Kuliah di STAN

Kuliah di STAN sangat menyenangkan. Sebuah anugerah dari Allah yang harus disyukuri. Kuliah di STAN bagi saya adalah sebuah keberuntungan, karena waktu itu saya dengar namanya saja tidak pernah, padahal Ayah saya adalah orang Depkeu. Di akhir semester II Teknik Industri UNDIP, Ayah saya menyarankan untuk coba ikut tes USM STAN. Dan mencobalah saya. Alhamdulillah lulus. Pilihan pun diambil, yaitu lepas UNDIP dan ambil STAN. Tiga tahun saya jalani di Diploma III Spesialisasi Kebendaharaan Negara. Apa yang saya rasakan sebagai mahasiswa STAN adalah berbeda dengan saat saya kuliah di UNDIP. Di STAN relatif lebih santai. Di Semester pertama di UNDIP, benar-benar sibuk, bahkan pernah suatu hari saya tidak tidur sama sekali karena harus menyelesaikan tugas praktikum menggambar mesin yang ternyata hanya 1 SKS. Sedangkan di STAN, subhaanallah, lebih ditempa dari sisi “otak”, artinya tugas-tugas kuliah itu tidak terkesan “mengerjai” mahasiswanya. Kerjakan tugas di rumah dengan manis, dan dikumpulkan, insya Allah dapat nilai bagus.

Berbagai organisasi kemahasiswaan juga sempat saya ikuti. Berbeda dengan di UNDIP yang penu dengan intrik politik yang kotor, bahkan pekelahian dan penculikan adalah hal biasa dalam politik mahasiswa. Namun di STAN, subhaanallah, sangat nyaman, jauh dari politik yang busuk. Semuanya adem ayem, berjalan dengan harmonis. Friksi-friksi kecil biasalah terjadi, hanya sebatas perang media saja. Tidak lebih dari itu.

Kini, saya Diploma IV, alhamdulillah mendapat kesempatan untuk melanjutkan D-IV langsung tanpa harus bekerja dulu 2 tahun di BPK. Kuliah di D-IV juga berbeda dengan kuliah di ekstensi UI atau Universitas lainnya (menurut cerita teman-teman). Kuliah di D-IV STAN, diakui memang, banyak ilmu yang diserap, banyak tugas yang diberikan yang memang menambah khasanah pengetahuan kami. Kuliah dari pagi sampai sore, tanpa harus memikirkan pekerjaan kantor, hanya fokus kuliah, dapat gaji dan tunjangan pulan. Berbeda dengan yang kuliah S1 ekstensi di univ-univ lain. Mereka tetap bekerja dari pagi sampai sore, kemudian malamnya kuliah, kuliahnya bayar, dan katanya sih kurang bersemangat belajarnya karena cenderung dalam kondisi lelah setelah seharian kerja di kantor. Apalagi jika ada tugas dinas ke luar kota dari kantor, jadilah membolos kuliah.

Sejauh ini, Diploma-IV masih lebih bagus daripada UI ataupun Universitas lainnya, bagi anak Diploma III STAN, paling tidak menurut saya. ^_^

53 thoughts on “Kuliah di STAN

  1. Masi pnasaran kul d undip.yg pasti,ekstensi sangat menguji mental. Hahaha..
    Kapan lulus,bro?

  2. Penasaran ya? kemarin ga lulus ya Bang? Yup menguji mental dan material…hehehe. Lulusnya tengah 2010, insya Allah… SEMANGKA bro!

  3. Hm……. bisa jadi tim pesarannya STAn nih… :p

  4. @kak Mule: tim Pesaran? maksudnya apa kak?

  5. Maz dino, salam kenal. kuliah stan emang enak kok,penuh jam kosong.
    Apalagi sekarang udah tingkat 3, kuliah cuma 3 mata kuliah.
    btw,Maz tukar link yuk.

  6. Lhah, kok enaknya dari segi itunya sih? Dinamika pembelajaran di kampus, terlebih di kampus STAN tidak akan kita temukan di lain tempat, apalgi jika sudah ngantor. Maka tugas-tugas yang menumpuk, proses belajar mengajar di kelas, organisasi di kampus, itu semua sudah sepatutnya kita nikmati dan syukuri, agar bermanfaat untuk kita dan kita tidak menyesal nantinya. (Sebuah autokritik untuk diri sendiri).

  7. yuk tukeran link.

  8. kul di STAN emang bagus… kalo tidak mengapa saya memilihnya… coz biasanya pilihan saya yg terbaik he he he he ^_^

  9. @mas Dani: hm…betul..betul..betul…(gayanya upin ipin)

  10. tetap semangat & muaju terus. pantang mundur.hehehe

  11. kakak yang di STAN mau nanya nih? ujian masuk ke STAN susah nggak ya??

    • ujian masuk stan, susah susah gampang. Sering berlatih aja dengan soal-soal kayak gitu, jadi sudah terbiasa dan ga kaget saat ujian…

  12. klo mw masuk STAN susah bgt ga sih?

  13. mas dino diSTAN jurusan apa ?
    q aji anak pajak 09 salam kenal

  14. mas sya anak anggaran 09…prospek na gimana ya mas//??

    • Selamat ya. Saya kebendaharaan negara masuk 2004. Prospek apa? disyukuri, sudah masuk STAN insya Allah sudah ada gambaran masa depan yang jauh lebih baik. Lulusan kebendaharaan negara sekarang masuk ke berbagai instansi: Depkeu, BPK, BPKP, Menko Ekuin.

  15. Assalamualaikum wr.wb.

    saya mau nanya usm stan yang 2010 kapan ya?

  16. wah..enaknya mas bisa masuk DIV….
    peraturan baru bai angkatan kami, minimal harus menjalankan tugas selama 2 tahun dulu…
    ckckckck..

    • iya, kami angkatan yang terakhir mendapatakan reward D-IV langsung..alhamdulillah. Tidak mengapa, jika mau bersabar, insya Allah D-IV lebih bagus dari S1 di luar.

  17. saya lulus D3 2008. pengen nerusin DIV juga, (bener2 karena kangen “iklim STAN”)..tapi mas, katanya potongan tunjangannya lebih besar jika dibanding kuliah eksten di luar.bener nggak sih..?
    (bukan apa2 mas. saya punya dua adik masih sekolah yang harus saya bantu biayanya.soalnya ibuku nggak ada penghasilan lagi mas…)

    • Instansinya apa?
      Sebenarnya bukan ptongan tunjangan, hanya saja (kalo di instansi pajak), tidak dapat TKT. Untuk TC tetep dapat. Jadi hanya berkurang sebesar TKT. Jika ingin D4 insya Allah lebih baik, karena D4 kualitasnya menurut saya, lebih bagus ketimbang S1 di univ lain (yang mungkin kebanyakan ecek2, ga niat kuliah, dll).

  18. I have a Kuliahku site/blog. It pretty much covers Mikrotik related stuff. Come and check it out if you get time :-)

  19. tahun ini ane mau masuk STAN, doain yah KAKAK2 yang sudah berhasil ^^

  20. aku ingin masuk stan tapi takut disana sama siapa

  21. siap banget melepas UI buat STAN.. doain ane gan.. jebol itu STAN.. :DDDDD

  22. kak mau nanya.. kalo mau lanjut D IV,, syarat2x apa? apakah d IV akuntansi juga ada ?

    • untuk melanjutkan ke Diploma IV, syaratnya lulus Diploma III STAN, mendaftar USM D-IV, ikut USM D-IV, kemudian tunggu hasilnya. Untuk syarat lebih lanjut bisa mengunjungi situs STAN.

      Untuk Diploma IV STAN hanya jurusan Akuntansi Pemerintah.

  23. assalamualaikum…
    subhanallah ams, alhamdulillah saya tahun ini masuk stan prodi kebendaharaan negara. minta doany biar bisa meneruskan jejak masnya. ^-^

  24. kakak..alhamdulillah tahun ini saya diterima di STAN jurusan DIII Kebendaharaan Negara
    saya boleh mintak tips2 dari kakak mengenai kuliah di STAN..terima kasih

  25. wah, kebetulan kak , saya baru di terima di program D III spesialisasi kebendaharaan negara tahun ini,
    tapi ,saya belum terlalu ngerti tentang jurusan ini, boleh minta masukan kak???

  26. assalamualaykum..
    mas, saya waris dari akuntansi 2010. Salam kenal!
    Mo nanya mas, kok bisa langsung D IV gtu gmn cranya?
    hrus pinter yaa :D.

    • D-IV langsung sekarang sudah tidak ada lagi, saya angkatan terakhir. D-IV langsung adalah reward bagi mereka yang masuk dalam 10% terbaik di spesialisasinya.

  27. siang,..
    mas,mau nanya nih.
    saya sekarang kelas 12 ipa di Medan.
    belakangan ini saya jadi tertarik masuk ke STAN.
    di STAN itu kan penuh akuntansi mas,sedangkan saya belum pernah sekalipun belajar akuntansi.
    kira2 kalau masuk STAN, saya bisa g ya?
    atau yang masuk STAN harus yang benar2 jago akuntansi?
    mohon balasannya y mas.(klu bsa ke Email aj y..)

  28. Bisa saja, ujian masuk stan tidak ada kaitannya dengan akuntansi. Skuntansi akan dipelajari saat kuliah. Kalau mau belajar, insyaAllah pasti bisa.

  29. wah, saya juga pengen lanjut D IV stan, hehe… amin :)

  30. mas, kalo dari SMK yg belum pernah belajar akuntansi gimana mas? susah gak kira-kira?
    di sana katanya ketat banget ya mas?

  31. mas sunset policy tu diterapin di negara lain g?
    pajak stan
    jazakalloh

  32. mas,aku mau masuk stan ,tp aku belum pernah belajar akutansi n aku juga otak nya pas-pasan,ga senang belajar gmn ya?

  33. saya minat sekali masuk STAN,,sekarang saya kelas XII mudah2an aja taun ini bisa masuk sana,,do’ain ya kak,,hehee**

  34. ass,
    mas, sy’kn smk jurusan multimedia. Kira” sy bza msuk d’stan nda ?
    Trus tesnya soal UN ga ?
    Tlong d’blz ya,,, pengen banget msuk stan

  35. kakak aku mau nanya ni,tes kshtan.a lari2 gt ya ka

  36. Penghasilan total fresh graduate kebendaharaan negara brpa?aq bru msuk tahun ini

  37. Assalam mualaikum wr wb, mas saya mau nany, di stan diterima gk dari smk jurusan adm.perkantoran ? kalo d terima ada beberapa persen pas angkatan mas?
    makasih sebelumnya

  38. Assalam mualaikum wr. wb. mas mau tanya, smk adm. perkantoran diterima gk di stan? kalo diterima, ada gk pas angkatan mas?

Leave a Reply

