar.

Photobucket

Gerak Alat Tubuh

Kedua kaki dan kedua tangan sudah bisa merenggang. Sehingga ketika ditelentangkan, ia akan menendang-nendang udara. Lutut dan tungkai anak juga makin kuat dan makin aktif. Tungkai sudah bisa diluruskan. Kekuatan tungkai dan lutut inilah yang membuat kaki sudah dapat digerak-gerakkan, dan mulai bisa dijadikan tumpuan ketika ia akan belajar untuk memiringkan badan.

Kepalan tangan juga sudah perlahan mulai merenggang dan membuka. Sehingga ia sudah tidak mengepal lagi. Refleks-nya untuk menggenggam juga mulai berkembang.

Respon Motorik

Pada usia ini ia juga mulai bisa tersenyum dan bisa diajak berkomunikasi melalui ekspresi senyum dan tangisnya. Seiring bertambahnya usia, ia akan makin sering tersenyum pada orang yang dia sukai, orang dekat, atau orang yang membuatnya nyaman.

Pendengarannya juga semakin baik, ia sudah dapat menemukan dari mana arah sumber suara, dan bisa mendengar jika Anda berbicara di ruang sebelah dari kamarnya. Ia juga mulai bereaksi terhadap bunyi-bunyian. Misal bunyi lonceng di dekat telinganya akan membuatnya memerhatikan dan tertegun.

Ia amat menaruh perhatian pada suara ibu dan bapaknya. Bagus sekali jika pada usia ini, anak mulai diperkenalkan dengan musik yang halus atau dibacakan cerita, meski ia belum bisa menikmati dan mengerti isi ceritanya. Indera peraba juga sudah berkembang pada bulan ke-2. Anak akan senang dibelai, dan akan marah atau menangis jika mendapat perlakuan kasar, misalnya ketika kita memaksanya untuk menelan cairan imunisasi.

Indera penglihatannya juga sudah semakin bagus. Pada usia ini, padangan mulai fokus. Anak juga mulai bisa merasakan warna di sekitarnya, terutama warna-warna terang yang mencolok.

Tak hanya warna hitam – putih, tetapi juga warna-warna lain. Sebaiknya Anda merangsangnya dengan memberikan mainan yang berwarna-warni, dan menggerakkannya di dekat matanya. Matanya akan mengikuti pergerakan mainan yang memiliki warna terang.

Emosi

Bila di usia sebelumnya anak lebih banyak diam dan tak tersenyum, maka di usia ini anak mulai tersenyum. Perilaku ini umumnya muncul saat perut ia kenyang, ingin bermain, atau ingin merespons pembicaraan. Anda harus selalu tersenyum pada setiap kesempatan bersamanya.

Contoh; saat memandikan, bermain, memakaikan baju dan sebagainya. Dengan demikian anak merasa aman dan senang. Sehingga kelak ia akan tumbuh menjadi anak yang penuh rasa percaya diri dan cerdas secara emosi.

Bahasa

Selain mengungkapkan perasaannya dengan tangis, pada usia ini, anak mulai bisa mengeluarkan suara. Umumnya bunyi vokal ‘aaa, ooo, eee’, kadang ditambah dengan konsonan ‘p, b’ atau m’.

Mengeluarkan suara merupakan aktivitas yang paling menyenangkan bagi anak. Begitu pula mendengarkan suara. Sebaiknya Anda mulai mengenalkan pada musik, dan membacakan buku-buku cerita.

Sosialiasi

Aktivitas sosialisasi juga mulai tumbuh, terutama dengan ibu. Ia suka menatap ibunya lama-lama sambil menyusu. Stimulus seperti ciuman, usapan, dan belaian kasih sayang, akan membuatnya merasa aman dan merasa terlindungi oleh orang-orang di sekitarnya.

ASI

Pemberian Air Susu Ibu disarankan jangan sampai terputus.***

Sumber: http://morinagaplatinum.com/

About these ads

100 thoughts on “Perkembangan Anak Usia 2 Bulan

  1. Saya kustini, 34 thn, punya anak 2. 2 bln terakhir ini saya melahirkan anak yg k 2. Anak saya waktu lahir kepalanya bagus, kok sudah 2 bln jd kampeng ya, kepala belakang cendrung rata tdk ada benjol bulatnya, apakah pengaruh gizi atau pengaruh posisi tidur?

  2. info yang bagus, terima kasih.. saya memiliki anak yang usianya hampir 2 bulan.

  3. Assalamu’alaikum,
    Subhanallah…bermanfaat sekali ilmunya. Saya ibu muda yang juga sedang belajar tentang anak-anak. Syukran jaziilan…

  4. anak saya 2 bulan, mimik Asi dan susu formulanya sedikit. klo siang minum susu dgn botol krn tak tingal kerja, trus klo mlm netek ma Aku, berat nyaa skrg 4, 3 kg… lair dgn berat 3 kg sudah wajarkah perkemabangan anaku ?

  5. Nathania skrg sudah 2 bulan, knapa dia sering sekali muntah ya?
    Hampir tiap hari. Padahal sudah di sendawakan.
    Bahaya tidak ya?
    Apakah akan ada efeknya kalau dia besar nanti?
    Terima kasih sebelumnya.

    • insya Allah nanti akan hilang seiring dengan perkembangan si anak Bu..

    • ass,,,,,,,
      nama sy meyra, ank pertama sy usia y sdh 2 bln 2 mggu, lahir prematur 8 bln dg brt bdn 2,2kg. brt skrg 3,9kg apakah dy sht dg brt segitu,,,,

    • sama bu dgn anakku.. hampir selalu muntah tiap minum susu pdhl sdh disendawakan jg… :(

      • anakku juga umur 2 bulan lebih, sbelumnya juga sering muntah, tyta kata dokternya kebanyakan minum susunya. Kalau uda kenyang jangan dikasi susu lg. Dulu saya pikir kalau ngemut2 jarinya berarti haus, tyt salah itu reaksi perkembangan anak umur 2 bulan mulai memasukkan semua kemulutnya, jadi kalau disodorkan susu ya tetep diminum walau da kenyang jadinya muntah deh.

  6. Anak ke-2 ku Rafka kok kalo dilihat masih belum fokus penglihatannya terhadap apa yg ada didepannya, dia lebih cenderung sering melihat ke atas. Kira2 bermasalah penglihatannya bermasalah ga ya ??

  7. cyrill dua bulan setengan dia aktif banget apakah wajar dan bicara terus pinter kali ya

  8. trims infonya berguna sekali. Anak saya Keisha umurnya hampir 2 bulan. BBnya 5,5 kg. Sudah mulai sering tersenyum dan mengocah eeee… oooo…. dsb. Tapi setiap malam sekitar jam 9 – 12 malam koq selalu rewel ya, apakah memang semua bayi umur segitu selalu rewel di malam hari? saya sudah mengusahakan semua cara mulai dari memberi susu formula (kebetulan sudah tidak mau minum ASI), menimang2 dan menyanyikan lagu2 lembut untuk bayi, dsb tapi hanya bisa diam sebentar lalu rewel lagi. setelah diatas jam 12 atau 1 dinihari baru bisa tidur nyenyak sampai pagi. kira2 knp ya mbak?

    • babyku juga gitu bu… malahan lebih parah, nangisnya mulai 2 pagi sampe jam 5 pagi…

    • iya bu, baby ku jg begitu.. insyaallah nanti akan berubah dgn sendirinya

    • mungkin kolik bu. coba deh search tentang kolik. anakku juga gitu dulu.

    • jika anda seorang muslim,,coba bacakan surat Arrahman, atau perdengarkan murotal melalui hp atau lainya, atau biasakan anda wudlhu sebelum tidur atau sebelum menyusui,,

    • Bayi ku jg gitu……tiap tengah malem bgn n rewel…..dr jam 12malem sampe jam 3subuh….ada yg tao Gª th sebab nya apa???Gª Nangis (-̩̩-̩̩͡_-̩̩-̩̩͡) berlebihan…jd kyknya bkn kolik…rewel n Gª mo tidur…

  9. Ass. Sy ibu rmh tgg brusia 26th dan mmpunyai bayi brumur 2bln. BB bayi saya skrang mencapai 7,2kg, yg ingin saya tnyakan apkh BB byi sy trsebut trmasuk normal pd usiany? Atau apkh klak ank sy brpotensi kgemukn? Trims…

  10. trimakasih bgt infonya mbak… Anak saya Cenna, usianya 2 bln smgu tp blm saya timbang, terakhir bln lalu… waktu usianya 1,5 bln dia malah sering tidur miring sendiri, tp setelah saya tinggal kerja n diasuh neneknya dia mulai jarang miring sdri, tp klo dimiringkan sie bisa… minum susu formula pun kalo siang(saaat saya kerja) jga rada menurun, dari yang biasanya 200ml malah skrg jd 120ml gt.. gmn ya? syukran jazilan

  11. anak saya usia 2 bulan kurang,kenapa ia klu setiap magrib nangis terus.tapi kalu sama ibunya si BB ngga mau digendung maunya sama bapaknya.klu BB

  12. mafaat sekali infonya,………makasih.

  13. Saya seorang ibu dgn dua anak yg pertama cowo 5 Thn yang kedua cewe 2 bulan BB 6,5 Kg tinggi 63 Cm bagaimana perkembangan anak saya masih wajarkah? mengingat wkt lahir dia BBnya 4.050 Gram trima kasih juga utk infonya

  14. makasih infonya, saat ini anak saya usianya 2 bulan BB 4,7 kg. informasinya sangat menambah wawasan.

  15. bermanfaat skali infonya…thanks :)

  16. saya tdk seberuntung ibu2 lain yang bisa menyusuai anaknya, dr lahir sidede tdk minum asi, skrng usianya 2,9 bln beratnya 5,1kg..gimana daya imunnya besok mengingat dia ga minum asi….

    • trims infox saya jg gak beruntung spt bunda2 yg saya dk menyusui baby saya umur 2bln10hr berat wkt lahir 3.8kg skrg beratx5.6 baby saya koq sedikit minum susu cm 60ml,klw kebanyakan muntah,,wajarkan baby seusia segitu minum susu segitu,apa kebut gizinya tercukupi?

      • bayi saya klw malam cuma minum 2smp 3 kali cm dgn takaran 60ml,tp dia tdk nanggis ataupun rewel,,klw minum susu lama sekali sambil mainan bisa sampai 1 jam br hbs,,tp utk perkembangan alhamdulilah sama dgn penjelasan diatas,apakah ckp kebut,gizinya?wajarkah?trims

  17. Minta info dok, dokter operasi plastik bibir sumbing dipekanbaru dokter yang bagus bisa referensi kan gak, thanks…ani 27 thn pekanbaru

  18. alhamd. anak saya jg skarg berusia 2 bulan… thx buat infonya ya,..

  19. thanks infonya. anak saya juga umur 2 tahun, menyenangkan sekali.

  20. anak saya baru berumur 2 bulan pas, tapi ko sudah bisa tengkurap malah kepala juga sudah bisa bergerak.

  21. Anak ku umurnya 2 bulan 2 minggu beratnya 7 kg. PB nya 62 cm.menurut saya selama msh minum Asi si baby ga akan bpotensi obesitas.

  22. saya punya anak umurx sekitar 2 bulan, dulu di jarang meangis tapi sekarang lebih banyak menangisx, apa kira2 yg menyebabkannya?

    • Kata orang, menangis bagi bayi itu bisa berfungsi sbagai olah raga,,dan membuat fisikx kuat…wallahu a,lam

  23. Terima kasih infonya bermanfaat sekali..anak saya Baby Ratu umur 2 bulan kurang seminggu,alhamdulillah perkembanganya sesuai keterangan diatas… :)

  24. Anak saya usia 2 bulan 6 hari beratnya ud 4.5 kg… Dia ud bisa diajak ngobrol dan nyanyi, kalau diajarkan “lagu baru” dia tertawa… udah mau tengkurep n ngegerakkin badan n kepalanya ke atas di tempat tidur (kayak ubur2 gitu) jadi harus hati2 kalau ninggalin dia lagi ga bobo.. aq juga kerja jadi aq tinggalin ASIP 2-3 botol sehari, kalau sore dan malem aq kasih langsung…

  25. wah… persis bgt ni… makasih ya..

  26. anak saya 2 bulan,tp blm respon terhadap suara..tp dia pernah kaget jg.

  27. anak saya umur 2bln stngah skrg ini aktif sekali berceloteh. brp hr ni dia mencoba untuk memiringkan badanny, memasukkan jari”ny ke dlm mulut dan waktu tidurny agak berkurang tapi minum susu asi dan susu formulany malah bertambah..apakah itu perkembangan dari bayi

  28. anak saya pada usia 1 bulan tiba-tiba muncul bercah merah pada kulit hidungnya, ini penyakit apa ya? saya jadi khawatir. kelihatanya kok makin melebar, saya mesti konsultasi kemana? mohon bantuanya

  29. awalnya dikira habis kena gigitan nyamuk tapi sampai memasuki uia 2 bulan kok ndak hilang, malah melebar

  30. mohon penjelasan dong soal frekuensi tidur pada bayi usia 2 – 4 bulan, apa memang mereka sering tidur (mudah mengantuk), hal tersebut (sering tidur/kebanyakan tidur)berpengaruh ga untuk perkembangan bayi?

  31. terima kasih atas infonya, umur usia bayi saya 2 bulan.. lagi lucu lucunya suka tersenyum :)

  32. subhanallah,,,informasi yang bagus,,,,kita para ibu2 memang perlu banget punya komunitas untuk share,,,alhmdlh anak saya juga usianya 2 bulan lebih 2 hari,,berat badannya sekarang sudah 4,6kg,,alhmdlh perkembangannya juga sudah seperti yang dijelaskan diatas,,,terima kasih ya

  33. anak saya usianya 2 bulan setengah.akhir akhir ini BABnya 3 hari sekali.masih wajar atau tidak?

  34. sangat bermanfaat sekali infonya, terimakasih. tapi ada yang saya mau tanyakan, anak saya pas menginjak usia 2 bulan dia sering memasukkan tangannya ke mulutnya, apa tidak apa-apa? akan menjadi kebiasaan buruk tidak ketika ia besar?

  35. ank’q usia hri ni tepat 2 bln.. tp berat badan’y hanya 4kg 4ons.. kata’y usia 2bln minimal berat badan ank seharus’y 5kg.. apakah ank’q kurang ASI..

  36. anak saya berusia 2 bln, kenapa yach bayi saya matanya keluar air mata tetapi tidak nangis….?

  37. Latifa skrg udah 2 bulan kurang sminggu…alhamdulillah dr minggu kmrn perkembangannya dah ssuai dgn artikel diatas…tp sayangnya,krn asi aq dikit bgt jd lbh banyak pake sufor..hiks,pdhl dh brbagai makanan dmakan…makasih infonya,brmanfaat bgt.

  38. Usia anak saya memasuki usia 2 bulan, saya sangat menikmati stiap prkembangannya. Walau kadang kebiasaannya berubah2 tp saya sngat bahagia.

  39. kini anakku berusia 2.5 bulan,, perkembangannya sangat teratur BBnya wktu 1.5 bln 4.7 kg … saya memberikan asi eksklusif, walaupun saya bekerja ttp saya berikan asi dengan menyimpan di kulkas,, anak saya lagi suka menghisap tangan ke mulutnya dan banyak bicara kdg tertawa sendiri. wajarkah itu semua?

  40. anak saya usianya 2 bln, saya bingung nih karena dia ga mau minum pake botol susu, maunya hanya ASI, padahal 1 bln lg sy hrs msk kerja, gimana nih agar anak mau minum pake botol susu

  41. Wajarkah kalau anak saya yg waktu berusia 2 minggu sudah seperti anak berusia 2 bulan..?
    Dan sekarang anak saya berusaia 2 bulan sudah bisa mengucapkan kata mama, cepat, pulang mamam, nenen, ayun, main tp masih samar-samar..?
    Apakah usia 2 bulan sudah bisa di beri makan..? (Pisang)

  42. ass. .ank sy skrg usiax 3bln krang 2minggu. .wk2 usiax memsukq 2 blan.dy sring bnget mnatp keatas. . .pa kebiasaanx i2 tdk akn mempengaruhi matax kelak. .?
    Sy jg mw mnxkn pda usia brp ank bayi bisa mengangkt kepalax. .??
    Nak sy smpe skrg blum bs. .pa i2 msh n0rmal.
    Makasih.

  43. my baby 2 hari lagi mau 2bln..
    anakku lahir prematur.. apakah klo lahir prematur perkembangannya agak lebih sedikit terlambat drpd yg lahir normal 9bln??
    sekarang anakku belom fokus penglihatannya, tp klo diajak ngobrol papanya suka tertegun dan memperhatikan, tp matanya belum mengikuti gerakan..
    bersuaranya juga masih jarang2.. mengucap aaa.. gitu :(

  44. anak saya usia 2 bln 6hr,,memiliki berat bdn 4,2 dn tinggi bdn 57 tetapi bidan sy mengatakan bayi sy kurang berat bdn nya,,itu gmn y apa pertumbuhan bayi sy bermasalah ??

  45. Alhmd,,,thx inform nya,bwt sya tnang,
    Bby sya 2 blan,beratnya 5,2kg,sekarang sering rewel,dan klo minum asi sambil bersuara seperti mengigau,saat diajak menonton tv sring tersenyum
    apa tidak berpengaruh pada perkembangannya?

  46. ass.
    mnta’ solusinya donk.
    saya kan harus bkerja.
    tpi anak saya gak mau dkasih susu formula apa lgi mnum pkai dot.
    apha yg hrus saya lakukan???
    trimakasih

  47. ass.
    mnta solusinya donk.
    saya kan mau bkerja.
    tpi anak saya mulai lahir smpai skrg umur 2bln dy gak mau mnum susu formula ataupun mnum dot bayi.
    apha yg harus saya lakukan.
    trima kasih

  48. di kasih asi perah bu… asi nya di perah, alat perah asi bisa diperoleh di apotik2. nah asinya bisa disimpan di kulkas. jika ingin diminum asi dihangatkan terlebih dulu pakai baskom yg berisi air hangat. bisa di search lg info nya di google ya

    • Ass. Nama bayi saya Haura skrg usianya 2 bln, dia suka memasukkan jari ke mulutnya, pada awalnya dikira lapar tp ktk diksh ASI emang diemut tp akhrnya suka muntah bhkan ASI yg diminum dr pagi dimuntahkan semuanya, apa solusi utk mslh ini ya? Trim’s sblmnya.

    • Anak saya umur 1,5 bulan,belum ditimbang waktu lahir brat.y 2,8 lalu waktu 1 blan brat.t 3,6,skrg dia sdh bisa miring2 berusaha untuk tengkurap,dan sama seperti yg d.artikel atas,tapi kenapa ya anak saya setiap habis menyusui selalu muntah,padahal sudah disendawakan tapi tetap saja muntah,waktu prtama lhr d.ksh sufor tp sm aja ttap mntah? Kenapa itu?Bahayakah?

  49. ass
    anak saya umur 2 bulan kenapa maunya di gendong terus, kalau ditaruh walaupun udah tidur 5 menit bangun lagi , kenaapa ya mbak

  50. ass,ank sy usia 2 bln lbih 3 mggu bu,xo diajk ngomg kadg mtanya g bs fokus
    tp kadg jg bs fokus bahkn smpe trtw.pa brmslh

  51. anak saya hari ini pas berumur 2 bulan, BB-nya sekarang 3,9 kg (waktu lahir beratnya 2,3 kg) oleh bidan diminta untuk diberi susu formula (katanya) untuk menaikkan berat badannya. apakah ini tidak terpengaruh ke ASI-nya nanti, jangan sampai karena minum sufor ASI-nya malah “ngambek” (tdk mau keluar lagi)?

  52. bu,saya nurlida.ank saya brumur 2 bln 2 minggu.kdang2 ank saya mengeluarkan lendir dr mulutnya.mohon bu petunjukny

  53. saya seorg ibu yg baru mmpunyai ank 1 cewk brusia 2 bln. sy mo tny knp y kok ank sy suara’a trdngr sprti org ngorok(mndengkur), ap it mmng wjr pd ank byi. trim’s tlg info’a.

  54. anak saya berumur 2 bulan 2 minggu berat ny 4,7 kg..gmana perkembngan anak saya bu..BB kurang atau lebih

  55. trims infonya , sangat bermanfaat bagi saya yang juga punya bayi usia 2 bln 3 minggu .

  56. wah…tulisan2 yg bermanfaat …jdi bxk tw untuk prkmbangan bayiku

  57. baby Ziyyan 2m12d ASIX, BB 7,8kg n TB 64 cm..udah pinter ngoceh,udah senyum n ketawa klo diajak becanda..gerakan kaki n tangan aktif sekali, mw blek2in badannya..

  58. thx bgt informasinya..aku punya baby kembar sepasang yg sebentar lagi usianya 2 bln,,yg cew sekarang BB nya baru 3 kg,dari usia 0 bulan kyknya klo tidur ga pernah nyenyak & jarang sekali tidurnya pules,pdahal bayi2 usia segitu kan banyak tidurnya tapi c kecil malah jarang tidur & sering terjaga,,apakah itu bisa mempengaruhi perkembangan otaknya kelak??

  59. bayi saya usia hampir 2 bulan,,beratnya sdh 5,65 grm,,panjangnya 57 cm. bayi saya ini perutnya kembung terus,,dan sering cekuk-an,,trus . Defecatienya masih cair,kadang saya kasian kalo dia suka kesakitan perutnya kram di perut gitu,,dia dapat asi exclusief/ Bisa tanya solusinya ya bu??

  60. infonya bgs bnget.oh ya..anak saya skarang usianya udah 3 bln, tp blm tengkurap,usia berapa iidealnya anak bisa tengkurap? mhn jwbannya.

  61. ibu2, bisa bantu info pengalaman? baby saya umur 2,5 bln, lahir 3,9 kg, tp saat ini berat hanya 4,4kg. kadang muntah, rewel setiap malam (jm 11 mlm-3 pg), meski sekarang sudah jauh berkurang rewelnya. tapi kadang masih muntah. faktor apa ya yg bikin berat gak naik2, dan kira2 solusinya apa? masih tetap dengan ASI.tks

  62. anak saya usianya 10 bln,tapi berat badanya hanya 6,7kg…padahal makanya lahap,,,,jdi apa yg harus sya lakukan untuk menambah bb. nya..trims.

  63. Assalamu’alaikum,,
    anak saya umurny 2 bulan 26 hari.. BB waktu lahir 2.9 kg panjang 53 cm.. tapi smpe skarang BB nya baru 3.9kg apa wajar untuk bayi seumuran anak saya ??
    Mohon jawabannya..saya khawatir dgn pertumbuhan anak saya.

  64. anakku usia 2.5 bln,skrg sudah mulai aktif mengeluarkan suara,sudah bs diajak ngbrol,lucunya..gerak kaki dan tngan aktif..alhamdulillah perkembangan motorik nya bagus bgt..tp kok jd sering main air liur y?kata org sh ada ngidam yg ga ksampean heu2 tp kan gda hưb nya sm medis,kira2 dari segi medis,itu knp y?

  65. anak sy berumur 2bulan,minum asi 1bulan danskarang full formula…sy perhatikan ad bunyi grek2 gt seperti flue…. tetapi tidak flue… apakah itu artinya alergi susu formula? trus solusinya gmana… apaah tidak apa2

  66. usia brp bulan bayi sudah boleh ikut baby spa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s