Exhaust Fan – Mempercepat Sirkulasi Udara di Rumah

exhaust-fan-regularExhaust fan berfungsi untuk menghisap udara di dalam ruang untuk dibuang ke luar, dan pada saat bersamaan menarik udara segar di luar ke dalam ruangan. Selain itu exhaust fan juga bisa mengatur volume udara yang akan disirkulasikan pada ruang. Supaya sehat setiap ruang butuh sirkulasi udara berbeda sesuai dengan fungsinya. Misalnya, ruang tidur butuh pergantian udara 2 – 4 kali per jam, kamar mandi 6 – 10 kali, dan dapur 10 – 15 kali. Untuk ruangan ber-AC, exhaust fan adalah pasangan yang saling melengkapi. Yang satu menyejukkan, yang lain mengurangi kelembaban ruangan.

Exhaust fan dipasang pada ruangan yang sirkulasi udara alaminya dianggap kurang memadai. Jadi, pemasangan merupakan upaya mekanik untuk mengoptimalkan pergantian udara di ruangan. Ada beberapa tipe exhaust fan menurut pemasangannya: yang dipasang di dinding (wall mount), jendela kaca (window mount), dan plafon (ceiling mount).

Untuk wall mount exhaust fan, bagian belakang dinding harus area terbuka untuk pembuangan udara seperti halaman. Begitu pula untuk tipe yang dipasang di jendela kaca (ketebalan 3 – 7 mm). Bila dipasang di antara ruang dalam satu ruangan besar, pastikan ada akses keluar masuk udara pada ruangan besar itu.

Sementara ceiling mount exhaust fan hanya berfungsi melepas udara dari ruangan. Pada tipe ini ada jenis ventilating fan yang dilengkapi pipa penyalur udara ke luar. Maspion misalnya, untuk tipe itu melansir produk baru yang dilengkapi lampu (fitting lamp).

Ada exhaust fan model baling-baling (propeler fan) untuk hunian, ada juga yang sirocco fan (sentrifugal seperti cara kerja baling-baling AC) untuk bangunan komersil dan industri. Hampir semua produsen melengkapi produknya dengan kisi-kisi (louver) untuk melindungi baling/kipas, dan oil cup untuk menangkap minyak yang ikut tersedot dan menempel di bodi kipas.

Motor exhaust fan dilengkapi sekring pengaman. Jadi, bila panas karena terlalu lama bekerja, motor tidak rusak tapi hanya sekringnya yang putus. Motor juga memiliki sistem pelumasan agar motor lancar berputar. Exhaust fan dinyalakan secara manual dengan menarik tali (cord operated shutter) atau elektrik (menggunakan saklar). Konsumsi listrik exhaust fan untuk rumah tinggal antara 15 – 45 watt. Amalia M Roozanty.

Umumnya produsen sudah memudahkan konsumen memilih exhaust fan sesuai ukuran ruang, dengan menyediakan tipe-tipe dengan diameter berbeda. Misalnya, exhaust fan berdiameter 8 inci untuk ruang 4 m2, 10 inci untuk ruang 8 m2, dan 12 inci untuk ruang hingga 12 m2.

Namun, ada baiknya Anda memilih exhaust fan berdasarkan kebutuhan pergantian udara dalam ruang. Untuk itu ukur luas ruang (panjang x lebar x tinggi). Misalnya dapur dengan panjang 3 m, lebar 3 m, dan tinggi 2 m atau luas 18 m2. Karena menyangkut udara di ruangan, ukuran dimensi ruang yang dipakai adalah meter per kubik.

Jadi, dimensi dapur menurut contoh di atas adalah 18 m3. Selanjutnya, kalikan ukuran ruang dengan kebutuhan pergantian udara per jam dapur, yakni 18 m3 x 13 kali pergantian udara = 234 m3. Setelah itu baru datang ke penjual dan minta exhaust fan untuk sirkulasi udara dengan volume sebesar itu atau lebih.

Berikut ini cara kerja EF :
# Kita asumsikan EF terpasang pada suatu ruangan dengan ukuran proporsional, satu ruang dengan luas 12 meter persegi akan memadai dengan 1 EF ukuran 10 inchi, tentunya perlu diperhatikan bahwa di ruangan tersebut harus ada ventilasi/lubang udara yang lain.

# EF akan berfungsi pada mode ‘exhaust’ atau menghisap, bukan pada mode ‘fan’ seperti kipas angin biasa.

# Saat EF diaktifkan maka EF akan menghisap udara dari dalam ruangan dan membuangnya keluar ruangan.

# Udara yang dihisap dan terbuang adalah udara ‘kotor’ yang sebelumnya berada di dalam ruangan.

# Dengan terhisap dan terbuang tentu volume/jumlah udara kotor di dalam ruangan akan berkurang.

# Setiap kali udara (kotor) terhisap keluar maka udara bersih dari luar ruangan akan masuk ke ruangan melalui lubang ventilasi, begitu seterusnya, hal tersebut dimungkinkan karena saat udara terhisap ke luar maka TEKANAN UDARA TOTAL di dalam ruangan menjadi lebih kecil dari tekanan udara di luar ruangan, dengan demikian maka ruangan akan mendapatkan supply udara dari luar ruangan.

# Hal ini akan terus berulang selama EF dalam keadaan ON. Dengan demikian maka udara di dalam ruangan akan terasa lebih segar dan tentu saja sejuk, karena volume udara kotor selalu terhisap keluar dan digantikan dengan udara yang bersih setiap saat.

Photobucket

About these ads

78 thoughts on “Exhaust Fan – Mempercepat Sirkulasi Udara di Rumah

  1. TFS.. kebetulan lg cari-cari EF

    • TFR…Saya juga sedang mencari, belum beli…^_^

    • Selamat siang mohon saran dong ini email saya d_karya@yahoo.com, dgn Djumhana…..ruang keluarga saya panjang 12 meter, lebar 7 meter dan tinggi 5 meter, dibagian belakangnya ada ruang terbuka sedikit tapi diatasnya tertutup rapat takut hujan nah didalam selalu panas, kalau pakai exhaust pakai ukuran berapa , merek apa harganya berapa belinya dimana terima kasih kalau bisa sekalian install dan berikan spesifiknya dan alternatifnya

  2. Halo, salam kenal. Sy mau minta saran dong. Ruangan sy luasnya 18m3. Ruangan tsb hanya ada 2 kaca besar (2×2) tanpa ventilasi. Apa bisa EF digunakan di ruang tsb. Sy blm ada budget utk AC. Trm ksh sebelumya. Salam

    • Salam kenal juga Kang Adi…
      Iya bisa.. malah sangat cocok. Mungkin EF yang seperti saya punya tepat, dengan ukuran seperti itu. Insya Allah bermanfaat kok..

  3. kang mo tanya neh.. baik ngga kalo exhaustnya di pasang antara kamar dan ruang tengah maksudnya udara yg dihisap dari kamar kemudian dibuang ke ruang tengah sehingga ruang tengah jd ikutan adem

  4. Assalamu’alaykum Wr.Wb…Saya mo nanya nih..,saya dah pasang Ac 0,5 pk di ruangan 3m x 3m,trus kalo saya pasang exhaust didinding ,supaya kamar sebelah yg ukuranya jg 3m x 3m jg kena udra ac bagus ga ya?Bagusnya Exhaust ukuran berapa ya?

    • wa’alaikumussalam wr wb
      Oh iya, seperti itu tidak masalah..memang prinsipnya EF ga berfungsi kalo sudah ada AC. Tapi, kalo untuk menyalurkan udara sejuk ke ruangan sebelah, tidak mengapa. yang kecil saja cukup, 8″.

  5. kang mo nanya nih,kamar saya 3m x 3m x 2m udah pasang ac 0,5 pk trus biar kamar sebelah yang ukurannya jg 3m x 3m x 2m jg kena hawa ac nya,klo saya pasang exhaust bagus ga ya? trus yang ukuran brapa inci ya

  6. saya mempunyai ruangan 9×7 dan sering digunakan untuk ruang pertemuan antara 20-40 orang. kira2 digunakan kipas exhaust ukuran brp?
    trima kasih.

  7. Hi Dinoyudha,
    terima kasih sekali dengan tulisan ini karena kebetulan saya sedang mencari informasi mengenai EF, untuk kondisi rumah saya yang sangat kurang sirkulasi dan ceiling yang rendah.

    ada dua ruangan yang menghadap ke halaman luas, jadi sudah tidak masalah untuk pemasangan EF, bagaimana dengan 3 ruangan lainnya kamar tidur kedua, dapur dan kamar mandi, karena hanya berbatasan dengan ruangan lainnya dan atau keatas. apakah lebih baik membuang udara ke ruangan lain atau memasang EF di ceiling ruangan?

    berapa kisaran harga yang dibutuhkan untuk satu EF? dan apakah ada merek yang direkomendasikan dari pengalaman anda?

    saya memiliki dapur dengan ukuran p = 6 m, l= 1.5 m dan tinggi 3 m, berapa kira2 ukuran EF yg saya butuhkan degan pertimbangan ini ruangan dapur?

    terima kasih banyak

    best regards
    Rian

    • Hai juga Rian..
      memang sebaiknya udara dihembuskan ke luar rumah, agar mendapatkan sirkulasi udara yang sejuk adri luar rumah.
      Untuk kamar kedua, bisa dipasang EF dengan mengarah ke pintu rumah, meskin tidak langsung ke luar rumah, paling tidak udara itu akan mengalir ke luar melalui pintu rumah.
      Untuk kamar mandi, sebaiknya memang diarahkan ke luar rumah.
      Untuk dapur, bisa dipasang EF di ceiling jika memungkinkan.

      EF ukuran 12 inchi harga sekitar 200 ribuan.
      Maspion sudah bagus kok. Kalo mau lebih bagus lagi, Panasonic.

      Untuk dapurnya, mungkin yang cocok 12 inchi.

      maaf jika ada kekurangan.

  8. Salam kenal Pak Dino,
    Saya mo nanya, kamar mandi rumah saya ukuran 2×3 m,tp tanpa ventilasi sama sekali(di atas dijelasin hrs ada lubang ventilasi yg lain).Bisa ngga kalo dipasang EF?ukurannya brp?
    Thanks.

    • Salam kenal Bu Erin
      Bisa saja bu, meski hasilnya kurang maksimal, tapi tetap ada udara yang mengalir keluar, jadi tidak masalah. ukuran yang kecil saja, 8 inch.

  9. Mau tanya, apa ada bedanya antara exhaust fans dengan ventilating fans. terima kasih

  10. Mau tanya, apa ada bedanya antara exhaust fans dengan ventilating fans? terimakasih.

  11. trima kasih atas informasinya. berguna banget nih

  12. Assalamuaikum mas dinoyudha
    Sebelumnya mohon minta pencerahannya nih mengenai sirkulasi udara dan EF nih, sbb:
    1. Apakah alat penghisap yg biasa ada dikitchen set atas kompor itu trmasuk EF?
    2. bagaimana cara kerjanya? Serta bagaimana instalasi pembuangan udara “kotor” tersebut, apakah bisa menggunakan pipa 3″?
    Thks sebelumnya. Wslam

    • wa’alaikumussalam wr wb.
      1. itu namanya hooker ya.. dia fungsinya menghisap udara panas hasil pembakaran saat memasak.
      2. hooker menghisap udara panas hasil pembakaran saat memasak, kemudian udara yang dihisap tersebut akan mengendap menjadi kotoran berupa endapan basah di dalam hooker, yang harus dibersihkan. jadi tidak dialirkan keluar seperti EF.

  13. mas , aku mau tanya . aku tertarik menggunakan EF . kamarku berukuran 9m x 3m . pake ac . tpi sm skali gk ad jendela atau ventilasi . cocok gak kira kira pake EF ??

  14. mas, mao tanya:
    1 aku mao pasang EF si sebuah ruang mesin ukuran P:16M X L:1M X T: 0.4 M, apakah EF mampu menarik udara kotor sampai keujung ruangan, karena EF yg saya pasang cuman di bagian sisi depan, dan di belakang berfungsi sebagai ventilasi untuk udara baru (sepanjang 16 M).
    2. ukuran EF brp inch yg cocok buat ruangan spt itu,dan mungkin merk EF apa yg lbh di sarankan,(EF yg tahan hidup nonstop 24 jam setiap hari)THX.

    • Kalau yang ukuran 12″ bisa untuk ukuran 12m persegi.. sepertinya ruangan bapak perlu 2 buah EF jika memang ingin maksimal mengalirkan udara kotor/panas dari ruang mesin.. terlebih adanya panas yang disebabkan oleh mesin yang beroperasi.. demikian jawaban saya..

  15. thanx buat artikelnya.
    aku sudah coba pasang EF di kamar tidur ku
    emang sangat terasa perubahan sirkulasi udaranya,. GBU

  16. askum , mas sebenernya ada perbedaan yg signifikan g antara exhaust fan dan ventilation fan? kamar ku panas tapi ventilasi nya kecil.. bagusnya ventilation fan apa exhaust fan? ventilation fan terbagus apa ya?

  17. Hai, mau tanya, saya mau mengatasi panas di lantai atas (kira2 2m x 4m), tepatnya di “foyer” depan pintu2 kamar (ada 3 kamar).. setiap kamar sih sudah ada ACnya, tapi ketika keluar kamar, panasnya terasa sekali.. tidak ada ventilasi di lantai atas.. ventilasi hanya ada di dalam kamar2..

    Lebih baik kipas angin yang menempel di plafond atau exhaust? kalau exhaust ukuran berapa?

  18. Saya mau tanya kalau cari barang Explotion proof fit wall mount shutter fan , type exhaust dan blower 24″ inchi, 220 v, di mana ya?
    ini dgunakan u/silent pr0of bl0wer diruangan +/- 4x4m.

    Saya lagi butuh banget barang ini.

    Thanks.

  19. mas mw minta saran kalkulasi perhitungan sprti ini :
    1. smoking room ukuran ruang 3x3x3
    2. smoking room ukuran ruang 3x2x3
    3. non smoking room with ac ukuran ruang 6×3.6×3

    mohon dibantu mas.. owgh ia ada gak yah celling exhaust dengan harga 100ribuan.. klo tau merknya apa yah mas.. terimakasih

  20. Saya tinggal di apart. dgn kapasitas listrik terbatas alias hanya cukup utk 1 ac saja. Yg ingin sy tanyakan utk 2 kmr yg berdampingan apa bisa jika ac nya sy psg di kmr utama kemudian dinding antara kamar utama dan kamar anak saya pasangin exhouse fan.lalu bgmn cara pemsangannya cara kerja exhouse tsb jika ke2 kamar tsb?apa bisa 2 kmr itu tetap dingin meskipun ke2nya tertutup saat exhouse dan ac menyala?tks

  21. hallo saya mau tanya apa ada standarisasi untuk volume uadara setiap ruang…?

  22. saya mempunyai problem nih, untuk mencari air change bagaimana ya?
    saya mempunyai luas dinding 0.016m3

  23. itu untuk pembuatan hood pada meja las

  24. bagus2222 keren ….nice info

  25. mas,

    tali exhaust fan saya putus, bagaimana solusinya ya?
    saya coba buka cover nya, tapi keras sekali (sepertinya sudah lama tidak pernah dibuka)

    mohon cc ke email saya.

    terima kasih

  26. halo, saya mau tanya… apakah Ceiiling Exhaust Fan dapat digunakan untuk di ruang keluarga ? Ceiling Exhaust Fan yg mau saya beli “KDK 25TGQ1″ :)
    tolong banget dijawab ya, thx :)

  27. Apa bedanya Exhaust Fan dan Ventilating Fan ?

  28. assalamualaikum,, saya mau tanya,, hari ini saya masang EF untuk flapon ukuran 10” luas ruangan sekitar 6*10 m3, tetapi di atas ruangn flapon nya gak ada lubang anginnya kira2 b’masalah gak ya? Thank’s

  29. Saya mau tanya apakah exhaust ini bisa dibuat putar bali (2 arah) serti motor dc pada umumnya??jika bisa itu menggunakan kontrol seperti apa?

  30. Saya mau tanya tentang spesifikasi dan harga dari DC exhaust fan untuk ruangan 8m2…? dan dimana tempat yang menjual DC exhaust fan….?
    mohon bantuannya….
    terima kasih…

  31. salam kenal: aku mau pasang fan di kamar mandi jenis fan dan pipa apa yang di pakai? mohon saran ke email sudirno_aziz@yahoo.com terima kasih atas manfaat ilmunya

  32. ini mau beli exhaust fan :D
    thx infonya :)

  33. makasih infonya mas dino, mudah-mudahan mas selalu succes, amiinnn

  34. Tulisan yang bagus dan sangat bermanfaat

  35. sangat setuju dengan artikel yang ditulis dan bagus

  36. siang pak dino,,mau nanya pak,saya punya ruangan ukuran lebar 5m,panjang 7m,tinggi 3,5m.terdapat 1 kamar tidur di dalam,memang pada siang hari sirkulasi udara lancar,tp pd mlm hari ruangan itu tertutup rapat.apakah baik kalau saya pakai EF di dalam ruangan tsb 2 buah..mohon masukannya pak…thank’s

  37. cara untuk mengubah arah putaran Exhaust fan gimana?

  38. Assalamu alaikum
    Mau minta tolong dihitungkan kebutuhannya
    Ruang dengan dimensi
    1. (PxLxT) (7 x 3 x 2,5) meter tipe/ukuran exhaust dan berapa buah.
    2. (PxLxT) (12 x 7 x 4) meter tipe/ukuran exhaust dan berapa buah.
    trima kasih
    Wassalau alaikum

  39. Salam kenal Mas Dino, saya dengan Irwan mau tanya :
    ruang tamu dan ruang keluarga saya berukuran 4 x 7 meter, disebelah ruang tersebut adalah dapur, saya terasa tidak nyaman pada saat istri sedang masak. saya akan pasang exhoust fan di dapur tersebut, mhn pendapat Mas Dino, apakah di dapur harus saya pakai exoust fan type FV 40AFU (Panasonik)/model Flat, atau cukup yang plastik.
    mohon pencerahan, terima kasih

  40. pak, saya mau tny bisa ga exhaust fan yg biasa di pasang di dapur atau toilet buat dikamar? soalnya saya ga mau bobok dinding. jd bisa di pasang di loteng. yg pentingkan bisa buat udara dikamar berganti jd sejuk?

  41. maf mas,mau tanya,kalo udara di luar rumah sy justru jelek bgt,krn sebelahan dgn bengkel yg penuh dgn asap.nah dari mana mencari udara segarnya ya mas? tks atas jawabannya yaa

  42. apakah kipas angin bisa dipakai menggantikan exhaust fan, karena ada kipas angin fan yang nganggur nih,trims.

  43. Mantap nih infonya

  44. info dari blog anda sangat bermanfaat salam kenal dafi kami

  45. assalamualaikum… pak dino, saya ila mau tanya dan cari solusi mudahan bapak bisa membantu saya punya kamar ukuran ukuran 6×8,kamar mandi didalam, pake ac,tapi sama sekali tidak ada sirkulasi udara/tertutup, dan suami selalu merokok didalam dan terkadang mengganggu karna saya punya anak,apa yang perlu pakai ef, kalau ia ukuran,type dan merek apa yang bisa, dan letaknya ef nya di bagian mana cocok… makasi banyak sebelumnya.

  46. ass.. pak mau nanya solusi dapur yang ukuran 4×6 dan sama sekali tidak ada sirkulasi udara dan kalau memasak saya sangat terganggu karna asap tidak keluar, apa yg perlu saya pasang didapur agar merasa agak nyaman, mksi atas infonya

  47. Hallo!! Boleh minta sarannya..? Kamar mandi saya berukuran 2m x 1,5m tidak ada ventilasi sama sekali. Bagian atas sudah didak beton. Dinding kamar mandi bersebelahan dengan ruang keluarga, kamar tidur, dan dapur. Dinding luar berhimpitan dgn tetangga. Kalau mau dipasang exhaust, lbh baik pada dinding yg mana ya? Mohon bgt sarannya, bener2 bingung niy. Thx ya..

  48. asslamu’alaikum wr.wb
    kang saya mau nanya’
    saya bekerja di pabrik fabrikasi
    dan saya diletakkan di tmpat pengelasan
    lha pada sa’at jam kerja udar disana itu cukup panas. dan juga asap yang seharusnya segera dikeluarkan itu masih berda di sekitar tempat pengelasan tersebut jadi proses pembuangan asap tersebut tidak merata. padahal di tempat itu sudah dipasang blower yang mana berfungsi untuk menyedot asap tersebut tapi kenyataannya masih sama. saya minta solusinya kang. terima ksaih.
    wassalamu’alaikum wr.wb

  49. pak mau tanya saya buat ruangan 3×5 pintu depan kaca jadi ruangan tertutup rapat solusinya klu pake exhaust fan apakah harus 2 karena ngak ada ventilasi

  50. karna sy ngk pake ac jenis exhaust fan yang bagaimana yg harus sy pake

  51. sy mau tanya,klo di prhatiin ef yg di rumah ko klihatan-y cma menghisap udara dr luar ke dalam saja,itu rusak atw knp…??

  52. berapa ka saiz kuasa kipas ekzos dengan besar 12 inci kuasa nya dalam walt.

  53. Assalamu’alaikum Kang diniyudha….. Kamar saya ukuran 3x3x2,5 meter di depan kamar cuma ada lorong/gang tertutup berukuran 1x8x2 meter. Cocoknya dipasang EF yang jenis & ukuran berapa ya Kang???
    Trimakasih jawabannya.
    Wassalamu’alakum…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s